Pengaruh Pertumbuhan Modal Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012

ivana nina esterlin

Abstract


Kondisi perekonomian saat ini telah menciptakan suatu persaingan yang ketat antar perusahaan pertambangan. Persaingan dalam perusahaan pertambangan membuat setiap perusahaan semakin meningkatkan kinerja agar tujuannya dapat tetap tercapai. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam peningkatan kinerja perusahaan adalah adanya pertumbuhan modal dan pelaksanaan CSR perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah Menguji pengaruh pertumbuhan modal terhadap kinerja keuangan, menguji pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan dan menguji pengaruh pertumbuhan modal dan Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010 – 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2010-2012. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian membuktikan pertumbuhan modal berpengaruh terhadap kinerja keuangan secara parsial, Corporate Social Responsibility berpengaruh terhadap kinerja keuangan secara parsial dan Pertumbuhan modal dan Corporate Social Responsibility secara simultan berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Kemampuan model regresi linear berganda dalam menjelaskan variasi variabel kinerja keuangan sebesar 39,8%.

Full Text:

DOC PDF

References


Barus, Ivana N. E. 2016. Pengaruh GCG Terhadap Kinerja Keuangan Dengan CSR Sebagai Pemoderasi di Perusahaan Pertambangan. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Volume 5. No. 1. Mei 2016.

Brigham, Eugene. 2011. Financial Management. USA : South Western Cencage Learning.

Gibson, Charles H. 2011. Financial Reporting & Analysis. USA : South Western-Cencage Learning.

Hermawan, Asep. 2005. Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif. Jakarta : PT. Grasindo.

Horne, James C. Van. 2009. Fundamentals of Financial Management. USA : Prentice Hall.

Sumbramanyam, K.R. 2009. Financial Statement Analysis. USA : Mcgraw-Hill.

Sutana, I Nyoman. 2008. Analisis Pengaruh Pertumbuhan Modal dan Sumber Pendanaan terhadap Kinerja Keuangan Usaha Kecil. Sarathi. Vol. 15. No. 1 Januari 2008.

Undang-Undang Perseroan Terbatas No. 40 tahun 2007.

www.idx.co.id.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.