PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP KOMPETENSI SOSIAL PADA SISWA KELAS V DAN VI DI SD NEGERI 003 ANGGANA
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan
smartphone terhadap kompetensi sosial pada siswa kelas 5 dan 6 di SD Negeri 003
Anggana. Penelitian ini melibatkan 117 sampel siswa. Penetapan sampel penelitian ini
menggunakan tekhnik purposive sampling yaitu teknik penetapan sampel sesuai dengan
pengetahuan peneliti terhadap penelitian berdasarkan tujuan atau masalah dari penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala penggunaan smartphone dan skala kompetensi sosial. Hasil analisis diketahui bahwa hasil hitung dari penelitian bahwa F hitung sebesar 8,432 dengan nilai p = 0,004. Jika nilai p dibandingkan dengan α = 0,05 maka dapat disimpulkan p < α. Pada penelitian ini ditemukan bahwasanya penggunaan smartphone dapat mempengaruhi kompetensi sosial pada siswa sekolah dasar sebesar 6,8%
Keywords
References
Agusta, D. (2016). Fakto-faktor resiko kecanduan menggunakan smartphone pada siswa
di SMK Negeri 1 Kalasan Yogyakarta. E-Journal Bimbingan dan Konseling Edisi
Tahun ke-5, 86-96.
Amos, N. (2014). Metode Penelitian dan Statistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2012). Validitas dan Reliabilitaas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Choudery, A., & Kaur, G. (2018). Social Competence:Imperative for
Adolescents.IMPACT: International Journal of Research in Humanities, Arts, and
Literature, 6(10),25-40.
Clikeman, M. S. (2007). Social Competence In Children. Journal For Educational
research online, 158-160.
Demirci, K., Akgonul, M., & Akpinar, A. (2015). Relationship of smartphone use
severity with sleep quality, depression, and anxiety in university students. Journal
of behavioral Addictions 4(2), 85-92.
Dwi, A. (2015). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kompetensi sosial pada siswa
SMP N16 Surakarta. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hamrat, N., Hidayat, D, R., & Sumantri, M, S. (2019). Dampak stres akademik dan
cyberloafing terhadap kecanduan smartphone. Jurnal Pendidikan Indonesia.Vol.5
(1), 13-19.
Hardell, L.(2017). Effects of Mobile Phones on Children’s and Adolescents’ Health: A
Commentary. Child Development, 0(0), 14.
Harahap, R, S., Elly, R., & Safiah, I. (2018). Pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil
belajar siswa Kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru
Sekolah Dasar KIP Unsyiah. Vol 3 (1). 119-126.
Hosokawa, R., &Katsura, T. (2018). Association between mobile technology use and
child adjustment in early elementary school age. PLOS ONE, 13(7), 1-17.
Kibona, L. & Mgaya, G. 2015. Smartphones effect on academic performance of higher
learning students. Journal of Multidiciplinary Engineering Science and
Technology, 2, 4, 777-784.
Legkauskas, V., & MagelinskaiteLegkauskiene, S. (2019). Importance of social
competence at the start of elementary school for adjustment indivators a year later.
Issues in Educational Research, 29(4), 1262-1276.
Maulidar, S. (2017). Pengaruh penggunaan smartphone dalam gaya hidup modern
terhadap komunikasi interpersonal kalangan pemuda di kecamatan syiah kuala
Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah. Vol.2 No.2. Hal.31.
Nunez, A, I,. (2011). Development and validation of the children social competence.
electronic theses and dissertations. University of Denver. 895.
Orpinas, P., & Home, A. (2006). Creating a positive school climate and developing
social competence. Handbox of bullying in school: An a interpersonal perspective.
-59.
Putri, D, S., & Suwatno. (2017). Pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial
terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi
perkantoran kelas X administrasi perkantoran Di SMK Negeri 1 Subang. Jurnal
Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol.2 No.2. 113-123.
Ramdhani, N., Wimbarti, S., & Susetyo, Y. F. (2018). Psikologi untuk indonesia tangguh
dan bahagia. (N. Ramdhani, S. Wimbarti, & Y. F. Susetyo, Eds.). Yogyakarta:
Gajah Mada University Press.
Salehudin, M., Marniah, & Hariati. (2020). Siswa SD menggunakan smartphone dalam
pembelajaran online. IBTIDA: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 229-241.
Santrock, J, W. (2003). Adolesence (Perkembangan Remaja). Edisi 6. Jakarta: Erlangga.
Sauhenda, A, F., Kidahane, A, K., & Werang, B, R. (2019). Pengaruh penggunaan
handphone terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa. Jurnal Magistra.
Vol.6 (1), 34-44.
Selimovic, Z., Selimovic, H., & Opic, S. (2018). Development of social skills among
elementary school children. International Journal of Cognitive Research in
Schience, Engineering, and Education, 6(1), 17-30.
Sianturi, Y, R, U. (2021). Pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi
sosial siswa sekolah dasar. Jurnal Kewarganegaraan. Universitas Pendidikan
Indonesia. Vol.5 No.1, 276-284.
Skarupova, K., Olafsson, K. and Blinka, L. (2016) ‘The effect of smartphone use on
trends in european adolescents ’excessive Internet use’, Behaviour and
Information Technology, 35(1), pp. 68–74
Sobry, M. G. (2017). Peran smartphone terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.
Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(2), 24-29.
Suharni, Prastuti, E., Hitipeuw, I., & Bahrodin A. (2021). Children;s social competence
learning strategies for building mental health during covid-19. International
conference of psychology, 224-235.
Silvanasari, I. A. & Vitaliati, T. (2019). Faktor penguat yang berhubungan dengan
kecanduan penggunaan smartphone pada remaja dengan pendekatan precede
proceed model. Jurnal Kesehatan dr.Soebandi. Vol.7 (1), 30-35.
Silvanasari, Sustini, Has. (2018). Hubungan antara penggunaan smartphone dan peran
orang tua dengan perilaku pacaran remaja (Studi di SMA X Jember). Tesis.
Universitas Airlangga. Surabaya.
Sugiarti, R. (2019). Karakteristik Siswa Cerdas Istimewa. Puwokerto: Pena Persada.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif kualitataif dan R & D. Bandung;
Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Syaroh, A, U. (2019). Faktor kontrol diri dalam penggunaan gadget pada siswa. Jurnal.
Vol.6 (2).
Tarlemba, F,. Asrifuddin, A,. & Langi, F, L, G. (2018). Hubungan tingkat stress dan
kecanduan smartphone dengan gangguan kualitas tidur pada remaja Di SMA
Negeri 9 Binus Manado. Jurnal Kesmas. Vol.7 (5).
Tondok, M, S. (2013). Penggunaan smartphone pada anak: Be Smart Parent.
Dipublikasikan dalam Harian Surabaya Post pada tanggal 24 Maret 2013. Koran.
Hal.6
Walsh, S, P., White, K, M,. & Young, E, M. (2010). Needing to connect: The effect of self
and others on young people’s involvement with their mobile phones. Australian
Journal of psychology. Vol.62 (4). 194-203.
Welsh, Janet A. & Bierman, Karen, L. (2001). Social competence. Encyclopedia of
childhood adolescence. The Pennsylvania State University. Diunduh dari
http://articles.com/p/articles/mi_g2602/i s_0004/ai_2602000487/.
Wiguna, F. (2015). Kegunaan, fungsi, manfaat dan kerugian handphone. Diakses secara
online pada tanggal 25 Agustus 2016 dari:
http://fajarwiguna51.blogspot.co.id/2015/02/kegunaanfungsimanfaatdankerugian.ht
ml?m=1
Wijayarto, B., & Haryanto (2015). Perbandingan kompetensi sosial siswa komunitas
homeschooling dengan siswa reguler SD Muhammadiyah 1 Surakarta. Jurnal
Prima Edukasia. Vol.3 (1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 PAIS UNDA : PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA
Indexing: