PERBANDINGAN SISTEM KONTRAK BERBASIS KINERJA ATAU PERFORMANCE BASED CONTRACT (PBC) DAN KONTRAK TRADISIONAL”

BAYU WIBOWO

Abstract


Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, yaitu Bagaimana perbandingan  sistem Kontrak  Berbasis  Kinerja atau Performance Based Contract (PBC)  dan Kontrak Tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui perbandingan  sistem  Kontrak  Berbasis  Kinerja atau Performance Based Contract (PBC)  dan  Kontrak Tradisional. 

Kontrak atau perjanjian adalah suatu peristiwa di mana seorang berjanji kepada orang lain atau di mana dua orang itu saling berjanji untuk melaksanakan suatu hal

Performance Based Contract (PBC) adalah Kontrak yang berhubungan dengan pelaksanaan konstruksi bangunan atau pembuatan wujud fisik lainnya untuk mencapai atau mempertahankan suatau kinerja tertentu yang ditetapkan dalam periode waktu tertentu, meliputi pekerjaan desain, konstruksi, dan layanan pemeliharaan yang dilaksanakan secara terintegrasi untuk menjamin pencapaian kenerja seabagaimana yang ditetapkan di dalam spesifikasi kinerja.

Kontrak Tradisional adalah dimana owner akan berhubungan dengan beberapa kontraktor untuk menyelesaikan proyek.

Dari hasil pembahasan , Berdasarkan matriks SWOT maka dapat disimpulkan bahwa Kontrak Berbasis Kinerja atau Performance Based Contract (PBC) lebih menguntungkan bagi pengguna jasa untuk menentukan perencanaan ,proses menejemen dan metode kerja yang paling efesien.

Kontrak Tradisional akan memberikan ancaman bagi owner jika kontruksi yang dilaksanakan mengalami kegagalan kontruksi karena semua masalah kontruksi (baik desain eror atau revisi desain) akan d tanggung oleh owner.

 


Keywords


Kontrak, Kontrak PBC, Kontrak Tradisional

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012