PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP KOMPETENSI SOSIAL PADA SISWA KELAS V DAN VI DI SD NEGERI 003 ANGGANA

Prima Mahalia Novia, Evi Kurniasari Purwaningrum, Diana Imawati

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan
smartphone terhadap kompetensi sosial pada siswa kelas 5 dan 6 di SD Negeri 003
Anggana. Penelitian ini melibatkan 117 sampel siswa. Penetapan sampel penelitian ini
menggunakan tekhnik purposive sampling yaitu teknik penetapan sampel sesuai dengan
pengetahuan peneliti terhadap penelitian berdasarkan tujuan atau masalah dari penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala penggunaan smartphone dan skala kompetensi sosial. Hasil analisis diketahui bahwa hasil hitung dari penelitian bahwa F hitung sebesar 8,432 dengan nilai p = 0,004. Jika nilai p dibandingkan dengan α = 0,05 maka dapat disimpulkan p < α. Pada penelitian ini ditemukan bahwasanya penggunaan smartphone dapat mempengaruhi kompetensi sosial pada siswa sekolah dasar sebesar 6,8%


Keywords


Penggunaan Smartphone, Kompetensi Sosial, Siswa Sekolah Dasar

References


Agusta, D. (2016). Fakto-faktor resiko kecanduan menggunakan smartphone pada siswa

di SMK Negeri 1 Kalasan Yogyakarta. E-Journal Bimbingan dan Konseling Edisi

Tahun ke-5, 86-96.

Amos, N. (2014). Metode Penelitian dan Statistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2012). Validitas dan Reliabilitaas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Choudery, A., & Kaur, G. (2018). Social Competence:Imperative for

Adolescents.IMPACT: International Journal of Research in Humanities, Arts, and

Literature, 6(10),25-40.

Clikeman, M. S. (2007). Social Competence In Children. Journal For Educational

research online, 158-160.

Demirci, K., Akgonul, M., & Akpinar, A. (2015). Relationship of smartphone use

severity with sleep quality, depression, and anxiety in university students. Journal

of behavioral Addictions 4(2), 85-92.

Dwi, A. (2015). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kompetensi sosial pada siswa

SMP N16 Surakarta. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hamrat, N., Hidayat, D, R., & Sumantri, M, S. (2019). Dampak stres akademik dan

cyberloafing terhadap kecanduan smartphone. Jurnal Pendidikan Indonesia.Vol.5

(1), 13-19.

Hardell, L.(2017). Effects of Mobile Phones on Children’s and Adolescents’ Health: A

Commentary. Child Development, 0(0), 14.

Harahap, R, S., Elly, R., & Safiah, I. (2018). Pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil

belajar siswa Kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru

Sekolah Dasar KIP Unsyiah. Vol 3 (1). 119-126.

Hosokawa, R., &Katsura, T. (2018). Association between mobile technology use and

child adjustment in early elementary school age. PLOS ONE, 13(7), 1-17.

Kibona, L. & Mgaya, G. 2015. Smartphones effect on academic performance of higher

learning students. Journal of Multidiciplinary Engineering Science and

Technology, 2, 4, 777-784.

Legkauskas, V., & MagelinskaiteLegkauskiene, S. (2019). Importance of social

competence at the start of elementary school for adjustment indivators a year later.

Issues in Educational Research, 29(4), 1262-1276.

Maulidar, S. (2017). Pengaruh penggunaan smartphone dalam gaya hidup modern

terhadap komunikasi interpersonal kalangan pemuda di kecamatan syiah kuala

Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah. Vol.2 No.2. Hal.31.

Nunez, A, I,. (2011). Development and validation of the children social competence.

electronic theses and dissertations. University of Denver. 895.

Orpinas, P., & Home, A. (2006). Creating a positive school climate and developing

social competence. Handbox of bullying in school: An a interpersonal perspective.

-59.

Putri, D, S., & Suwatno. (2017). Pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial

terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi

perkantoran kelas X administrasi perkantoran Di SMK Negeri 1 Subang. Jurnal

Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol.2 No.2. 113-123.

Ramdhani, N., Wimbarti, S., & Susetyo, Y. F. (2018). Psikologi untuk indonesia tangguh

dan bahagia. (N. Ramdhani, S. Wimbarti, & Y. F. Susetyo, Eds.). Yogyakarta:

Gajah Mada University Press.

Salehudin, M., Marniah, & Hariati. (2020). Siswa SD menggunakan smartphone dalam

pembelajaran online. IBTIDA: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan

Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 229-241.

Santrock, J, W. (2003). Adolesence (Perkembangan Remaja). Edisi 6. Jakarta: Erlangga.

Sauhenda, A, F., Kidahane, A, K., & Werang, B, R. (2019). Pengaruh penggunaan

handphone terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa. Jurnal Magistra.

Vol.6 (1), 34-44.

Selimovic, Z., Selimovic, H., & Opic, S. (2018). Development of social skills among

elementary school children. International Journal of Cognitive Research in

Schience, Engineering, and Education, 6(1), 17-30.

Sianturi, Y, R, U. (2021). Pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi

sosial siswa sekolah dasar. Jurnal Kewarganegaraan. Universitas Pendidikan

Indonesia. Vol.5 No.1, 276-284.

Skarupova, K., Olafsson, K. and Blinka, L. (2016) ‘The effect of smartphone use on

trends in european adolescents ’excessive Internet use’, Behaviour and

Information Technology, 35(1), pp. 68–74

Sobry, M. G. (2017). Peran smartphone terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.

Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(2), 24-29.

Suharni, Prastuti, E., Hitipeuw, I., & Bahrodin A. (2021). Children;s social competence

learning strategies for building mental health during covid-19. International

conference of psychology, 224-235.

Silvanasari, I. A. & Vitaliati, T. (2019). Faktor penguat yang berhubungan dengan

kecanduan penggunaan smartphone pada remaja dengan pendekatan precede

proceed model. Jurnal Kesehatan dr.Soebandi. Vol.7 (1), 30-35.

Silvanasari, Sustini, Has. (2018). Hubungan antara penggunaan smartphone dan peran

orang tua dengan perilaku pacaran remaja (Studi di SMA X Jember). Tesis.

Universitas Airlangga. Surabaya.

Sugiarti, R. (2019). Karakteristik Siswa Cerdas Istimewa. Puwokerto: Pena Persada.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif kualitataif dan R & D. Bandung;

Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syaroh, A, U. (2019). Faktor kontrol diri dalam penggunaan gadget pada siswa. Jurnal.

Vol.6 (2).

Tarlemba, F,. Asrifuddin, A,. & Langi, F, L, G. (2018). Hubungan tingkat stress dan

kecanduan smartphone dengan gangguan kualitas tidur pada remaja Di SMA

Negeri 9 Binus Manado. Jurnal Kesmas. Vol.7 (5).

Tondok, M, S. (2013). Penggunaan smartphone pada anak: Be Smart Parent.

Dipublikasikan dalam Harian Surabaya Post pada tanggal 24 Maret 2013. Koran.

Hal.6

Walsh, S, P., White, K, M,. & Young, E, M. (2010). Needing to connect: The effect of self

and others on young people’s involvement with their mobile phones. Australian

Journal of psychology. Vol.62 (4). 194-203.

Welsh, Janet A. & Bierman, Karen, L. (2001). Social competence. Encyclopedia of

childhood adolescence. The Pennsylvania State University. Diunduh dari

http://articles.com/p/articles/mi_g2602/i s_0004/ai_2602000487/.

Wiguna, F. (2015). Kegunaan, fungsi, manfaat dan kerugian handphone. Diakses secara

online pada tanggal 25 Agustus 2016 dari:

http://fajarwiguna51.blogspot.co.id/2015/02/kegunaanfungsimanfaatdankerugian.ht

ml?m=1

Wijayarto, B., & Haryanto (2015). Perbandingan kompetensi sosial siswa komunitas

homeschooling dengan siswa reguler SD Muhammadiyah 1 Surakarta. Jurnal

Prima Edukasia. Vol.3 (1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 PAIS UNDA : PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA

Indexing: