PENGARUH KEBERSYUKURAN TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK AUTIS DI SLB X KOTA SAMARINDA

Abdha Purbasetya, Siti Khumaidatul Umaroh, Silvia Eka Mariska

Abstract


Abstract. Often parents who have children with disabilities have negative emotions. Safaria
(2005) revealed several negative emotions that parents often feel when they find out that their
child has special needs, such as shock, denial, disbelief, sadness, excessive anxiety, feelings
of guilt and sin, shame and helplessness, and there are also those who feel that they need to
move on. step by step and assume the struggle is not over. effect of gratitude on psychological
well-being in parents of autistic children. The population in this study were parents who had
children with special needs at the Samarinda State SLB and the East Kalimantan Province
Pembina SLBN. The sampling technique used in this research uses nonprobability sampling,
namely a sampling technique that does not provide equal opportunities for each member
element (Sugiyono, 2019). One of the non-probability sampling techniques used in this
research is saturated sampling, namely a sampling technique that involves the entire
population. Therefore, the sample size for this study was 61 subjects. In this research, the
scale used forPsychological Well-being adapting the PWV scale from Ryff & Keyes (1995)
then the scale used for gratitude is adapted from Listiyandini (2015) which refers to the
theory and components based on Waktins (2003). This research uses a significance level of
5%, which means the sig value is <0.05. Based on these results, the gratitude variable has an
influence on psychological well-being of 38.1%.

Abstrak. Sering kali orang tua yang memiliki anak disabilitas mempunyai emosi yang
negatif. Safaria (2005) mengungkapkan beberapa emosi negatif yang umumnya dirasakan
orang tua mengetahui anaknya berkebutuhan khusus seperti shock, penyangkalan merasa
tidak percaya, sedih, cemas berlebih, perasaan bersalah serta berdosa, malu dan tidak
berdaya, dan adapula yang merasa perlu untuk tetap melangkah dan menganggap perjuangan
belum berakhir. Pengaruh kebersyukuran terhadap Psychological well-being pada orang tua
yang memiliki anak autis. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak
berkebutuhan khusus di SLB Negeri Samarinda dan SLBN Pembina Provinsi Kaltim. Teknik
sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling, yaitu
teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang/kesempatan sama bagi setiap unsur
anggota (Sugiyono, 2019). Salah satu teknik nonprobability sampling yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Sampel jenuh yaitu teknik pengambilan sampel yang melibatkan
keseluruhan dari populasi. Maka dari itu jumlah sampel penelitian ini sebesar 61 subjek. Pada
penelitian ini, Skala yang digunakan untuk Psychological Well-being mengadaptasi skala
PWV dari Ryff & Keyes (1995) lalu Skala yang digunakan untuk kebersyukuran
mengadaptasi dari Listiyandini (2015) yang mengacu pada teori dan kompenen yang didasar
oleh (Emmons, Robert A., Mccllough, 2003). Penelitian ini menggunakan taraf signifikansi
sebesar 5% yang artinya nilai sig < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, variabel kebersyukuran
memberikan pengaruh kepada psychological well-being sebesar 38,1%.


Keywords


gratitude, psychological well-being. kebersyukuran, psychological well-being

Full Text:

PDF

References


Aspinwall, L. G., & Staudinger, U. M. (2003b). A psychology of human strengths: Some central

issues of an emerging field. In L. G. Aspinwall & U. M. Staudinger (Eds.), A psychology of

human strengths: Fundamental questions and future directions for a positive psychology (pp. 922).

Washington,

DC:

American

Psychological

Association.

https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/10566-001

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas (edisi 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2014). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi (edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Davis, N. O., & Carter, A. S. (2008). Parenting stress in mothers and fathers of toddlers with autism

spectrum disorders: Associations with child characteristics. Journal of autism and

developmental disorders, 38, 1278-1291. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18240012/

Emmons, R. A., & McCullough, M. E. (Eds.). (2004). The psychology of gratitude. Oxford University

Press. https://psycnet.apa.org/doi/10.1093/acprof:oso/9780195150100.001.0001

Faradina, N. (2016). Penerimaan diri pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus.

Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1). http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i1.3925

Fitria, L. N. (2023). Identifikasi gangguan spektrum autisme pada anak usia dini terhadap

perkembangan dan pertumbuhan otak Gejala, penyebab, serta cara penanganannya. Maliki

Interdisciplinary Journal, 1(5), 95-104.

Hadis. (2006). Pendidikan Anak Berkebutuhaan Khusus Autistik. Bandung: Alfabeta

Harahap, R. C., Hasibuan, M. A., & Ramadhani, N. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa

Indonesia Bagi Anak Sekolah Luar Biasa (SLB) MI/SD. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial,

Bahasa dan Pendidikan, 3(3), 1-14.

Hidayati, N. (2011). Dukungan sosial bagi keluarga anak berkebutuhan khusus. Insan, 13(1), 12-20.

https://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-artikel%202-13-1.pdf

Hurlock, E. (2004). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Ilahi, M. T., & Rose, K. R. (2013). Pendidikan inklusif: konsep dan aplikasi.

Irawan, D., & Kamaratih, D. (2022). Pengaruh Kebersyukuran terhadap Kesejahteraan Psikologis

Orang Tua yang Memiliki Anak dengan Gangguan Autisme. Borneo Studies and Research,

(2), 2360-2365.

Kemis & Rosnawati, A. (2013). Pendidikan anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Bandung: PT.

Luxima Metro Media.

Laras Rahayu, A. (2014). Perancangan Media Informasi Upaya Ibu Hamil Dalam Pencegahan

Autisme Pada Anak Melalui Makanan (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

McCullough, M. E., Emmons, R. A., & Tsang, J. A. (2002). The grateful disposition: a conceptual

and empirical topography. Journal of personality and social psychology, 82(1), 112.

https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0022-3514.82.1.112

Muftia, D., Bahri, S., & Bustamam, N. (2020). Model pembelajaran anak autis di SMPLB-CD YPAC

Banda Aceh. Jurnal Suloh, 5(1), 10-19.

Muhammad, Jamila K.A. 2008. Special Education For Special Children Panduan Pendidikan Khusus

Anak-anak dengan Ketunaan dan Learning Disabilities. Terjemahan oleh Edy Sembodo.

Jakarta: Hikmah, Anggota IKAPI.

Mulawarman, W. G., & Rokhmansyah, A. (2016). Profil Anak Berkebutuhan Khusus di Provinsi

Kalimantan Timur Tahun 2016. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan

Anak Republik Indonesia.

Nainggolan, N. J., & Hidajat, L. L. (2013). Profil kepribadian dan psychological well-being caregiver

skizofrenia. SOUL: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 6(1), 21-42

https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/soul/article/view/632

Nurfadhillah, S., Wahyuni, A., Hartana, D. D., & Azhari, N. (2022). Kurikulum dan Evaluasi dalam

Pendidikan Inklusi (Manajemen Sekolah) di SDN Pondok Bahar 03. ALSYS, 2(6), 702-711.

https://ejournal.yasin-alsys.org/alsys/article/view/638

Peterson,C & Seligman,M.E.P.(2004).Character strength sand virtues:A hand book and classification.

New York:Oxford University Press.

Pratiwi, R. P., & Afin, M. (2013). Kiat Sukses Mengasuh Anak. Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta:

AR-Ruzz Media

Ramadhan, M. (2013). Ayo belajar mandiri pendidikan keterampilan dan kecakapan hidup untuk anak

berkebutuhan khusus. Jogjakarta: Javalitera.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2001). On happiness and human potentials: A review of research on

hedonic and eudaimonic well-being. Annual review of psychology, 52(1), 141-166.

https://doi.org/10.1146/annurev.psych.52.1.141

Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological

well-being. Journal of personality and social psychology, 57(6), 1069.

https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0022-3514.57.6.1069

Ryff, C. D., & Singer, B. H. (2008). Know thyself and become what you are: A eudaimonic approach

to psychological well-being. Journal of happiness studies, 9, 13-39.

https://psycnet.apa.org/doi/10.1007/s10902-006-9019-0

Sa’diyah, S. (2016). Gambaran psychological well-being dan stres pengasuhan ibu dengan anak autis.

Malang: Universitas Muhammadiyah, diakses tanggal, 11, 394-399.

https://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/PSIKOLOGI/article/view/7-13

Safaria, T. 2005. Autisme: Pemahaman baru untuk hidup bermakna.bagi orang tua. Yogyakarta:

Penerbit Graha llmu.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian, cetakan ke-30, Alfabeta, Bandung.

Suparno (2001) Pendidikan Anak Tunarungu. Yogyakarta:PLBFIPUNY.

Simorangkir, F., Ziliwu, E. K., Theresia, N. A., & Marpaung, W. (2023). Adversity Quotient Ditinjau

Dari Psychological Well Being Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Autistic Spectrum

Disorder (ASD) Di Kota Medan. Hospital Majapahit (Jurnal Ilmiah Kesehatan Politeknik

Kesehatan Majapahit Mojokerto), 15(1), 52-60. https://doi.org/10.55316/hm.v15i1.857

Schmutte, P.S., & Ryff, Carol D. (1997). Personality & well-being: reexamining methods and

meanings. Journal of Personality & Sosial Psychology. March 3, 2010.

http://psycnet.apa.org/journals/ psp/73/3/549.

Tandoek, E. J. (2020). Permainan Mozaik Bahan Alam Terhadap Peningkatan Keterampilan

Menggambar Binatang Bagi Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 15(1).

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/33821

Tialani, K. T., Solikhin, N. H., & Susilo, S. (2023). PENGARUH TERAPI ABA PADA ANAK

TERDIAGNOSA AUTISM SPECTRUM DISORDER. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(6), 23252334.

https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i6.4900

Vania, D. (2023). Hubungan Antara Kesabaran Dengan Psychological Well Being Pada Orang Tua

Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

http://repository.uir.ac.id/id/eprint/23362

Veskarisyanti, G. A. (2008). 12 terapi autis paling efektif & hemat: untuk autisme, hiperaktif, dan

retardasi mental. Pustaka Anggrek.

Weitlauf, A. S., Vehorn, A. C., Taylor, J. L., & Warren, Z. E. (2014). Relationship satisfaction,

parenting stress, and depression in mothers of children with autism. Autism, 18(2), 194-198.

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22987895/

Wood, A. M., Joseph, S., & Maltby, J. (2009). Gratitude predicts psychological well-being above the

Big Five facets. Personality and Individual differences, 46(4), 443-447.

https://psycnet.apa.org/doi/10.1016/j.paid.2008.11.012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA (PAIS UNDA)

Indexing:

 

Fakultas Psikologi

Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Jurnal PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA of University 17 August 1945 Samarinda, East Kalimantan.

Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda, East Kalimantan.