PENGARUH PEER ATTACHMENT TERHADAP KONTROL DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TENGGARONG TAHUN 2021/2022

Litaniar Afsana Irkhami, Rury Muslifar, Yasintha Sari Pratiwi

Abstract


Peer Attachmnet (kelekatan teman sebaya) yaitu hubungan antar remaja yang memiliki rentan usia yang sama baik perorangan maupun kelompok, hubungan tersebut dipengaruhi adanya komunikasi yang baik, terbentuknya rasa aman, nyaman dan saling ketergantungan. Hal ini dapat mempengaruhi masa perkembangan remaja termasuk dalam hal mengontrol diri. Pengumpulan data awal dalam penelitian ini menggunakan AUM dengan hasil 63% bidang HSO, 56% bidang DPI. AKPD (Angket Kebutuhan Peserta Didik dengan hasil 81% bidang Pribadi, 69% bidang Sosial, 56% bidang belajar, dan 52 bidang belajar serta dilakukannya wawancara terhadap guru bimbingan dan konseling dan ditemukannya beberapa permasalahan seperti berkata kasar, membolos dan tidak disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Peer Attachment Terhadap Kontrol Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tenggarong tahun 2021/2022. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian Ex Post Facto serta melibatkan 30 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert. Analisis data penelitian ini menggunakan Uji deskriptif dengan hasil 5 siswa dalam kategori rendah, 20 siswa dalam kategori sedang dan 5 siswa dalam kategori tinggi. Hasil analisis uji normalitas dengan nilai signifikansi 0.198 > 0.05 maka data berdistribusi normal, hasil analisis uji linieritas dengan nilai signifikansi 0.600 > 0.05 (data linier). Serta hasil analisis hipotesis regresi linier sederhana memiliki tingkat signifikansi 0.000 < 0.05 dengan pengaruh sebesar 38.8%, maka dapat disimpulkan bahwa peer attachment dapat mempengaruhi kontrol diri siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tenggarong. Sehingga siswa yang berada pada kategori rendah dapat diberikan layanan bimbingan dalam bidang sosial dan pribadi


Keywords


peer attachment, control diri

References


Anwar, M. B. (2017). Pengaruh Kelekatan Teman Sebaya terhadap Penyesuaian Diri

Pada Santri Baru Tingkat Smp Di Pondok Pesantren Annur 2 AlMurtadlo

Bululawang Malang.

Brauer, J. SR., & De Coster, S. (2015). Social Relationships and Delinquency: Revisiting

Parent and Peer Influence During Adolescence. Youth and Society, 47(3), 374–394.

https://doi.org/10.1177/0044118X12467655.

Dwi Marsela, R., & Supriatna, M. (2019). Kontrol Diri: Definisi dan Faktor. Journal of

Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 3(2), 65–69.

http://journal.umtas.ac.id/index.php/i nnovative_counseling dkk, S. (2019). DasarDasar Bimbingan Dan Konseling Konsep T, Dan Praktik

T.In Perdana Publishing.

Ghufron, dan Rini. (2012). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA Hafo,

E. (2020). Teori Attachment John Bowlby sebagai pendekatan efektif dalam belajar

du dunia modern. 1– 41.

Henarosa, S. (2020). Hubungan Kelekatan Teman Sebaya (Peer Attachment) Terhadap

Kompetensi Sosial Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Kencong.

http://repository.unmuhjember.ac.id/i d/eprint/5611

Hidayat, D. (2018). JANNAH, Mitha Rohmatul. Hubungan Peer Attachment dengan

Student Engagement pada siswa MA Pondok Pesantren. 2019. PhD

Thesis.Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

http://eprints.umm.ac.id/39053/

Lestari, W. (2020). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Pembelian Impulsif Produk Fashion

Pada Wanita. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/27017

Luthfi, I. M., & Husni, D. (2020). Peer Attachment dengan Regulasi Emosi Pada Santri.

Psikobuletin: Buletin Ilmiah, 1(2), 110–119.

http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/Psikobuletin/art icle/view/9374

Maradewa, Rega. (2020). Update Data Infografis KPAI. Diakses pada tanggal 20 februari

, dari KPAI: https://www.kpai.go.id/publikasi/infografis/update-datainfografiskpai-per-31-08-2020.

Mulyani. (2016). Rancangan Hipotetik Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Untuk

Meningkatkan Self Control. 4, 1(1), 26.

Muri’ah, Siti dan Khusnul Wardan. (2020). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.

Jakarta: Literasi Nusantara

Nathaline, G., & Silaen, S. M. J. (2020). Kontrol diri dan Tekanan Teman Sebaya (peer

pressure) dengan Kenakalan Remaja pada Kalangan Remaja Kelurahan Klender.

Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(3), 204–210. https://journals.upiyai.ac.id/index.php/ikraithhumaniora/article/view/831.

Nurhidayah, S. (2011). Kelekatan ( Attachment ) dan Pembentukan Karakter. Turats, 7(2),

–83.

Prasetyaningrum, S., & Rahma, F. O. (2016). Kepribadian Terhadap Gaya Kelekatan

Dalam Hubungan Persahabatan. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 153–

https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.456.

Putri Swasti Rasmita Rukmi, & Lisnawati, L. (2020). Perilaku Perundungan di Dunia

Maya Siswa Ditinjau dari Kualitas Kelekatan Teman Sebaya dan Kontrol Diri. JPPP

- Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 9(2), 68–76.

https://doi.org/10.21009/jppp.092.04.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif , Kualitatif, R&D. Bandung:

Alfabeta.

Tirtarahardja, Umar dan La Sulo. (2012). Pengantar Pendidikan Edisi Revisi.

Jakarta:Rineka Cipta.

Unger, A., Bi, C., Xiao, Y. Y., & Ybarra, O. (2016). The revising of the Tangney Self-

Control Scale for Chinese students. PsyCh Journal, 5(2), 101–116.

https://doi.org/10.1002/pchj.128

Wahyuningsih, D. (2016). Bullying Ditinjau Dari Secure Attachment Dengan Orang Tua

Dan Kontrol Diri Pada Siswa Sma Negeri 3 Surakarta. Applied Microbiology and

Biotechnology, 85(1), 2071–2079.

Wardhani, E. P. (2017). Hubungan Antara Attachment Dengan Penyesuaian Sosial Pada

Remaja Putri Di Sekolah Homogen Dan Tinggal Di Asrama. 111.

Winarsunu, Tulus. (2015). Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan.

Malang:UMMPRESS.

Wulandari, N. Gusti. (2019). Hubungan Antara Attachment Dengan Kontrol Diri Pada

Remaja: Studi Korelasi di SMA Pasundan Banjaran.

Yani, D. A. (2020). Pengaruh peer attachment terhadap regulasi emosi pada mahasiswa

yang mengikuti organisasi daerah. Skripsi, 201610230311022.

Zain, A. Q. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Konformitas Dengan Perilaku

Bullying Pada Siswa Sma “X” Di Sleman. 4(1), 49–62.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 PAIS UNDA : PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA

Indexing: