RESILIENSI DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA GURU SMK

Shofura Alya Auranita, Alfiana Indah Muslimah

Abstract


Abstract. The low quality of teacher is due to the lack of interest in qualifed young people
becoming teachers, one of which is caused by the lack of guarantees for teacher walfare in
line with the material revolution in the era globalization. This research aim to determine the
relationship and influence of resilience and religiousity on psychological well-being with the
subject of vocational school teacherr. This research uses an quantitative correlatinal desain
approach, the subjects of this research are 112 XYZ Vocational School teacher. The data
collection methods used were interviews and a psychological scale consisting of 3 scale,
namely the resilience scale, the religiousity scale, And the psychological well-being scale.
Resiliensce has a reliability level of 0,913, religiousity of 0,916, and well being of 0,852. The
results of the study using the Spearman rank correlation test on variables X₃ and Y obtained
a Sig value of <0.001. On variables X₂ and Y, a Sig value of <0.001 was obtained. On
variables X₁ and X₂ against Y, a Sig value of <0.001 was obtained.

Abstrak. Rendahnya mutu guru karena kurangnya minat kau muda yang berkualitas menjadi
guru, salah satunya disebabkan oleh minimnya jaminan kesejahteraan guru seiring revolusi
material pada era globaliasasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan
pengaruh antara resiliensi dan religiusitas terhadap kesejahteraan psikologis pada guru SMK.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain korelasional, subjek penelitian ini
adalah 112 guru SMK XYZ. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara
dan skala psikologi yang terdiri dari skala resiliensi, skala religiusitas dan skala kesejahteraan
psikologis. Resiliensi memiliki taraf reliabel sebesar 0,913, religiusitas sebesar 0,916 dan
kesejahteraan psikologis sebesar 0,852. Hasil penelitian menggunakan uji korelasi rank
spearman pada variabel X₃ dengan Y didapatkan nilai Sig, < 0,001.. Pada variabel X₂ dengan
Y didapatkan nilai Sig.< 0,001. Pada variabel X₁ dan X₂ terhadap Y pada Guru SMK


Keywords


resilience, religiosity, teacher psychological well-being. resiliensi, religiusitas, kesejahteraan psikologis guru

Full Text:

PDF

References


Aisyah, A., & Chisol, R. (2020). Rasa Syukur Kaitannya Dengan Kesejahteraan Psikologi Pada Guru

Honorer Sekolah Dasar. Proyeksi, 13(2), 109. https://doi.org/10.30659/jp.13.2.109-122

Akbar, M. R. (2021). Hubungan Media Massa Online dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi

Mahasiswa. Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital, 1(1), 35–44.

https://doi.org/10.29313/jrjmd.v1i1.171

Akbar, Z., & Pratasiwi, R. (2017). Resiliensi Diri dan Stres Kerja Pada Guru Sekolah Dasar. JPPP -

Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 6(2), 106–112.

https://doi.org/10.21009/JPPP.062.08

Akbar, Z., & Tahoma, O. (2018). Dukungan Sosial dan Resiliensi Diri Pada Guru Sekolah Dasar.

JPPP - Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 7(1), 53–59.

https://doi.org/10.21009/JPPP.071.07

Ar Rahma, A. E. Z., & Nastiti, D. (2023). Hubungan Religiusitas Dengan Flow Akademik Pada Siswa

SMP YPM 4 Bohar. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 16(2), 1–12.

https://doi.org/10.24912/provitae.v16i2.26698

Atikasari. F. (2021). Religiusitas dan Kesejahteraan Psikologis Dimediasi Oleh Kebahagiaan Siswa.

Jurnal Ilmiah Psikomuda Connectedness, 1(https://unimuda.ejournal.id/jurnalpsikologiunimuda/issue/view/83),

Dhewy, R. C. (2022). Pelatihan Analisis Data Kuantitatif Untuk Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa.

J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(3), 4575–4578.

https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i3.3224

Erinasari, R., Pradana, H. H., & Fatria, N. A. E. (2023). Resiliensi Guru Pada Masa Pandemi Covid19.

Jurnal

Psycho

Aksara,

(1),

-112.

https://doi.org/10.28926/pyschoaksara.v1i1.755

Fadli, R., Hidayati, S., Cholifah, M., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Validitas dan Reliabilitas

pada Penelitian Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Product Moment.

(3), 1734-1739. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1419

Firmana, M. S. (2018). Analisis Tingkat Kinerja Guru Tetap Yayasan (GTY) dan Guru Tidak Tetap

(GTT) di SMK Swasta Se-Kota Malang. Parsimonia-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 5(1), 41-52.

Gunawan, L. R & Hendriani, W. (2019). Psychological Well-being pada Guru Honorer di Indonesia:

A Literature Review. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 4(1).

http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v4i1.6353

Hernanda, I., & Sofiah, D. (2022). Kesejahteraan psikologis pada tenaga pengajar: Menguji peranan

rasa syukur dan keseimbangan kehidupan—Kerja. Inner: Journal of Psychological Research

(3), 221-231.

Herwanto, H., Ummi, F. T., Rustiana, D., & H, P. R. (2018). Aspek-Aspek Psikologis yang

Berpengaruh Terhadap Kinerja Profesional Guru Sekolah Dasar (SD). JPPP - Jurnal Penelitian

dan Pengukuran Psikologi, 7(2), 98–105. https://doi.org/10.21009/JPPP.072.07

Hutagalung, D., Asbari, M., Fayzhall, M., Ariyanto, E., Agistiawati, E., Sudiyono, R. N., Waruwu,

H., & Goestjahjanti, F. S. (2020). Peran Religiusitas,

Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja dan Mediasi Organizational Citizenship

Behaviorterhadap Kinerja Guru. Journal of Education, Psychology and counseling, 2(1), 311326.

Ihsan, H. (2016). Validitas Isi Alat Ukur Penelitian Konsep dan Panduan Penilaiannya. Pedagogia

Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 266. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i2.3557

Indrawati, T. (2019). Pengaruh Resiliensi dan Religiusitas Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada

Guru di PAUD Rawan Bencana ROB. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini,

(2), 71–82. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5226

Isnaeni, R. , & Nashori, H. F. (2022). Pengaruh Religiusitas dan Welas Asih Diriterhadap

Kesejahteraan Psikologis Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus. Psikologika: Jurnal

Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 27(1), 147–164.

https://doi.org/10.20885/psikologika.vol27.iss1.art10

Karima, N. A., Idayanti, I., & Umar, F. (2018). Pengaruh masa kerja, pelatihan dan motivasi terhadap

produktivitas kerja karyawan pada PT. Bank Sulselbar cabang utama Makassar. Hasanuddin

Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 1(1), 49-64.

Karomah, H., Dimala, C. P., & Rohayati, N. (2022). Pengaruh Resiliensi dan Dukungan Sosial

Terhadap Psychological Well-Being pada Guru PAUD Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten

Karawang. Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan

Karawang. 2(1), 30-35.

Khalif, A., & Abdurrohim, A. (2020). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kebahagiaan Pada

Narapidana Di Lapas Perempuan Kelas II A Semarang. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi,

https://doi.org/10.30659/psisula.v1i0.7717

Kosasih, I., Kosasih, E., & Zakariyya, F. (2022). Religiusitas dan Kesejahteraan Psikologis. Jurnal

Psikologi Insight, 6(2), 127-134. https://doi.org/10.17509/insight.v6i2.64746

Mahendika, D., & Sijabat, S. G. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial, Strategi Coping, Resiliensi, dan

Harga Diri Terhadap Kesejahteraan Psikologis Siswa SMA di Kota Sukabumi. Jurnal Psikologi

dan Konseling West Science, 1(02), 76–89. https://doi.org/10.58812/jpkws.v1i02.261

Marita & Izzati. (2017). Harga Diri dan Kematangan Karir Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.

Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 8(2), 43–52. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v15i2.170

Mustofani, H. (2023). Penerapan Uji Korelasi Rank Spearman Untuk Mengetahui Hubungan Tingkat

Pengetahuan Ibu Terhadap Tindakan Swamedikasi Dalam Penanganan Demam Pada Anak.

UJMC (Unisda Journal of Mathematiics and Computer Science), 9(1), 9–13.

https://doi.org/10.52166/ujmc.v9i1.4272

Nafiudin, Andari, Kurnia, D., & Tia Safitri, A. (2021). Pentingnya Desain Ulang Pekerjaan Dan

Deskripsi Pekerjaan Untuk Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Masa Pandemi Covid 19. Sains

Manajemen, 7(2), 155–167. https://doi.org/10.30656/sm.v7i2.4139

Na’imah, T., & Tanireja, T. (2017). Student Well-being pada Remaja Jawa. Psikohumaniora: Jurnal

Penelitian Psikologi, 2(1), 1. https://doi.org/10.21580/pjpp.v2i1.979

Nastasia, K. (2022). Hubungan Antara Resiliensi dengan Stres Kerja pada Guru Pada Masa Pandemi

Covid-19. Psyche 165 Journal, 86–92. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v15i2.170

Nur Furqani, N. (2021). Peranan religiusitas dan kecerdasan spiritual terhadap peningkatan

kesejahteraan psikologis. Psychological Journal: Science and Practice, 1(1), 9–15.

https://doi.org/10.22219/pjsp.v1i1.16491

Nurdewi, N. (2022). Implementasi Personal Branding Smart ASN Perwujudan Bangga Melayani di

Provinsi Maluku Utara. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 297–303.

https://doi.org/10.55681/sentri.v1i2.235

Nurdin, N. (2021). Guru honorer dalam upaya memperoleh status kepegawaian tenaga pendidik

pegawai negeri sipil. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 10-19.

https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.46

Nyiagani, P. W., & Kristinawati, W. (2021). Kecerdasan Emosi dengan Resiliensi Berdasarkan Jenis

Kelamin pada Remaja di Panti Asuhan. Philanthropy: Journal of Psychology, 5(2), 295.

https://doi.org/10.26623/philanthropy.v5i2.4446

Octaryani, M., & Baidun, A. (2017). Uji Validitas Konstruk Resiliensi. Jurnal Pengukuran Psikologi

dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 6(1). https://doi.org/10.15408/jp3i.v6i1.8150

Paulus Lunga, Sitti Anggraini, & Epifania M. Ladapase. (2021). Hubungan Efikasi Diri Dengan

Resiliensi Guru Selama Pandemi Covid-19. Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi

Universitas Buana Perjuangan Karawang, 1(3), 70–76.

https://doi.org/10.36805/empowerment.v1i3.261

Pedhu, Y. (2022). Kesejahteraan psikologis dalam hidup membiara. Jurnal Konseling dan

Pendidikan, 10(1), 65. https://doi.org/10.29210/162200

Prasetyo, R. A. (2022). Analisis Regresi Linear Berganda Untuk Melihat Faktor Yang Berpengaruh

Terhadap Kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat. Journal of Mathematics UNP, 7(2), 62.

https://doi.org/10.24036/unpjomath.v7i2.12777

Pratama & Permatasari. (2021). Pengaruh Penerapan Standar Operasionel Prosedur dan Kompetensi

Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor PT. Dua Kuda Indonesia. Jurnal Ilmiah

M-Progress, 11(1). https://doi.org/10.35968/m-pu.v11i1.600

Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah

Dinamika Sosial, 5(1), 202–224. https://doi.org/10.38043/jids.v1i2.219

Pratiwi, S. A., & Yuliandri, B. S. (2022). Antesenden dan Hasil dari Resiliensi. Motiva Jurnal

Psikologi, 5(1), 8. https://doi.org/10.31293/mv.v5i1.5667

Purnomo, F. H., & Suryadi, B. (2017). Uji Validitas Konstruk Pada Instrumen Religiusitas Dengan

Metode Confirmatory Factor Analysis (CFA). 6(2), 145-154. Jurnal Pengukuran Psikologi dan

Pendidikan Indonesia (JP3I).

Purwanti, DA, & Kustanti, ER (2020). Hubungan resiliensi dengan kesejahteraan psikologis pada ibu

yang memiliki anak autis. Jurnal Empati , 7 (1), 283-287.

https://doi.org/10.14710/empati.2018.20219

Putra, S., Jailani, M. S., & Nasution, F. H. (2023). Penerapan Prinsip Dasar Etika Penelitian Ilmiah.

Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27876-27881.

Quraisy, A. (2022). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk:

Studi kasus penghasilan orang tua mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unismuh

Makassar. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7–

https://doi.org/10.36339/jhest.v3i1.42

Rahmawati, H. K. (2016). Kegiatan Religiusitas Masyarakat Marginal di Argopuro. Community

Development, 1(2), 35–52.

Revelia, M. (2019). Uji Validitas Konstruk Pada Instrumen Ryff’s Psychological Well-Being Scale

Dengan Metode Confirmatory Factor Analysis (CFA). Jurnal Pengukuran Psikologi dan

Pendidikan Indonesia (JP3I), 7(1), 8–14. https://doi.org/10.15408/jp3i.v7i1.12103

Rokhmah, D. (2021). Religiusitas Guru PAI: Upaya Peningkatan Disiplin Beribadah Siswa di SMP

Islam Al Azhar 3 Bintaro. Jurnal Pendidikan Madrasah, 6(1), 105–116.

https://doi.org/10.14421/jpm.2021.61-14

Safinaz, I., & Izzati, U. A. (2022). Hubungan Antara Psychological Well-Being Dengan Work

Engagement Guru SMK. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9 (4), 195-209.

https://doi.org/10.26740/cjpp.v9i4.46797

Salim, F., & Muhammad Fakhrurrozi, M. (2020). Efikasi Diri Akademik dan Resiliensi pada

Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 16(2), 175. https://doi.org/10.24014/jp.v16i2.9718

Sayyidah, A. F., Mardhotillah, R. N., Sabila, N. A., & Rejeki, S. (2022). Peran Religiusitas Islam

dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 13(2), 103–

https://doi.org/10.15548/alqalb.v13i2.4274

Scarvanovi, B. W., & Priyatama, A. N. (2023). “Legowo”: Sebuah Gambaran Kebersyukuran dan

Kesejahteraan. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmial Fakultas Psikologi Universitas Yudharta

Pasuruan, 10(1), 58-74. https://doi.org/10.35891/jip.v10i1.2890

Setiawan, M. S., Eva, N., & Andayani, S. (2021). Religiusitas dan Kesejahteraan Psikologis

Mahasiswa Pengajar Bimbingan Belajar Al-Qur'an di Universitas Negeri Malang.

Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 6(1), 94. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v6i1.8999

Simatupang, M. (2022). Peran Passion For Teaching Sebagai Moderator Terhadap Pemberian

Kompensasi dan Loyalitas Kerja Guru Honorer. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi,

(1), 17-25. https://doi.org/10.47007/jpsi.v20i01.169

Sudarnoto, L. F. (2020). Faktor-Faktor Antesenden Kesejahteraan Psikologis Pada Guru di Sekolah

“X.” Psibernetika, 12(2). https://doi.org/10.30813/psibernetika.v12i2.1858

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2 ed.). Alfabeta CV.

Sutanto, S. H., & Deita, A. L. I. (2022). Pengaruh Resiliensi terhadap Job Insecurity Guru Musik saat

Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 13(3), 270–281.

https://doi.org/10.26740/jptt.v13n3.p270-281

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. D., & Syafitri, R. (2023). Kerangka Berfikir Penelitian Kuantitatif.

Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran. 2(1), 160-166.

Utami, N. P. S. M., & Putra, M. (2020). Kontribusi Disiplin Kerja dan Resiliensi Terhadap Kinerja

Guru. Indonesian Journal of Instruction, 1(3), 121–132. https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.32776

Vivekananda, N. L. A. (2018). Studi Deskriptif mengenai Grit pada Mahasiswa Fakultas Psikologi

Universitas Kristen Maranatha Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(3), 183.

https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i3.756

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode

Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi. Jurnal Pendidikan Tambusai. 7(1),

-2910. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187

Winarsih, S. (2014). Kinerja Pendidikan Menengah di Indonesia Dalam Meningkatkan Mutu

Pendidikan. Jurnal Kependidikan, 2(2), 163–181. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.558

Wisnu, H., Ardiani, D, Ilhami, N., & Octiawati, T. (2022). Hubungan Rasa Syukur dan Resiliensi

dengan Kesejahteraan Psikologis Remaja Selama Pandemi. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah

Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 9(2), 159–177.

https://doi.org/10.35891/jip.v9i2

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu

Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA (PAIS UNDA)

Indexing:

 

Fakultas Psikologi

Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Jurnal PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA of University 17 August 1945 Samarinda, East Kalimantan.

Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda, East Kalimantan.