PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS MEDIA ONLINE DI SMA NEGERI 1 MUARA BENGKAL TAHUN AJARAN 2021/2022

Nining Fahilda, Yasinta Sari Pratiwi

Abstract


Bimbingan klasikal merupakan strategi layanan yang diberikan oleh guru BK secara
terjadwal kepada seluruh peserta didik dalam rangka mencapai perkembangan yang
optimal. Dalam rangka mencapai hal tersebut, guru BK harus mengetahui persepsi peserta didik terhadap layanan yang diberikan. Hal ini dikarenakan persepsi peserta didik merupakan proses menanggapi atau menerima layanan yang diberikan oleh guru BK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Persepsi Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal berbasis Media Online di SMA Negeri 1 Muara Bengkal. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI dan XII di SMA Negeri 1 Muara Bengkal berjumlah 225 orang dansampel yang digunakan berjumlah 122 peserta didik yang dipilih dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) yang diukur dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian mengenai persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layanan bimbingan klasikal berbasis media online di SMA Negeri 1 Muara Bengkal berada pada kategori sedang atau dalam penafsiran bermanfaatdengan persentase 66% artinya stimulus yang diberikan oleh guru BK berupa layanan bimbingan klasikal berbasis media online bermanfaat untuk sebagian besar peserta didik, indikator dominan paling tinggi yaitu peserta didik mendapatkan informasi yang bermanfaat dari layanan bimbingan klasikal berbasis media online berada pada kategori tinggi atau dalam penafsiran sangat bermanfaat dengan persentase 40% dikarenakan guru BK selalu memberikan materi yang berbeda setiap pemberian layanan bimbingan klasikal, indikator paling rendah yaitu peserta didik mampu menumbuhkan sikap asertif melalui layanan bimbingan klasikal berbasis media online berada pada kategori rendah atau dalam penafsiran tidak bermanfaat dengan persentase 62% dikarenakan guru BK belum memberikan materi yang berkaitan dengan sikap asertif. Disimpulkan bahwa persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layanan bimbingan klasikal berbasis media online di SMA Negeri 1 Muara Bengkal berada pada kategori sedang atau ditafsirkan bermanfaat.


Keywords


Bimbingan Klasikal, Media Online, Persepsi

References


Akbar, Ali. Menguasai Internet Plus Pembuatan Web. Bandung: Penerbit M2

Ansari, Arima. 2020. Persepsi dan Harapan Ssiwa Terhadap Layanan BK di SMA Negeri

Padang. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Padang

Budiwanto, Setyo. 2017. Metode Statistika Untuk Mengolah Data Keolahragaan.

Malang: Universitas Negeri Malang

Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Menyenangkan. Bandung: CV. Rasi

Terbit

Kurniawan, Asep. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya

Ngatini, dan Yeni Karneli. 2021. Tingkat Perilaku Asertif Siswa dan Implikasi dalam

Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of Guidance

and Counseling. Vol. 2. No.1

Pakpahan, dan Yuni Fitriyani. 2020. Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam

Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of

Information System, Applied, Management, Accounting and Research. Vol. 4.

No.2. Hal. 31

Rahmawati, Febby dkk. 2021. Bimbingan Kelompok berbasis Online Pada Siswa Ma Al-

Mukhtariyah Mande yang Memiliki Perilaku Asertif Rendah. FOKUS. Vol. 4. No.5

Rakhmat, Jalaluddin. 2013. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Sarwono, Sarlito Wirawan. 2018. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT. Raja rafindo

persada

Sobur, Alex. 2016. Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R & D). Bandung: Alfabeta

Supriyadi, Agus. 2021. Efektivitas Penggunaan Google Form Selama Belajar dari Rumah

dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal. Jurnal Ilmu Pengetahuan. Vol.

No.3

Syafriana, Henni dan Abdillah. 2019. Bimbingan Konseling “Konsep, Teori dan

Aplikasinya”. Medan: LPPPI

Wahid, Lalu Abdurrachman dkk. 2020. Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan

Bimbingan dan Konseling di Sekolah Oleh Guru BK di SMA Negeri 5 Mataram.

Vol.3. No.2

Wijayanti, Eka Yulia. 2022. Meningkatkan Perilaku Asertif Peserta Didik Melalui

Layanan Bimbingan Klasikal dengan Metode Psikodrama. Al-Tarbiyah Jurnal

Pendidikan. Vol. 32. No. 1

Winkel, dan Sri Hatuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta:

Media Abadi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 PAIS UNDA : PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA

Indexing: