PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP BURNOUT AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SAMARINDA
Abstract
Abstract. This research was conducted to empirically examine whether there is an influence
of social support on academic burnout. This research involved 229 final students at 17
August Samarinda University who were taking their thesis work. The research sample was
determined using the disproportionate stratified random sampling technique. Research data
was obtained using two types of scales, namely the social support scale and academic
burnout. Research data was analyzed using a simple linear regression technique with the
help of the IBM SPSS statistics 23 program. Based on the results of the analysis, it is known
that social support has an effect on academic burnout. The influence of social support on
academic burnout is shown by the R square value of 0.872, which means that the social
support variable has an influence on academic burnout behavior.
Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji secara empiris apakah ada pengaruh
dukungan social terhadap burnout akademik. Penelitian ini melibatkan 229 mahasiswa akhir
Universitas 17 Agustus Samarinda yang mengambil krs skripsi. Penetapan sampel penelitian
menggunakan teknik Disproportionate stratified random sampling. Data penelitian diperoleh
menggunakan dua jenis skala yaitu skala dukungan social dan burnout akademik. Data
penelitian dianalisis menggunakan Teknik regresi linear sederhana dengan bantuan program
IBM SPSS statistics 23. Berdasarkan hasil analisis di ketahui bahwa dukungan sosial
berpengaruh terhadap burnout akademik. Pengaruh dukungan sosial terhadap burnout
akademik ditunjukan oleh nilai R square sebesar 0,872 yang berarti bahwa variabel dukungan
sosial memberikan pengaruh terhadap perilaku burnout akademik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnan, Zulkifli Achmad, Fatimah, M., Zulfia, M., & Fina, H. (2016). Pengaruh dukungan sosial
terhadap harga diri remaja desa wonoayu kecamatan wajak. Jurnal Psikoislamika.
Afriani, Maya, K., Dahlia, & Pospos, L. jonita chika. (2022). Dukungan sosial dan kesepian lansia di
banda aceh, 2655–91611.
Albertus, A. (2021). Pandemi Berkepanjangan, Dosen dan Mahasiswa Mulai Jenuh Kuliah Daring.
Kompas
Aliya Noor; Iranita Hervi Mahardayani. Juni 2011. Hubungan Antara Kontrol Diri dengan
Prokrastinasi dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Universitas Muria Kudus. Jurnal
Psikologi Pitutur.
Anggraini, A.W., & Nono, H.Y. (2021) Pengaruh Academic Self-efficacy terhadap Academic
Burnout Pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi.Buletin Riset Psikologi dan
Kesehatan Mental (BRPKM), Vol. 1(1)
Arlinkasari, F., & Akmal, S. Z. (2017).Hubungan antara school engagement, academic selfefficacy
dan academic burnout pada mahasiswa, Humanitas (Jurnal Psikologi).
Azwar, S. (2010). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan validitas aitem. Buletin Psikologi.
Hidayatullah, S. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial dan Perbandingan Sosial terhadap Kesejahteraan
Subjektif Ibu Muda Pengguna Media Sosial.
Irwan, S. (n.d.). Hubungan dukungan sosial dan kesepian dengan gejala depresi pada lansia.
Leiter, M.P & Maslach,C., (2005), Pengertian Burnout (Kejenuhan) dan Aspek-aspek Burnout
Menurut Para Ahli Universitas Psikologi
Lisyanti V.M (2023) Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa Yang
Sedang Menyusun Skripsi. Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.
Maharani, D.M (2019). Hubungan antara self-esteem dengan academic burnout pada siswa kelas XI
SMA Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2018/2019.
Maslach, C., & Leiter, M.P. (1997). The truth about burnout. San Francisco: jossey Bas.v.
Maslach, C., & Leiter, M. P. (2017). Understanding burnout: New models. The handbook of stress
and health: A guide to research and practice.
Maslach, C., Schaufeli, W.B., & Leiter, M.P. (2001). Job Burnout. Annual Review of Psychology.
Myers, D.G. (2012). Psikologi Sosial. Jakarta : Salemba Humanika.
Orpina, S., & Prahara, S. A. (2019). Self-efficacy dan burnout akademik pada mahasiswa yang
bekerja. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2),
Pines, A. Aronson.E.,& Elliot. 1989. Career Burnout: Causes And Cures. Free Press: New York.
Puspitaningrum (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Burnout Pada Mahasiswa
Dalam Mengerjakan Skripsi,
Rohmah, N (2017) Pengaruh Kepercayaan Diri dan Dukungan Sosial Terhadap Penyesuaian Diri
Mahasiswa Baru Teknik Informatika UIN Maulana Malik Ibra him Malang.
Sarafino, E. P. & Smith, T. W. (2011). Health Psychology: Biopsychological Interactions.John Wiley
& Sons, Inc.
Sarafino, E.P., & Smit, T .W. (2011).Health Pschology Biopssycholsocial interaction.Seventh Edition.
US: John Wiley & Sons. Inc.
Schaufeli, W. B., Martinez, I. M., Pinto, A. M., Salanova, M., & Barker, A. B. (2002). Psychology
Journal of Mental Health Volume 4, Nomor 1, Tahun 2022
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung.
Tarmidi, Ade Riza Rahma Rambe. 2010. Korelasi Antara Dukungan Sosial Orang Tua dan Self-
Directed Learning pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi (Vol 37 No 2).
Trimulastih, P. D., & Appulembang, Y. A., (2022), Dukungan Sosial Terhadap Burnout Akademik
Pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi Saat Pandemi. Psychology Journal of Mental
Health, 2022.
Wakhyudin, H., & Putri, A. D. S. (2020). Analisis kecemasan mahasiswa dalam menyelesaikan
skripsi. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 14–18.
Yang, H. J. (2004).Factors affecting student burnout and academic achievement in multiple
enrollment programs in Taiwan’s technical-vocational colleges.International Journal of
Educational Development, (3), 283–301.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA (PAIS UNDA)
Indexing:
Fakultas Psikologi
Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
Jurnal PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA of University 17 August 1945 Samarinda, East Kalimantan.
Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda, East Kalimantan.