Peran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Keraton Sambaliung Kabupaten Berau

Eka Purnama Annisa, Maskan Maskan, M. Ibnu Ashari. R

Abstract


This research describes how to increase tourist visits in Berau regency. It was conducted with a qualitative descriptive approach using structured interviews as a data collection technique for six key informants from the head of the department while the informants were the Camat, Keraton Management, Youth Leaders, and visitors. This research also focuses on the Berau Regency Regional Regulation No. 13 of 2008 concerning the main tasks and functions of Berau Regency Culture and Tourism Office in increasing the number of tourist visits to the Sambaliung Palace through programs and activities. The results showed that the role of the cultural and tourism department in increasing tourist visits to the Sambaliung Palace, Berau Regency was recovered. However, budget and the way government used to improved and stabilized the image of tourism are the problems in increasing visits to the Sambaliung Palace. In this case the cultural tourism of the Sambaliung Palace has apparently been carried out through social media, and suggestions for contributions. Hopefully, in building the image of tourism, the promotions will be carried out well so that the benefits will be more enjoyed by the community and local government.

enelitian ini dimaksudkan untuk mengambarkan bagaimana meningkatkan kunjugan wisatawan di Kabupaten Berau. Penelitian ini di lakukan dengan pendekatan deskriptip kualitatif dengan menggunakan wawancara terstruktur sebagai teknik pengumpulan data terhadap enam orang key informan Kepala Dinas sedangkan informan adalah Camat, Pengurus Keraton,Tokoh Pemuda,Pengunjung. Penelitian ini berfokus Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Berau Tahun 2008 Nomor 13 Tentang Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Berau maka dalam pencapaian Visi-Misi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Berau untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Keraton Sambaliung melalui program dan kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di keraton Sambaliung Kabupaten Berau sudah cukup baik. Permasalahan dalam Meningkatkan kunjungan di Keraton Sambaliung perlu di tingkatkan ialah anggaran dan Pemerintah. meningkatkan dan memantapkan citra wisata daerah dalam hal ini wisata budaya Keraton Sambaliung ternyata telah dijalankan melalui media sosial, saran sumbangsih dalam membangun citra wisata ini diharapkan dapat berjalan seiring dengan promosi yang dilakukan sehingga manfaatnya akan dapat lebih dirasakan oleh masyarakat dan pemerintah daerah.


Keywords


The Role of the Department of Culture and Tourism; Tourist Visits

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bambang Supriadi dan Nanny Roedjinandari, Perencanaan dan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Malang: Universitas Negeri Malang

Cozby. C, Paul. 2009. Methods in Behasvioral Research: Edisi ke-9. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, A. Oktami. 2013. “Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Objek Wisata Bahari di Pulau Kapoposang Kabupaten Pangkajenedan Kepulauan”. Makassar : FakultasI lmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.

Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Andi Offset, Yogyakarta.

Ferdinando. C. L. PAAT, Analisis Potensi dan Pengembangan Pariwisata di Kota Tomohon. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana

Gunawan, Adi. 2003. Kamus Praktis Bahasa Indonesia. Kashiko. Surabaya

I Gusti Bagus Arjana, Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Depok: PT Raja Grafindo

Kaelola, Akbar. 2009. Kamus Istilah Politik Kontemporer. Yagyakarta: Cakrawala

Milles, Matthew dan Huberman, A. Michael, 2014. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru, UI Press, Jakarta.

Muljadi, A. J. (2012). Kepariwisataan dan Perjalanan: Cetakan ketiga. Jakarta Rajagrafindo Persada.

Muslim, Aziz, Muh. dkk. 2012. Peran Kepemimpinan dalam Reformasi Birokrasi Daerah: Studi di Kota Yogyakarta. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press)

Muttalib, M.A dan Khan, Mohd. Ali. 2013. Theory Of Local Government (Teori Pemerintahan Daerah). MIPI. Jakarta.

Pitana, I G. dan Gayatri, P G. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Pradikta, A. (2013). Strategi Pengembangan Obyek Wisata Waduk Gunungrowo Indah dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pati. Universitas Negeri Semarang.

Ridwan. 2005. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rivai, Veithzal. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Teoridan Praktek. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sadjijono, 2008, MemahamiBeberapa Bab PokokHukumAdministrasi. Laksbang. Yogyakarta : Pressindo.

Sari, D. K., & Susilowati, I. (2011). Pengembangan pariwisata obyek wisata pantai sigandu kabupaten batang. UNIVERSITAS DIPONEGORO.

Sitorus, M. 2006. Sosiologi 2. Gelora Aksara, Jakarta.

Soekanto, Soerjono. (2009). ”Sosiologi Suatu Pengantar”. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitaitif. Bandung: Alpabeta.

Suwantoro, Gamal. 2004. Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Suwardjoko, Warpani dan P. Warpani, Indira. 2007 Pariwisata Dalam Tata Ruang Wilayah Bandung. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Widodo. 2001. Kamus Ilmiah Populer Absolut. Yogyakarta.

Yoeti, O. A. (2002). Perencanaan Strategis pemasaran daerah tujuan wisata. Jakarta: Pradnya Paramita.




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v22i1.6858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id