PERENCANAAN DINDING PENAHAN TANAH PADA LAPANGAN OLAH RAGA UPTD BALAI PELATIHAN KESEHATAN (BAPELKES) SAMARINDA

HAS FIANSYAH

Abstract


Tanah yeng terdapat pada daerah Kalimantan khususnya wilayah Kota samarinda memiliki mempunyai permukaan yang beraneka ragam seperti pegunungan, lembah, ngarai, dataran tinggi, dataran rendah dan sebagainya. Akibatnya pada daerah – daerah tersebut sering mengalami perubahan dasar tanah yang terjadi akibat factor alam maupun kegiatan yang dilakukan oleh manusia yang dapat merubah kestabilan suatu lahan.

Secara umum apabila terjadi perubahan suatu lahan yang dapat menyebabkan kelongsoran tanah maka dibuatkan suatu struktur bangunan yang yang berdiri diatas tanah agar dapat menahan dapat menimilaisir terjadinya kelongsoran. Dinding penahan tanah adalah suatu konstruksi yang berfungsi untuk menahan tanah lepas atau alami dan mencegah keruntuhan tanah yang miring atau lereng yang kemantapannya tidak dapat dijamin oleh lereng tanah itu sendiri.Tanah yang tertahan memberikan dorongan secara aktif pada struktur dinding sehingga struktur cenderung akan terguling atau akan tergeser.

UPTD BAPELKES merupakan salah satu sarana pelatihan yang dimiliki Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Timur yang ada di Kota Samarinda. UPTD Bapelkes tersebut berlokasi di Jl. Wolter Monginsidi No. 39 Samarinda. Untuk pengembangan fasilitas kegiatan pada UPTD BAPELKES maka Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan kegiatan penambahan sarana kegiatan tersebut dengan menggunakan lahan yang ada pada daerah UPTD BAPELKES Tersebut, Yang rencananya lahan tersebut akan dibangun lahan parker dan lapangan Olah Raga.

Mengingat lahan yang akan dibangun tersebut terletak pada daerah berbukit sehingga tinggi elevasi tanah tidak sejajar, untuk itu diperlukan pengurukan tanah untuk meninggikan elevasi sehingga sesuai dengan yang dibutuhkan, maka dari itu diperlukan dinding penahan tanah agar tanah urug tidak runtuh, sehingga diperlukan dinding penahan tanah yang stabil terhadap stabilitas penggeseran, penggulingan, daya dukung serta penurunannya dengan menggunakan. Dengan menggunakan Tipe Gravitasi Dinding Penahan Tanah pada Lokasi tersebut Olah Raga UPTD Bapelkes. Perhitungan tekanan tanah dihitung dengan menggunakan Teori Rankine dan Coulomb serta perhitungan stabilitas terhadap keruntuhan kapasitas dukung tanah dihitung berdasarkan persamaan Hansen dan Vesic berdasarkan data-data karakteristik keteknikan (c dan Ø). Hasil perhitungan stabilitas tembok penahan dengan dimensi tipe Gravitasi : Lebar atas (a) 0,500 m, lebar dasar pondasi (B) 2,600 m, tinggi tembok (H) 3,500 m, tebal dasar fondasi (d) 0,600 m, serta penambahan tiang pada dasar pondasi dinding penahan tanah yang aman terhadap stabilitas penggulingan (Fgl), stabilitas penggeseran (Fgs), dan stabilitas terhadap daya dukung.


Keywords


Retaining wall, dimension, gravity retaining wall, stability

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012