PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS MEDIA ONLINE DI SMA NEGERI 1 MUARA BENGKAL TAHUN AJARAN 2021/2022
Abstract
Bimbingan klasikal merupakan strategi layanan yang diberikan oleh guru BK secara
terjadwal kepada seluruh peserta didik dalam rangka mencapai perkembangan yang
optimal. Dalam rangka mencapai hal tersebut, guru BK harus mengetahui persepsi peserta didik terhadap layanan yang diberikan. Hal ini dikarenakan persepsi peserta didik merupakan proses menanggapi atau menerima layanan yang diberikan oleh guru BK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Persepsi Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal berbasis Media Online di SMA Negeri 1 Muara Bengkal. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI dan XII di SMA Negeri 1 Muara Bengkal berjumlah 225 orang dansampel yang digunakan berjumlah 122 peserta didik yang dipilih dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) yang diukur dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian mengenai persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layanan bimbingan klasikal berbasis media online di SMA Negeri 1 Muara Bengkal berada pada kategori sedang atau dalam penafsiran bermanfaatdengan persentase 66% artinya stimulus yang diberikan oleh guru BK berupa layanan bimbingan klasikal berbasis media online bermanfaat untuk sebagian besar peserta didik, indikator dominan paling tinggi yaitu peserta didik mendapatkan informasi yang bermanfaat dari layanan bimbingan klasikal berbasis media online berada pada kategori tinggi atau dalam penafsiran sangat bermanfaat dengan persentase 40% dikarenakan guru BK selalu memberikan materi yang berbeda setiap pemberian layanan bimbingan klasikal, indikator paling rendah yaitu peserta didik mampu menumbuhkan sikap asertif melalui layanan bimbingan klasikal berbasis media online berada pada kategori rendah atau dalam penafsiran tidak bermanfaat dengan persentase 62% dikarenakan guru BK belum memberikan materi yang berkaitan dengan sikap asertif. Disimpulkan bahwa persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layanan bimbingan klasikal berbasis media online di SMA Negeri 1 Muara Bengkal berada pada kategori sedang atau ditafsirkan bermanfaat.
Keywords
References
Akbar, Ali. Menguasai Internet Plus Pembuatan Web. Bandung: Penerbit M2
Ansari, Arima. 2020. Persepsi dan Harapan Ssiwa Terhadap Layanan BK di SMA Negeri
Padang. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Padang
Budiwanto, Setyo. 2017. Metode Statistika Untuk Mengolah Data Keolahragaan.
Malang: Universitas Negeri Malang
Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Menyenangkan. Bandung: CV. Rasi
Terbit
Kurniawan, Asep. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya
Ngatini, dan Yeni Karneli. 2021. Tingkat Perilaku Asertif Siswa dan Implikasi dalam
Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of Guidance
and Counseling. Vol. 2. No.1
Pakpahan, dan Yuni Fitriyani. 2020. Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam
Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of
Information System, Applied, Management, Accounting and Research. Vol. 4.
No.2. Hal. 31
Rahmawati, Febby dkk. 2021. Bimbingan Kelompok berbasis Online Pada Siswa Ma Al-
Mukhtariyah Mande yang Memiliki Perilaku Asertif Rendah. FOKUS. Vol. 4. No.5
Rakhmat, Jalaluddin. 2013. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Sarwono, Sarlito Wirawan. 2018. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT. Raja rafindo
persada
Sobur, Alex. 2016. Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R & D). Bandung: Alfabeta
Supriyadi, Agus. 2021. Efektivitas Penggunaan Google Form Selama Belajar dari Rumah
dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal. Jurnal Ilmu Pengetahuan. Vol.
No.3
Syafriana, Henni dan Abdillah. 2019. Bimbingan Konseling “Konsep, Teori dan
Aplikasinya”. Medan: LPPPI
Wahid, Lalu Abdurrachman dkk. 2020. Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan
Bimbingan dan Konseling di Sekolah Oleh Guru BK di SMA Negeri 5 Mataram.
Vol.3. No.2
Wijayanti, Eka Yulia. 2022. Meningkatkan Perilaku Asertif Peserta Didik Melalui
Layanan Bimbingan Klasikal dengan Metode Psikodrama. Al-Tarbiyah Jurnal
Pendidikan. Vol. 32. No. 1
Winkel, dan Sri Hatuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta:
Media Abadi
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 PAIS UNDA : PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA
Indexing: