RESILIENSI DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA GURU SMK
Abstract
Abstract. The low quality of teacher is due to the lack of interest in qualifed young people
becoming teachers, one of which is caused by the lack of guarantees for teacher walfare in
line with the material revolution in the era globalization. This research aim to determine the
relationship and influence of resilience and religiousity on psychological well-being with the
subject of vocational school teacherr. This research uses an quantitative correlatinal desain
approach, the subjects of this research are 112 XYZ Vocational School teacher. The data
collection methods used were interviews and a psychological scale consisting of 3 scale,
namely the resilience scale, the religiousity scale, And the psychological well-being scale.
Resiliensce has a reliability level of 0,913, religiousity of 0,916, and well being of 0,852. The
results of the study using the Spearman rank correlation test on variables X₃ and Y obtained
a Sig value of <0.001. On variables X₂ and Y, a Sig value of <0.001 was obtained. On
variables X₁ and X₂ against Y, a Sig value of <0.001 was obtained.
Abstrak. Rendahnya mutu guru karena kurangnya minat kau muda yang berkualitas menjadi
guru, salah satunya disebabkan oleh minimnya jaminan kesejahteraan guru seiring revolusi
material pada era globaliasasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan
pengaruh antara resiliensi dan religiusitas terhadap kesejahteraan psikologis pada guru SMK.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain korelasional, subjek penelitian ini
adalah 112 guru SMK XYZ. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara
dan skala psikologi yang terdiri dari skala resiliensi, skala religiusitas dan skala kesejahteraan
psikologis. Resiliensi memiliki taraf reliabel sebesar 0,913, religiusitas sebesar 0,916 dan
kesejahteraan psikologis sebesar 0,852. Hasil penelitian menggunakan uji korelasi rank
spearman pada variabel X₃ dengan Y didapatkan nilai Sig, < 0,001.. Pada variabel X₂ dengan
Y didapatkan nilai Sig.< 0,001. Pada variabel X₁ dan X₂ terhadap Y pada Guru SMK
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, A., & Chisol, R. (2020). Rasa Syukur Kaitannya Dengan Kesejahteraan Psikologi Pada Guru
Honorer Sekolah Dasar. Proyeksi, 13(2), 109. https://doi.org/10.30659/jp.13.2.109-122
Akbar, M. R. (2021). Hubungan Media Massa Online dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi
Mahasiswa. Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital, 1(1), 35–44.
https://doi.org/10.29313/jrjmd.v1i1.171
Akbar, Z., & Pratasiwi, R. (2017). Resiliensi Diri dan Stres Kerja Pada Guru Sekolah Dasar. JPPP -
Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 6(2), 106–112.
https://doi.org/10.21009/JPPP.062.08
Akbar, Z., & Tahoma, O. (2018). Dukungan Sosial dan Resiliensi Diri Pada Guru Sekolah Dasar.
JPPP - Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 7(1), 53–59.
https://doi.org/10.21009/JPPP.071.07
Ar Rahma, A. E. Z., & Nastiti, D. (2023). Hubungan Religiusitas Dengan Flow Akademik Pada Siswa
SMP YPM 4 Bohar. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 16(2), 1–12.
https://doi.org/10.24912/provitae.v16i2.26698
Atikasari. F. (2021). Religiusitas dan Kesejahteraan Psikologis Dimediasi Oleh Kebahagiaan Siswa.
Jurnal Ilmiah Psikomuda Connectedness, 1(https://unimuda.ejournal.id/jurnalpsikologiunimuda/issue/view/83),
Dhewy, R. C. (2022). Pelatihan Analisis Data Kuantitatif Untuk Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa.
J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(3), 4575–4578.
https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i3.3224
Erinasari, R., Pradana, H. H., & Fatria, N. A. E. (2023). Resiliensi Guru Pada Masa Pandemi Covid19.
Jurnal
Psycho
Aksara,
(1),
-112.
https://doi.org/10.28926/pyschoaksara.v1i1.755
Fadli, R., Hidayati, S., Cholifah, M., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Validitas dan Reliabilitas
pada Penelitian Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Product Moment.
(3), 1734-1739. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1419
Firmana, M. S. (2018). Analisis Tingkat Kinerja Guru Tetap Yayasan (GTY) dan Guru Tidak Tetap
(GTT) di SMK Swasta Se-Kota Malang. Parsimonia-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 5(1), 41-52.
Gunawan, L. R & Hendriani, W. (2019). Psychological Well-being pada Guru Honorer di Indonesia:
A Literature Review. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 4(1).
http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v4i1.6353
Hernanda, I., & Sofiah, D. (2022). Kesejahteraan psikologis pada tenaga pengajar: Menguji peranan
rasa syukur dan keseimbangan kehidupan—Kerja. Inner: Journal of Psychological Research
(3), 221-231.
Herwanto, H., Ummi, F. T., Rustiana, D., & H, P. R. (2018). Aspek-Aspek Psikologis yang
Berpengaruh Terhadap Kinerja Profesional Guru Sekolah Dasar (SD). JPPP - Jurnal Penelitian
dan Pengukuran Psikologi, 7(2), 98–105. https://doi.org/10.21009/JPPP.072.07
Hutagalung, D., Asbari, M., Fayzhall, M., Ariyanto, E., Agistiawati, E., Sudiyono, R. N., Waruwu,
H., & Goestjahjanti, F. S. (2020). Peran Religiusitas,
Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja dan Mediasi Organizational Citizenship
Behaviorterhadap Kinerja Guru. Journal of Education, Psychology and counseling, 2(1), 311326.
Ihsan, H. (2016). Validitas Isi Alat Ukur Penelitian Konsep dan Panduan Penilaiannya. Pedagogia
Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 266. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i2.3557
Indrawati, T. (2019). Pengaruh Resiliensi dan Religiusitas Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada
Guru di PAUD Rawan Bencana ROB. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini,
(2), 71–82. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5226
Isnaeni, R. , & Nashori, H. F. (2022). Pengaruh Religiusitas dan Welas Asih Diriterhadap
Kesejahteraan Psikologis Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus. Psikologika: Jurnal
Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 27(1), 147–164.
https://doi.org/10.20885/psikologika.vol27.iss1.art10
Karima, N. A., Idayanti, I., & Umar, F. (2018). Pengaruh masa kerja, pelatihan dan motivasi terhadap
produktivitas kerja karyawan pada PT. Bank Sulselbar cabang utama Makassar. Hasanuddin
Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 1(1), 49-64.
Karomah, H., Dimala, C. P., & Rohayati, N. (2022). Pengaruh Resiliensi dan Dukungan Sosial
Terhadap Psychological Well-Being pada Guru PAUD Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten
Karawang. Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan
Karawang. 2(1), 30-35.
Khalif, A., & Abdurrohim, A. (2020). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kebahagiaan Pada
Narapidana Di Lapas Perempuan Kelas II A Semarang. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi,
https://doi.org/10.30659/psisula.v1i0.7717
Kosasih, I., Kosasih, E., & Zakariyya, F. (2022). Religiusitas dan Kesejahteraan Psikologis. Jurnal
Psikologi Insight, 6(2), 127-134. https://doi.org/10.17509/insight.v6i2.64746
Mahendika, D., & Sijabat, S. G. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial, Strategi Coping, Resiliensi, dan
Harga Diri Terhadap Kesejahteraan Psikologis Siswa SMA di Kota Sukabumi. Jurnal Psikologi
dan Konseling West Science, 1(02), 76–89. https://doi.org/10.58812/jpkws.v1i02.261
Marita & Izzati. (2017). Harga Diri dan Kematangan Karir Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.
Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 8(2), 43–52. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v15i2.170
Mustofani, H. (2023). Penerapan Uji Korelasi Rank Spearman Untuk Mengetahui Hubungan Tingkat
Pengetahuan Ibu Terhadap Tindakan Swamedikasi Dalam Penanganan Demam Pada Anak.
UJMC (Unisda Journal of Mathematiics and Computer Science), 9(1), 9–13.
https://doi.org/10.52166/ujmc.v9i1.4272
Nafiudin, Andari, Kurnia, D., & Tia Safitri, A. (2021). Pentingnya Desain Ulang Pekerjaan Dan
Deskripsi Pekerjaan Untuk Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Masa Pandemi Covid 19. Sains
Manajemen, 7(2), 155–167. https://doi.org/10.30656/sm.v7i2.4139
Na’imah, T., & Tanireja, T. (2017). Student Well-being pada Remaja Jawa. Psikohumaniora: Jurnal
Penelitian Psikologi, 2(1), 1. https://doi.org/10.21580/pjpp.v2i1.979
Nastasia, K. (2022). Hubungan Antara Resiliensi dengan Stres Kerja pada Guru Pada Masa Pandemi
Covid-19. Psyche 165 Journal, 86–92. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v15i2.170
Nur Furqani, N. (2021). Peranan religiusitas dan kecerdasan spiritual terhadap peningkatan
kesejahteraan psikologis. Psychological Journal: Science and Practice, 1(1), 9–15.
https://doi.org/10.22219/pjsp.v1i1.16491
Nurdewi, N. (2022). Implementasi Personal Branding Smart ASN Perwujudan Bangga Melayani di
Provinsi Maluku Utara. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 297–303.
https://doi.org/10.55681/sentri.v1i2.235
Nurdin, N. (2021). Guru honorer dalam upaya memperoleh status kepegawaian tenaga pendidik
pegawai negeri sipil. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 10-19.
https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.46
Nyiagani, P. W., & Kristinawati, W. (2021). Kecerdasan Emosi dengan Resiliensi Berdasarkan Jenis
Kelamin pada Remaja di Panti Asuhan. Philanthropy: Journal of Psychology, 5(2), 295.
https://doi.org/10.26623/philanthropy.v5i2.4446
Octaryani, M., & Baidun, A. (2017). Uji Validitas Konstruk Resiliensi. Jurnal Pengukuran Psikologi
dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 6(1). https://doi.org/10.15408/jp3i.v6i1.8150
Paulus Lunga, Sitti Anggraini, & Epifania M. Ladapase. (2021). Hubungan Efikasi Diri Dengan
Resiliensi Guru Selama Pandemi Covid-19. Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi
Universitas Buana Perjuangan Karawang, 1(3), 70–76.
https://doi.org/10.36805/empowerment.v1i3.261
Pedhu, Y. (2022). Kesejahteraan psikologis dalam hidup membiara. Jurnal Konseling dan
Pendidikan, 10(1), 65. https://doi.org/10.29210/162200
Prasetyo, R. A. (2022). Analisis Regresi Linear Berganda Untuk Melihat Faktor Yang Berpengaruh
Terhadap Kemiskinan di Provinsi Sumatera Barat. Journal of Mathematics UNP, 7(2), 62.
https://doi.org/10.24036/unpjomath.v7i2.12777
Pratama & Permatasari. (2021). Pengaruh Penerapan Standar Operasionel Prosedur dan Kompetensi
Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor PT. Dua Kuda Indonesia. Jurnal Ilmiah
M-Progress, 11(1). https://doi.org/10.35968/m-pu.v11i1.600
Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah
Dinamika Sosial, 5(1), 202–224. https://doi.org/10.38043/jids.v1i2.219
Pratiwi, S. A., & Yuliandri, B. S. (2022). Antesenden dan Hasil dari Resiliensi. Motiva Jurnal
Psikologi, 5(1), 8. https://doi.org/10.31293/mv.v5i1.5667
Purnomo, F. H., & Suryadi, B. (2017). Uji Validitas Konstruk Pada Instrumen Religiusitas Dengan
Metode Confirmatory Factor Analysis (CFA). 6(2), 145-154. Jurnal Pengukuran Psikologi dan
Pendidikan Indonesia (JP3I).
Purwanti, DA, & Kustanti, ER (2020). Hubungan resiliensi dengan kesejahteraan psikologis pada ibu
yang memiliki anak autis. Jurnal Empati , 7 (1), 283-287.
https://doi.org/10.14710/empati.2018.20219
Putra, S., Jailani, M. S., & Nasution, F. H. (2023). Penerapan Prinsip Dasar Etika Penelitian Ilmiah.
Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27876-27881.
Quraisy, A. (2022). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk:
Studi kasus penghasilan orang tua mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unismuh
Makassar. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7–
https://doi.org/10.36339/jhest.v3i1.42
Rahmawati, H. K. (2016). Kegiatan Religiusitas Masyarakat Marginal di Argopuro. Community
Development, 1(2), 35–52.
Revelia, M. (2019). Uji Validitas Konstruk Pada Instrumen Ryff’s Psychological Well-Being Scale
Dengan Metode Confirmatory Factor Analysis (CFA). Jurnal Pengukuran Psikologi dan
Pendidikan Indonesia (JP3I), 7(1), 8–14. https://doi.org/10.15408/jp3i.v7i1.12103
Rokhmah, D. (2021). Religiusitas Guru PAI: Upaya Peningkatan Disiplin Beribadah Siswa di SMP
Islam Al Azhar 3 Bintaro. Jurnal Pendidikan Madrasah, 6(1), 105–116.
https://doi.org/10.14421/jpm.2021.61-14
Safinaz, I., & Izzati, U. A. (2022). Hubungan Antara Psychological Well-Being Dengan Work
Engagement Guru SMK. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9 (4), 195-209.
https://doi.org/10.26740/cjpp.v9i4.46797
Salim, F., & Muhammad Fakhrurrozi, M. (2020). Efikasi Diri Akademik dan Resiliensi pada
Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 16(2), 175. https://doi.org/10.24014/jp.v16i2.9718
Sayyidah, A. F., Mardhotillah, R. N., Sabila, N. A., & Rejeki, S. (2022). Peran Religiusitas Islam
dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 13(2), 103–
https://doi.org/10.15548/alqalb.v13i2.4274
Scarvanovi, B. W., & Priyatama, A. N. (2023). “Legowo”: Sebuah Gambaran Kebersyukuran dan
Kesejahteraan. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmial Fakultas Psikologi Universitas Yudharta
Pasuruan, 10(1), 58-74. https://doi.org/10.35891/jip.v10i1.2890
Setiawan, M. S., Eva, N., & Andayani, S. (2021). Religiusitas dan Kesejahteraan Psikologis
Mahasiswa Pengajar Bimbingan Belajar Al-Qur'an di Universitas Negeri Malang.
Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 6(1), 94. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v6i1.8999
Simatupang, M. (2022). Peran Passion For Teaching Sebagai Moderator Terhadap Pemberian
Kompensasi dan Loyalitas Kerja Guru Honorer. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi,
(1), 17-25. https://doi.org/10.47007/jpsi.v20i01.169
Sudarnoto, L. F. (2020). Faktor-Faktor Antesenden Kesejahteraan Psikologis Pada Guru di Sekolah
“X.” Psibernetika, 12(2). https://doi.org/10.30813/psibernetika.v12i2.1858
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2 ed.). Alfabeta CV.
Sutanto, S. H., & Deita, A. L. I. (2022). Pengaruh Resiliensi terhadap Job Insecurity Guru Musik saat
Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 13(3), 270–281.
https://doi.org/10.26740/jptt.v13n3.p270-281
Syahputri, A. Z., Fallenia, F. D., & Syafitri, R. (2023). Kerangka Berfikir Penelitian Kuantitatif.
Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran. 2(1), 160-166.
Utami, N. P. S. M., & Putra, M. (2020). Kontribusi Disiplin Kerja dan Resiliensi Terhadap Kinerja
Guru. Indonesian Journal of Instruction, 1(3), 121–132. https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.32776
Vivekananda, N. L. A. (2018). Studi Deskriptif mengenai Grit pada Mahasiswa Fakultas Psikologi
Universitas Kristen Maranatha Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(3), 183.
https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i3.756
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode
Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi. Jurnal Pendidikan Tambusai. 7(1),
-2910. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187
Winarsih, S. (2014). Kinerja Pendidikan Menengah di Indonesia Dalam Meningkatkan Mutu
Pendidikan. Jurnal Kependidikan, 2(2), 163–181. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.558
Wisnu, H., Ardiani, D, Ilhami, N., & Octiawati, T. (2022). Hubungan Rasa Syukur dan Resiliensi
dengan Kesejahteraan Psikologis Remaja Selama Pandemi. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah
Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 9(2), 159–177.
https://doi.org/10.35891/jip.v9i2
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu
Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA (PAIS UNDA)
Indexing:
Fakultas Psikologi
Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
Jurnal PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA of University 17 August 1945 Samarinda, East Kalimantan.
Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda, East Kalimantan.