KONTRIBUSI BUDAYA ORGANISASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN BIMA

Muhammad Yusuf, Firmansyah Kusumayadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya kontribusi budaya organisasi dan kompetensi terhadap kepuasan kerja pegawai Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bima. Instrument pada penelitian ini berupa angket atau kuesioner dengan menggunakan skala likert. Populasi pada penelitian ini sebanyak 49 orang pegawai Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bima. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji multikolinearitas, uji normalitas, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, koefisien korelasi, uji T dan uji F dengan bantuan program SPSS. Hasil pengujian diketahui bahwa variabel variabel budaya organisasi nilai t hitung sebesar 3,127 dan variabel kompetensi 2,913 yang dapat disimpulkan bahwa variabel Budaya OrganisasiĀ  di terima, dan variabel Kopetensi di terima . Nilai uji f didapatkan sebesar 49,148 sehingga dapat disimpulkan bahwa budaya organisasi dan kompetensi secara bersama-sama mmeberikan kontriusi secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bima.


Keywords


Budaya Organisasi,Kompetensi, Kepuasan Kerja.

Full Text:

PDF

References


Dessler, Gary. 2017. Manajemen Personalia. Terjemahan Agus Darma, Jakarta. Penerbit Erlangga.

Edison, Emron, Anwar. Y, Komariah, I,.2016 Manajemen SZumber Daya Manusia.Bandung : Alfabeta.

Hasibuan, Melayu. S.P,. 2019. Manajemen : Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta : Bumi Aksara.

Herawan, K. Mukzam, M. D,. Nurtjahjono, E , G. 2015. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Cabang Kota Malang Kawi. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 1.N0.1.

Mangkunegara. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan, Bandung : Remaja Rosdakarya

Robbins, Stephen.P., Timothy. A. 2016. Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta : Salemba Empat.

Sari, F. M,. 2013. Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru di Sd Negeri Kecamatan Gondang Mojokerto. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen.Vol 9.No.2.

Sedermayanti. 2017. Perencanaan dan Pengembangan SDM Umtuk Meningkatkan Kopetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. PT Refika Aditama. Bandung.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutrisno,E. 2017. Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta : Kencana.

Wati, A,.I., Yusuf,M. 2020. Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima. Jurnal Of Business and Economics Research. Vol 1, No 2.




DOI: https://doi.org/10.31293/rjabm.v6i2.6664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 RJABM (Research Journal of Accounting and Business Management)