PENGEMBANGAN KONSTRUKSI TES PRESTASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VIII SEMESTER GANJIL DI SMPN 34 SAMARINDA

Tjendra Melina, Dina Sahara, M. Rizky Arafi, Apriansyah Apriansyah, Situmorang Dhandy Hamonangan, Yoga Achmad Ramadhan

Abstract


Tes merupakan alat atau prosedur yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur
sesuatu dengan cara dan aturan-aturan yang sudah ditentukan. Sedangkan prestasi adalah hasil yang telah dicapai siswa dalam proses pembelajaran. Tes prestasi (achievement test) dimaksudkan untuk mengukur apa yang telah dipelajari oleh siswa atau keterampilan apa yang telah dikuasai oleh siswa. Tes prstasi adalah sebuah wilayah pengetahuan standar yang kebanyakan siswa menjadi targetnya, bukan hanya di satu atau dua peristiwa saja melainkan berkali-kali selama mereka menjalani program pendidikan. Tes prestasi ini merujuk pada taksonomi Anderson dan Krathwohl dalam pembuatan silabus, blue print dan aitem-item soal. Tes prestasi ini terlebih dahulu dirujuk kepada 20 SME (subject matter expert) untuk mendapatkan validitas-validitas aitem soal yang akan diujikan. Setelah valid maka aitem-aitem soal yang berisi soal mata pelajaran Bahasa Inggris diujikan pada 100 siswa kelas VIII SMPN 34 Samarinda.


Keywords


Tes Prestasi, Bahasa Inggris, Konstruksi Alat Ukur

References


Dr. Saifuddin Azwar, MA. 2016. Tes Prestasi Fungsi Pengembangan Pengukuran

Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Prof. Dr. Saifuddin Azwar, MA. 2019. Konstruksi Tes Kemampuan Kognitif. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 PAIS UNDA : PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA

Indexing: