ENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SDN 001 SAMARINDA

Muhammad Akmal Anshari, Diana Imawati, Silvia Eka Mariskha

Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh
pola asuh demokratis orang tua terhadap kemandirian belajar siswa kelas V di SDN 001
Samarinda. Penelitian ini melibatkan 110 siswa dan siswi kelas V SDN 001
Samarinda.Penetapan sampel penelitian menggunakan teknik nonprobability sampling. Data
penelitian diperoleh menggunakan 2 jenis skala yaitu skala kemandirian belajar dan skala
Parental Authority Questionnaire Revised (PAQ-R).Data dalam penelitian dianalisis
menggunakan Teknik regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS versi 21.
Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa pola asuh demokratis orang tua berpengaruh
positif terhadap kemandirian belajar dengan nilai R sebesar 0,601. Diketahui pula nilai
koefisien determasi (R square) sebesar 0,086 dengan antara taraf signifikasi p = 0,000 (p <
0,05), hal ini berarti bahwa pola asuh demokratis orang tua memberikan pengaruh sebesar
8,6% terhadap kemandirian belajar.

Abstract. This study was conducted with the aim of knowing empirically the effect of parental
democratic parenting on the learning independence of grade V students at SDN 001
Samarinda. This study involved 110 fifth grade students of SDN 001 Samarinda.
Determination of the research sample using nonprobability sampling technique. Research
data were obtained using 2 types of scales, namely the learning independence scale and the
Parental Authority Questionnaire Revised (PAQ-R) scale. The data in the study were
analyzed using simple linear regression techniques with the help of the SPSS version 21
program. Based on the results of the analysis, it is known that parental democratic parenting
has a positive effect on learning independence with an R value of 0.601. It is also known that
the coefficient of determination (R square) is 0.086 with a significance level of p = 0.000 (p<
0.05), this means that parental democratic parenting has an influence of 8,6% on learning
independence.


Keywords


Pola Asuh Demokratis Orang Tua, Kemandirian Belajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2019).Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Audhiha, M., Vebriant. R., Habib., Febliza. A., & Afdal,Z., (2022) Pengembangan Instrumen

Kemandirian Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.

Vol. 14 No. 2. https://doi.org/10.18860/mad.v14i2.13187

Basri, H. (2011). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung. Pustaka

Damanik, D. F. & Ambarita, T.F.A., (2022).Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian

Belajar Siswa Jurusan IPS di SMA Swasta GKPS 1 Pem.Raya.Jurnal Psikologi. Fakultas

Psikologi, Universita HKBP Nomensen Medan.

http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7424

Darmagita, S.F., & Susanto, H. (2022).Adaptasi Alat Ukur Parental Authority Questionnaire Revised

(PAQ-R) untuk Orang Tua Dengan Anak Usia 2-18 Tahun. Psikostudia Jurnal Psikologi.

Volume 11 No. 4. http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v11i4.8676

Hurlock, E. (1996). Suatu Psikologi Kehidupan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Jakarta:

Penerbit Erlangga.

Jamal Ma’mur Asmani.(2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah.

Yogyakarta: Diva press

Minasari, Kadir, A., Aras, L. & Patta, R. (2022). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan

Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan.Vol,

No,1. https://eprints.unm.ac.id/26571/1/Artikel%20Jikap.pdf

Rahmawati, D. (2016). Hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa SD Negeri

Purwoyoso 06 Semarang.Disertasi Doktor, Universitas Negeri

Semarang.https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.26999

Restiani, S., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2017). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis

dengan Kemandirian Anak di KelompokA PAUD IT Bina Iman Kabupaten Bengkulu

Utara.Jurnal Potensia, PG - PAUD FKIP UNIB, Vol.2 No.1.

https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/2175

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, A. (2018). Pengaruh PBL terhadap Kemandirian Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of

Primary Education, 2(1), 72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.9392

Tresnaningsih Dkk (2019).Kemandirian Belajar Siswa Kelas iii Sdn Karang Jalak I Dalam Pembelajaran Tematik.Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(2), 51–59.

https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i2.2407

Verawati, A. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orang tuaTerhadap kemandirian belajar Siswa kelas VIII

SMP N 2 Ngantru Kabupaten Tulung Agung Tahun Pelajaran 2014/2015.Artikel Skripsi .FKIP

Bimbingan dan Konseling. simki.unpkediri.ac.id

Yuniarti, Darmiany & Jiwandono, I.S. (2021). Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap

kemandirian Belajar kelas V Gugus 06 Mataram.Renjana Pendidikan Dasar.Vol. 1, No. 4

PISA (2022), https://thariq.sch.id/pisa-dan-sistem-pendidikan-indonesia-tahukah-kamu-apa-itu-pisa/

Kemndikbud.go.id. (2022) https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/mengkaji-kembali-hasil-pisa-

sebagai-pendekatan-inovasi-pembelajaran--untuk-peningkatan-kompetensi-li


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA (PAIS UNDA)

Indexing:

 

Fakultas Psikologi

Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Jurnal PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA of University 17 August 1945 Samarinda, East Kalimantan.

Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda, East Kalimantan.