ANALISA PENGELOLAAN PERSEDIAAN TERHADAP KEANDALAN PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DI DINAS PETERNAKAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

imam Nazarudin Latief

Abstract


Persediaan merupakan bagian aset lancar yang tercantum dalam neraca, dan menurut Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah (PSAP) Nomor 5,  adalah aset lancar dalam bentuk barang atau perlengkapan yang dimaksudkan untuk mendukung kegiatan operasional pemerintah, dan barang-barang yang dimaksudkan untuk dijual dan/atau diserahkan dalam rangka pelayanan kepada masyarakat.

Laporan keuangan yang andal berarti informasi dalam laporan keuangan bebas dari pengertian yang menyesatkan dan kesalahan material, menyajikan setiap fakta secara jujur, serta dapat diverifikasi.

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui penyajian, pengungkapan dan pelaporan  dari  pengelolaan persediaan  di  Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Timur apakah sudah sesuai peraturan yang berlaku yaitu Peraturan Pemerintah RI Nomor 27 tanggal 24 April 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah, Peraturan  Gubernur Kalimantan Timur Nomor 67 Tahun 2015 tentang Kebijakan Akuntansi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur khususnya lampiran XIII tentang Kebijakan Akuntansi Nomor 12 Akuntansi Aset,  dan Surat Edaran Gubernur Kalimantan Timur Nomor 900/185/024-IV/Keu tanggal 18 Desember 2014 tentang Pengelolaan Persediaan.

Perumusan masalah dari penelitian ini adalah “apakah penyajian, pengungkapan dan pelaporan dalam pengelolaan persediaan pada Dinas Peternakan Propinsi Kalimantan Timur sudah sesuai dengan peraturan yang dimaksud dalam tujuan penelitian ini”.  

Penelitian dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan dan penelitian ke lapangan.

Hipotesis penelitian ini yaitu “penyajian, pengungkapan dan pelaporan dalam pengelolaan persediaan pada Dinas Peternakan Propinsi Kalimantan Timur belum seluruhnya sesuai dengan tujuan penelitian ini”.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa Pengelolaan persediaan pada lingkup Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Timur masih belum seluruhnya sesuai dengan  tujuan penelitian ini.


Keywords


persediaan, keandalan, penyajian, pengungkapan, pelaporan

Full Text:

PDF DOC


DOI: https://doi.org/10.31293/rjabm.v1i2.2941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Research Journal of Accounting and Business Management