GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR PADA KORBAN BULLYING DI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 MUARA WAHAU
Abstract
Abstract. The essence of this study was conducted with the aim of empirically knowing the
picture of learning motivation in victims of bullying. This study used a type of quantitative
descriptive research. This study involved 144 students of SMA Negeri 2 Muara Wahau.
Placement of research samples using ancient sampling techniques. Occasional data is
obtained using one type of scale, namely learning motivation. From the study analyzed using
simple regression. Based on the results of the analysis, it is known that the learning
motivation of SMA Negeri 2 Muara Wahau students is 1 student who has been a victim of
bullying (8%) who has low learning motivation. A total of 121 students who had been victims
of bullying (99.2%) had moderate learning motivation. Then students who are prone to
become victims of bullying who have high learning motivation do not exist.
Abstrak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui secara empiris gambaran
motivasi belajar pada korban bullying. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian deskriptif
kuantitatif. Dalam penelitian ini melibatkan 144 siswa SMA Negeri 2 Muara Wahau.
Penempatan sampel penelitian mengunakan teknik purbabilty sampling. Data sekala di
peroleh mengunakan satu jenis skala yaitu motivasi belajar. Dari penelitian dianalisis
mengunakan regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis di ketahui motivasi belajar siswa
SMA Negeri 2 Muara Wahau terdapat 1 siswa yang pernah menjadi korban bullying (8%)
yang memiliki motivasi belajar rendah. Sebanyak 121 siswa yang pernah menjadi korban
bullying (99,2%) yang memiliki motivasi belajar sedang. Kemudian siswa yang perneh
menjadi korban bullying yang memiliki motivasi belajar tinggi tidak ada.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amaliyah, W., Firmansyah, A. Z., Poppy, E. R. S., & Ramli, M. (2023, August). Pengaruh Perilaku
Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK PGRI 2 Malang. In Prosiding Semdikjar
(Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran).
Amrina, P. (2014). Pengaruh bullying terhadap motivasi belajar siswa kelas vii di smpn 31
samarinda. Motivasi.
Andani, F. D. (2023). Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 6
Sd/Mi X Di Sidoarjo. Al-Muttaqin: Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi.
Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Baruna, M. F. (2018). Hubungan Antara Body Image Dengan Motivasi Berolahraga Pada Wanita
Dewasa Awal (Doctoral Dissertation, Unika Soegijapranata Semarang).
Bukhori Imam, Nur Anita. 2009. Jurnal Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar
Siswa Di Universitas Negeri Malang
Contreras, D., Elacqua, G., Martinez, M., & Miranda, Á. (2016). Bullying, identity and school
performance: Evidence from Chile. International Journal of Educational Development.
Coloroso, Barbara. Stop Bullying: Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah hingga SMU.
Diterjemahkan oleh: Santi Indra Astuti. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta (2007).
Detiknews. (2023, Oktober). Heboh Bullying di Balikpapan: Pemicu hingga Ortu Korban Lapor
Polisi. Diakses pada 16 November 2023, pukul 09:55 dari https://news.detik.com/berita/d6960736/heboh-bullying-di-balikpapan-pemicu-hingga-ortu-korban-lapor-polisi/2
Fatchurohman, M. (2022). Pengaruh Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di MTSN 5
Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Gunarsa, Gunarsa. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: ID
Hutagalung, L. 2005. Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo.
KPAI. (2020, Februari). KPAI Catat ada sebanayak 2.355 kasus pelanggaran perlindunagan anak pada
Diakses pada tanggal 21 Oktober 2023 pukul 13:24 dari
https://www.kpai.go.id/publikasi/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatan-masalah-anakdi-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai
Maghfiroh, N., Nasir, M., & Nafi’ah, S. A. (2021). Dampak perilaku bullying terhadap motivasi
belajar siswa. As-Sibyan.
Maulina, M. (2017). Hubungan Perilaku Bullying Guru Dengan Minat Belajarb Siswa Kelas 2 SMP
Tutwuri Handayani Medan.
Mustikaningrum, A. (2017). Pengaruh Perilaku Bullying terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI
SMA Kristen 1 Salatiga Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Program Studi
Bimbingan dan Konseling FKIP-UKSW).
Prabawanto, M. A. B. (2020). Hubungan Kontrol Diri Dan Perilaku Konformitas Dengan
Kecenderungan Bullying Verbal Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di Sekolah (Doctoral
dissertation, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA).
Psikologi Masuk Sekolah (Januari, 2022) Kenapa Belajar Perlu Motivasi. Diakses tanggal 26
November 2023 pukul 21.00 Dari https://psikologmasuksekolah.id/user-artikel/view/kenapabelajar-perlu-motivasi.
Septiani, Y. (2021). Hubungan Perilaku Bullying Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Korban
Bullying Di Sma Negeri 1 Gunung Sugih Tahun Ajaran 2020/2021.
Siswati, S., & Widayanti, C. G. (2009). Fenomena Bullying Di Sekolah Dasar Negeri Di Semarang:
Sebuah Studi Deskriptif. Jurnal Psikologi Undip.
Suryabrata, Sumadi. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Raja Gafindo Persada
Sugiono, metode , metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif , kualitatif, dan R&D
(Bandung:Alfabeta,2006).
Tasnim, N. (2015). Pengaruh Perilaku Bullying terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII
SMP Negeri 8 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015.
Utomo, M. I. T. (2016). Strategi coping korban bullying verbal pada siswa kelas XI di SMA Negeri
Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling.
Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam
melakukan bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA (PAIS UNDA)
Indexing:
Fakultas Psikologi
Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
Jurnal PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA of University 17 August 1945 Samarinda, East Kalimantan.
Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda, East Kalimantan.