PENGARUH DANA PIHAK KETIGA TERHADAP LABA PADA PT. BANK UOB INDONESIA DI SAMARINDA

Umar Hi Salim

Abstract


 

Abstrak, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dana pihak ketiga yang terdiri dari giro, tabungan, dan deposito berpengaruh secara signifikan terhadap laba PT. Bank UOB Indonesia periode 2005 – 2016. Sedangkan kegunaan dalam penelitian ini adalah sebagai hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan dalam pengambilan keputusan yang berkenaan dengan penghimpunan dana dari pihak ketiga. Dan sebagai suatu persyaratan untuk menyelesaikan gelar sarjana pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nasional Samarinda.

Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah model dana pihak ketiga yang terdiri atas variabel  giro, tabungan dan deposito secara bersama-sama berpengaruh terhadap laba pada PT. Bank UOB Indonesia di Samarinda. Dan variabel tabungan berpengaruh dominan terhadap laba pada PT. Bank UOB Indonesia di Samarinda.

Hipotesis yaitu pengaruh variabel giro (X1), variabel tabungan (X2) dan variabel deposito (X3)  masing - masing  terhadap variabel laba (Y), maka diketahui bahwa giro (X1) mempunyai nilai signifikan  t hitung sebesar  0,079 > α = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa giro (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap laba (Y). Untuk variabel tabungan (X2) didapat nilai signifikan  t hitung sebesar  0,001 < α = 0,05, dan variabel deposito (X3) mempunyai nilai signifikan  t hitung sebesar  0,629 > α = 0,05. Dari ketiga variabel tersebut maka diketahui deposito (X2) memiliki pengaruh dominan terhadap laba PT. Bank UOB Indonesia di Samarinda, hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan  dari tabungan sebesar 0.001 < α = 0,05 sehingga hipotesis bahwa deposito berpengaruh lebih besar terhadap laba maka diterima.


Full Text:

PDF DOC


DOI: https://doi.org/10.31293/rjabm.v1i2.2992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Research Journal of Accounting and Business Management