Implementasi Prinsip Good Governance Terhadap Kepuasan Pelayan Publik Di Kecamatan Sambutan
Abstract
Good governance in a government is defined as management based on professional ethics in running a business or operation. The purpose of this study was to determine the implementation of the principles of Good Governance and quality in public services in Sambutan District. The type of research in this research is qualitative research. The informants of this research are employees in Sambutan District and the community. The results of the research on the principles of good governance, the indicators of the participation of the welcoming sub-district government, have sought to provide maximum service, the transparency indicator of the Sambutan District Government is considered very good, the use of the community service system, does not charge fees for services, does not extort money, and discloses information, indicators of effectiveness and efficiency The Sambutan District Government, namely the provision of facilities and services is considered good. They can provide convenience and speed of service, so that the completion of services can be completed more quickly and the accountability indicators include the principles of good governance and can be held accountable for their actions. The quality of public services in Sambutan District in applying the principles of good governance has been running very well, very professionally and prioritizing the interests of the community.
Good governance yang baik dalam suatu pemerintahan didefinisikan sebagai manajemen yang didasarkan pada etika profesional dalam menjalankan bisnis atau operasi. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui implementasi prinsip-prinsip Good Governance dan kualitas dalam pelayanan publik di Kecamatan Sambutan. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah pegawai di Kecamatan Sambutan dan masyarakat. Hasil penelitian prinsip good governance indikator partisipasi pemerintah kecamatan sambutan telah mengupayakan untuk melakukan pelayanan secara maksimal, indikator transparansi Pemerintah Kecamatan Sambutan dinilai sangat baik, penggunaan sistem layanan masyarakat, tidak memungut biaya untuk layanan, tidak memeras uang, dan mengungkapkan informasi, indikator efektifitas dan efisiensi Pemerintah Kecamatan Sambutan yaitu penyediaan fasilitas dan pelayanan dinilai baik. Mereka dapat memberikan kemudahan dan kecepatan layanan, sehingga penyelesaian layanan dapat diselesaikan lebih cepat dan pada indikator akuntabilitas memasukkan prinsip-prinsip good governance dan dapat dipertanggungjawabkan atas tindakannya. Kualitas pelayanan publik di Kecamatan Sambutan dalam menerapkan prinsip good governance sudah berjalan dengan sangat baik, sangat profesional dan mengutamakan kepentingan masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abd Halil Hi.Ibrahim, Dan Tjahja Supriatna, S. (2019). Epistemologi Pemerintahan Paradigma Manajemen, Birokrasi, Dan Kebijakan Publik Dr. In Gramasurya.
Azzahra, N. (N.D.). Sejarah Pemerintahan Daerah Di Indonesia.
Bawanda, W. C. (N.D.). Peran Kepala Distrik Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Distrik Makbon Kabupaten Sorong.
Cahyadi, Arif. 2016. Penerapan Good Governance Dalam Pelayanan Publik (Studi Tentang Kualitas Pelayanan Elektronik Kartu Tanda Penduduk Berbasis Good) Governance Di Kecamatan Sukolilo Surabaya). Jurnal Penelitian Administrasi Publik. Oktober 2016. Vol. 2 No. 2, Hal. 479 – 494
Deni, M. S. (1967). Korupsi Birokrasi Konsekuensi, Pencegahan Dan Tindakan Dalam Etika Administrasi Publik. Gastronomía Ecuatoriana Y Turismo Local., 1 (69), 5–24.
Pasolong, M. S. (2014). Teori Administrasi Publik. Su. In Paper Knowledge.
Toward A Media History of Documents
Hardiyansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik. Penerbit Gava Media. Ilhunna, Io, Igwilo, Nc, Madu Cj. Democracy And Good Governance In
Innovative Strategies in Transitional Economy. Mumbai, Pp 479-481. Ismayanti. 2021. Implementasi Prinsip - Prinsip Good Governance Dalam Jindal Neena Dan Sehrawat Anil. 2021. Good Governance and the Role Ict.
Kusriyah, S. (2019). Politik Hukum Desentralisasi & Otonomi Daerah Dalam Perspektif Negara Kesatuan Republik Indonesia. Https://Id1lib.Org/Book/11584736/Efe47f
Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. 2016. Modul Pelatihan Dasar Kader Pns Pelayanan Publik. Makassar.
Maryam, Sn. 2016. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik.
Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi. Volume VI No. 1
Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang. Skripsi. Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Muhammad, M. S. (N.D.). Pengantar Ilmu Administrasi Negara. Mulyawan, D. R. (N.D.). Sistem Pemerintahan Indonesia.
Nugroho, M. A. (2014). Kecamatan Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Penulis: In Paper Knowledge. Toward A Media History of Documents.
Nurjanah, A. H., Pertala, E. C., & Hestiana, S. (2018). Analisis Post-Modifiers Noun Phrase Pada Subjek Kalimat Dalam Abstrak Skripsi Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sukabumi Tahun 2015 Dan 2016. 2(1), 389–417.
Oruw, M. J., Dan Ruru, B. K. J. M. (2014). Peranan Kepala Distrik Dalam Perencanaan Pembangunan Kampung (Suatu Studi Di Distrik Buruway Kabupaten Kaimana Provinsi Papua Barat). Paper Knowledge. Toward A Media History of Documents.
Rahmadana, Mf, Mawati At, Siagian N, Et Al. 2020. Pelayanan Publik. Yayasan Kita Menulis. Medan
Rothstein, B. (2012). Good Governance. In The Oxford Handbook Of
Rufino De Barros, F., Virginia Rodrigues De Freitas, B., Barreto Nepomuceno Scarabelli, P., Batista Maciel Lopes, J., & Alex Castro Silva, W. (2021). Os Estudos Sobre Governança Na História Dos Eventos Da Anpad. Revista Estudos E Pesquisas Em Administracano, 5 (2). Https://Doi.Org/10.30781/Repad.V5i2.12185.
Samsu, (Rusmini. Ed). 2017. Metode Penelitian: (Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development). Pusat Studi Agama Dan Kemasyarakatan (Pusaka). Jambi
Silalahi, U., & Syafri, W. (2015). Desentralisasi Dan Demokrasi Pelayanan Publik Menuju Pelayanan Pemerintah Daerah Lebih Transparan, Partisipatif, Responsif Dan Akuntabel. In Ipdn Press (Vol. 53, Issue 9).
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta.
Bandung
Tachjan, H. (N.D.). Implementasi Kebijakan Publik. Thoha, M. (N.D.). Ilmu Administrasi Publik Kontemporer.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun. 2009. Pelayanan Publik. Wekke, Ismail Suardi Dkk. 2019. Metode Penelitian Sosial. Gawe Buku.
Yani, A. (2018). Sistem Pemerintahan Indonesia: Pendekatan Teori Dan Praktek Konstitusi Undang-Undang Dasar 1945 (Indonesian Government System: Theory And Practice Approachesof 1945’ Constitution). Jikh, 12(2), 119–135. Yogyakarta.
Yuniarti, R., Ari Wijaya, S., Yuniar Bahri, S., & Atha Iqbal, M. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Minat Dalam Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Stia Muhammadiyah Selong. Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 24–32. Https://Doi.Org/10.51771/Jukeshum.V2i1.179.
DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v21i2.6533
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan
Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id