PENGARUH KEBERSYUKURAN TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK AUTIS DI SLB X KOTA SAMARINDA
Abstract
Abstract. Often parents who have children with disabilities have negative emotions. Safaria
(2005) revealed several negative emotions that parents often feel when they find out that their
child has special needs, such as shock, denial, disbelief, sadness, excessive anxiety, feelings
of guilt and sin, shame and helplessness, and there are also those who feel that they need to
move on. step by step and assume the struggle is not over. effect of gratitude on psychological
well-being in parents of autistic children. The population in this study were parents who had
children with special needs at the Samarinda State SLB and the East Kalimantan Province
Pembina SLBN. The sampling technique used in this research uses nonprobability sampling,
namely a sampling technique that does not provide equal opportunities for each member
element (Sugiyono, 2019). One of the non-probability sampling techniques used in this
research is saturated sampling, namely a sampling technique that involves the entire
population. Therefore, the sample size for this study was 61 subjects. In this research, the
scale used forPsychological Well-being adapting the PWV scale from Ryff & Keyes (1995)
then the scale used for gratitude is adapted from Listiyandini (2015) which refers to the
theory and components based on Waktins (2003). This research uses a significance level of
5%, which means the sig value is <0.05. Based on these results, the gratitude variable has an
influence on psychological well-being of 38.1%.
Abstrak. Sering kali orang tua yang memiliki anak disabilitas mempunyai emosi yang
negatif. Safaria (2005) mengungkapkan beberapa emosi negatif yang umumnya dirasakan
orang tua mengetahui anaknya berkebutuhan khusus seperti shock, penyangkalan merasa
tidak percaya, sedih, cemas berlebih, perasaan bersalah serta berdosa, malu dan tidak
berdaya, dan adapula yang merasa perlu untuk tetap melangkah dan menganggap perjuangan
belum berakhir. Pengaruh kebersyukuran terhadap Psychological well-being pada orang tua
yang memiliki anak autis. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak
berkebutuhan khusus di SLB Negeri Samarinda dan SLBN Pembina Provinsi Kaltim. Teknik
sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling, yaitu
teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang/kesempatan sama bagi setiap unsur
anggota (Sugiyono, 2019). Salah satu teknik nonprobability sampling yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Sampel jenuh yaitu teknik pengambilan sampel yang melibatkan
keseluruhan dari populasi. Maka dari itu jumlah sampel penelitian ini sebesar 61 subjek. Pada
penelitian ini, Skala yang digunakan untuk Psychological Well-being mengadaptasi skala
PWV dari Ryff & Keyes (1995) lalu Skala yang digunakan untuk kebersyukuran
mengadaptasi dari Listiyandini (2015) yang mengacu pada teori dan kompenen yang didasar
oleh (Emmons, Robert A., Mccllough, 2003). Penelitian ini menggunakan taraf signifikansi
sebesar 5% yang artinya nilai sig < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, variabel kebersyukuran
memberikan pengaruh kepada psychological well-being sebesar 38,1%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aspinwall, L. G., & Staudinger, U. M. (2003b). A psychology of human strengths: Some central
issues of an emerging field. In L. G. Aspinwall & U. M. Staudinger (Eds.), A psychology of
human strengths: Fundamental questions and future directions for a positive psychology (pp. 922).
Washington,
DC:
American
Psychological
Association.
https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/10566-001
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas (edisi 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2014). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi (edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Davis, N. O., & Carter, A. S. (2008). Parenting stress in mothers and fathers of toddlers with autism
spectrum disorders: Associations with child characteristics. Journal of autism and
developmental disorders, 38, 1278-1291. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18240012/
Emmons, R. A., & McCullough, M. E. (Eds.). (2004). The psychology of gratitude. Oxford University
Press. https://psycnet.apa.org/doi/10.1093/acprof:oso/9780195150100.001.0001
Faradina, N. (2016). Penerimaan diri pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus.
Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1). http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i1.3925
Fitria, L. N. (2023). Identifikasi gangguan spektrum autisme pada anak usia dini terhadap
perkembangan dan pertumbuhan otak Gejala, penyebab, serta cara penanganannya. Maliki
Interdisciplinary Journal, 1(5), 95-104.
Hadis. (2006). Pendidikan Anak Berkebutuhaan Khusus Autistik. Bandung: Alfabeta
Harahap, R. C., Hasibuan, M. A., & Ramadhani, N. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa
Indonesia Bagi Anak Sekolah Luar Biasa (SLB) MI/SD. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial,
Bahasa dan Pendidikan, 3(3), 1-14.
Hidayati, N. (2011). Dukungan sosial bagi keluarga anak berkebutuhan khusus. Insan, 13(1), 12-20.
https://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-artikel%202-13-1.pdf
Hurlock, E. (2004). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Ilahi, M. T., & Rose, K. R. (2013). Pendidikan inklusif: konsep dan aplikasi.
Irawan, D., & Kamaratih, D. (2022). Pengaruh Kebersyukuran terhadap Kesejahteraan Psikologis
Orang Tua yang Memiliki Anak dengan Gangguan Autisme. Borneo Studies and Research,
(2), 2360-2365.
Kemis & Rosnawati, A. (2013). Pendidikan anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Bandung: PT.
Luxima Metro Media.
Laras Rahayu, A. (2014). Perancangan Media Informasi Upaya Ibu Hamil Dalam Pencegahan
Autisme Pada Anak Melalui Makanan (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
McCullough, M. E., Emmons, R. A., & Tsang, J. A. (2002). The grateful disposition: a conceptual
and empirical topography. Journal of personality and social psychology, 82(1), 112.
https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0022-3514.82.1.112
Muftia, D., Bahri, S., & Bustamam, N. (2020). Model pembelajaran anak autis di SMPLB-CD YPAC
Banda Aceh. Jurnal Suloh, 5(1), 10-19.
Muhammad, Jamila K.A. 2008. Special Education For Special Children Panduan Pendidikan Khusus
Anak-anak dengan Ketunaan dan Learning Disabilities. Terjemahan oleh Edy Sembodo.
Jakarta: Hikmah, Anggota IKAPI.
Mulawarman, W. G., & Rokhmansyah, A. (2016). Profil Anak Berkebutuhan Khusus di Provinsi
Kalimantan Timur Tahun 2016. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan
Anak Republik Indonesia.
Nainggolan, N. J., & Hidajat, L. L. (2013). Profil kepribadian dan psychological well-being caregiver
skizofrenia. SOUL: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 6(1), 21-42
https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/soul/article/view/632
Nurfadhillah, S., Wahyuni, A., Hartana, D. D., & Azhari, N. (2022). Kurikulum dan Evaluasi dalam
Pendidikan Inklusi (Manajemen Sekolah) di SDN Pondok Bahar 03. ALSYS, 2(6), 702-711.
https://ejournal.yasin-alsys.org/alsys/article/view/638
Peterson,C & Seligman,M.E.P.(2004).Character strength sand virtues:A hand book and classification.
New York:Oxford University Press.
Pratiwi, R. P., & Afin, M. (2013). Kiat Sukses Mengasuh Anak. Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta:
AR-Ruzz Media
Ramadhan, M. (2013). Ayo belajar mandiri pendidikan keterampilan dan kecakapan hidup untuk anak
berkebutuhan khusus. Jogjakarta: Javalitera.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2001). On happiness and human potentials: A review of research on
hedonic and eudaimonic well-being. Annual review of psychology, 52(1), 141-166.
https://doi.org/10.1146/annurev.psych.52.1.141
Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological
well-being. Journal of personality and social psychology, 57(6), 1069.
https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0022-3514.57.6.1069
Ryff, C. D., & Singer, B. H. (2008). Know thyself and become what you are: A eudaimonic approach
to psychological well-being. Journal of happiness studies, 9, 13-39.
https://psycnet.apa.org/doi/10.1007/s10902-006-9019-0
Sa’diyah, S. (2016). Gambaran psychological well-being dan stres pengasuhan ibu dengan anak autis.
Malang: Universitas Muhammadiyah, diakses tanggal, 11, 394-399.
https://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/PSIKOLOGI/article/view/7-13
Safaria, T. 2005. Autisme: Pemahaman baru untuk hidup bermakna.bagi orang tua. Yogyakarta:
Penerbit Graha llmu.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian, cetakan ke-30, Alfabeta, Bandung.
Suparno (2001) Pendidikan Anak Tunarungu. Yogyakarta:PLBFIPUNY.
Simorangkir, F., Ziliwu, E. K., Theresia, N. A., & Marpaung, W. (2023). Adversity Quotient Ditinjau
Dari Psychological Well Being Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Autistic Spectrum
Disorder (ASD) Di Kota Medan. Hospital Majapahit (Jurnal Ilmiah Kesehatan Politeknik
Kesehatan Majapahit Mojokerto), 15(1), 52-60. https://doi.org/10.55316/hm.v15i1.857
Schmutte, P.S., & Ryff, Carol D. (1997). Personality & well-being: reexamining methods and
meanings. Journal of Personality & Sosial Psychology. March 3, 2010.
http://psycnet.apa.org/journals/ psp/73/3/549.
Tandoek, E. J. (2020). Permainan Mozaik Bahan Alam Terhadap Peningkatan Keterampilan
Menggambar Binatang Bagi Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 15(1).
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/33821
Tialani, K. T., Solikhin, N. H., & Susilo, S. (2023). PENGARUH TERAPI ABA PADA ANAK
TERDIAGNOSA AUTISM SPECTRUM DISORDER. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(6), 23252334.
https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i6.4900
Vania, D. (2023). Hubungan Antara Kesabaran Dengan Psychological Well Being Pada Orang Tua
Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
http://repository.uir.ac.id/id/eprint/23362
Veskarisyanti, G. A. (2008). 12 terapi autis paling efektif & hemat: untuk autisme, hiperaktif, dan
retardasi mental. Pustaka Anggrek.
Weitlauf, A. S., Vehorn, A. C., Taylor, J. L., & Warren, Z. E. (2014). Relationship satisfaction,
parenting stress, and depression in mothers of children with autism. Autism, 18(2), 194-198.
https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22987895/
Wood, A. M., Joseph, S., & Maltby, J. (2009). Gratitude predicts psychological well-being above the
Big Five facets. Personality and Individual differences, 46(4), 443-447.
https://psycnet.apa.org/doi/10.1016/j.paid.2008.11.012.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA (PAIS UNDA)
Indexing:
Fakultas Psikologi
Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
Jurnal PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA of University 17 August 1945 Samarinda, East Kalimantan.
Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda, East Kalimantan.