Inovasi Pelayanan Publik Melalui LayananDigital Sertifikasi Benih Tanaman Perkebunan (SIBENITAMBUN) Pada UPTD Pengawasan Benih Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur
Abstract
The results showed that with the innovation of “SIBENITAMBUN” (Planation Seed Certification) in seed certification application services at the Plantation Service (UPTD Supervision of Plantation Seeds) of East Kalimantan Province, it was considered optimal when viewed from the aspects of relative advantage, service needs, and perceived benefits. However, when viewed from the aspect of complexity, it can be said that it still requires large maintenance costs and appropriate budget allocations and requires a lot of time for maintenance involving external parties and inadequate network access problems in some areas. Based on the conclusions previously described, the researcher provide suggestions that may be useful for the development of innovation “SIBENITAMBUN” (Planation Seed Certification) at the Plantation Service (UPTD Supervision of Plantation Seeds) of East Kalimantan Province in the future, namely in order to reduce dependence on external parties in system maintenance, further analysis needs to be done regarding budget management, and it is advisable to conduct further surveys to identify technical obstacles faced by communities in remote areas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan inovasi “SIBENITAMBUN” (Sertifikasi Benih Perkebunan) dalam layanan aplikasi sertifikasi benih di Unit Pelaksana Teknis Pengawasan Benih Perkebunan (UPTD) Provinsi Kalimantan Timur, hal ini dianggap optimal jika dilihat dari aspek keunggulan relatif, kebutuhan layanan, dan manfaat yang dirasakan. Namun, dari aspek kompleksitas, dapat dikatakan bahwa inovasi ini masih memerlukan biaya pemeliharaan yang besar dan alokasi anggaran yang sesuai, serta memerlukan waktu yang cukup lama untuk pemeliharaan yang melibatkan pihak eksternal dan masalah akses jaringan yang tidak memadai di beberapa wilayah. Berdasarkan kesimpulan yang telah dijelaskan sebelumnya, peneliti memberikan saran yang mungkin berguna untuk pengembangan inovasi “SIBENITAMBUN” (Sertifikasi Benih Perkebunan) di Layanan Perkebunan (UPTD Pengawasan Benih Perkebunan) Provinsi Kalimantan Timur Di masa depan, khususnya untuk mengurangi ketergantungan pada pihak eksternal dalam pemeliharaan sistem, perlu dilakukan analisis lebih lanjut mengenai pengelolaan anggaran, dan disarankan untuk melakukan survei lebih lanjut guna mengidentifikasi hambatan teknis yang dihadapi oleh masyarakat di daerah terpencil
Keywords
Full Text:
PDFReferences
BUKU
Ancok, D., 2012. Psikologi Kepemimpinan Dan Inovasi. Jakarta: Erlangga.
Barata, A. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Gramedia.
Halvorsen, Thomas, et al. 2005. On the Differences between Public and Private Sector Innovations. Publin Report. Oslo.
Hutagalung, S., & Hermawan, D. 2018. Membangun inovasi pemerintah daerah.
Kasmir. 2006. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Miles dan Huberman. 2014. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).
Moenir, H. A. S. 2015. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong. L. J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RND. Bandung: Alfabeta.
. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RND. Bandung: Alfabeta.
. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RND. Bandung: Alfabeta.
. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RND. Bandung: Alfabeta.
. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RND. Bandung: Alfabeta.
Suwarno, Yogi. 2008. Inovasi di Sektor Publik. Jakarta. STIA LAN Press.
Usman, H., & Akbar, P. S. 2011. Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Aksara. Jakarta
Jurnal – jurnal
Audinalupita, A., & Oktariyanda, T. A. (2023). Inovasi Layanan Kepegawaian Terpadu Melalui Aplikasi Sedakep (Sistem Elektronik Data Dan Kebutuhan Kepegawaian) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman. Publika, 1927-1938.
Karimi, D. S. Al, & Meirinawati. (2022). Inovasi Program Desa SIAP DAN LANCIP (Layanan Cepat, Empatik, Dan Pro Aktif) Di Desa Lowayu Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. 10(4), 1101–1110.
Ramdani. (2018). Penerapan Inovasi Pelayanan Publik Samsat Keliling di Kota Tasikmalaya. SAWALA, 6(1), 23–30. https://doi.org/2302-2231
Sholicha, I. K., & Oktariyanda, T. A. (2023). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Pelayanan Via Online (Plavon Dukcapil) Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo. Publika, 2293-2302.
Undang – undang
Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan Sebagaimana Telah Diubah dengan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 30 Tahun 2014 tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan
Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 50 tahun 2015 tentang Produksi, Sertifikasi, Peredaran dan Pengawasan Benih Tanaman Perkebunan
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Peraturan Gubernur Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Unit Pelaksana Teknis Daerah Pada Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur.
Website
https://disbun.kaltimprov.go.id/halaman/uptd-pengawasan-benih-perkebunan (diakses tanggal 24 Desember 2024)
https://www.lkpp.go.id/read/bu/kepala-lkpp-hadiri-peluncuran-laporan-tahunan-ombudsman-republik-indonesia-tahun-2023 (diakses 22 Desember 2024)
https://sibenitambun.kaltimprov.go.id/ (diakses 24 Desember 2024)
https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-512332803 (diakses 10 April 2025)
DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v24i2.8877
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan
Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id