ANALISA KAPASITAS JALAN DAN BIAYA BAHAN BAKAR KENDARAAN DI RUAS JALAN PAHLAWAN, JALAN DR. SUTOMO DAN JALAN MUHAMMAD YAMIN KOTA SAMARINDA

AGUS HERLINAWATI

Abstract


ABSTRAK

 

 

 

 

Pertumbuhan jumlah penduduk Kota Samarinda dari tahun ketahun mencatat kenaikan yang cukup berarti. hal ini menyebabkan lalu lintas perkotaan menjadi masalah yang harus ditangani secara khusus.  Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hubungan antara jumlah arus (smp/jam) dengan kecepatan yang terjadi (km/jam) adalah kecepatan berbanding terbalik dengan besarnya arus lalu lintas.

Adanya beberapa permasalahan yang terjadi pada ruas jalan ini, seperti kapasitas jalannya yang sudah tidak sesuai, yang ditandai dengan kondisi lingkungan dan volume kendaraan yang  padat,  jalur kendaraan dari arah masuk atau keluar dari Jalan DR. Sutomo yang  berada pada ruas jalan tersebut, banyak aktivitas samping jalan pada ruas jalan ini yang sering menimbulkan konflik, kadang-kadang besar pengaruhnya terhadap arus lalu-lintas yang terutama berpengaruh  pada  kapasitas  dan  kinerja  jalan  seperti  pejalan  kaki,  angkutan umum, kendaraan lain berhenti, kendaraan lambat, kendaraan masuk dan keluar dari lahan di samping jalan.

Berdasarkan penelitian selama tiga hari derajat kejenuhan yang terjadi pada saat kondisi lalu lintas   rata-rata di jalan DR. Sutomo yaitu nilai (Q/C=0,68) dalam  hal  ini  maka  ruas  jalan  tersebut  masuk  dalam  karakteristik  tingkat pelayanan (Level Of Service/LOS) jalan “kategori C”. Arus stabil, kecepatan dikontrol oleh arus lalu-lintas, pengemudi dibatasi dalam   memilih kecepatan, nilai derajat kejenuhan (VC Ratio) sebesar 0,45-0,74.

                                                                                                

ABSTRACT

 

 

 

 

Samarinda city population growth from year to year recorded a significant increase. this led to urban traffic problems that must be addressed specifically. The results showed that the relationship between the amount of flow (pcu / h) with a velocity that occurs (km / h) speed is inversely proportional to the amount of traffic flow.

The existence of several problems that occurred on this road, as the capacity of the course that is not appropriate, which is characterized by environmental conditions and heavy vehicle volume, line of vehicles at the entrance or exit of the Road DR. Sutomo who are on the road, a lot of activity on the street side of the road that often lead to conflict, sometimes big impact on traffic flows which primarily affects the capacity and performance of the road such as pedestrians, public transport, another vehicle stopped, slow vehicles, vehicles in and out of the land next to the road.

Based on research over the three days the degree of saturation that occurs when traffic conditions on the road median DR. Sutomo the value of (Q / C = 0.68) in this  case  the  roads  are  covered  under  service  level  characteristics  (Level  Of Service / LOS) path "category C". Steady flow, the speed is controlled by traffic flow, drivers are limited in choosing the speed, the degree of saturation (VC Ratio) of 0.45 to 0.74.


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012