KAJIAN PERHITUNGAN DINDING PENAHAN TANAH PADA PEKERJAAN PENANGANAN LONGSORAN JALAN P. SURYANATA STA. 07+800 – STA. 07+880 SAMARINDA

AMIR MAHMUD

Abstract


           Dalam pengertian teknik secara umum, tanah didefinisikan sebagai material yang terdiri dari agregat (butiran) mineral-mineral padat yang tidak tersementasi  (terikat secara kimia) satu sama lain dan dari bahan-bahan organik yang melapuk  (yang berpartikel padat) disertai dengan zat cair dan gas yang mengisi ruang-ruang kosong  di antara partikel-partikel padat tersebut. Daya ikat (kohesi) tanah/batuan yang lemah sehingga butiran-butiran tanah/batuan dapat terlepas dari ikatannya dan bergerak ke bawah dengan menyeret butiran lainnya yang ada disekitarnya membentuk massa yang lebih besar penyebab terjadinya longsoran .

            Ruas jalan Suryanata adalah salah satu daerah yang mempunyai kondisi topografi yang bergelombang. Sehingga dibeberapa titik ruas jalan yang berada di lereng perbukitan mengalami longsoran. Pembangunan dinding penahan tanah (Retaining Wall) merupakan langkah lanjut yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi longsoran yang terjadi di ruas jalan tersebut. Dinding penahan tanah merupakan bangunan struktur yang di rancang tahan lama. Sehingga pada perencanan harus bener-benar dihitung dengan baik, agar tidak terjadi kesalahan dalam pembanguan yang mengakibatkan terjadinya musibah yang lebih parah akibat perhitungan perencanaan yang kurang maksimal dan kesalahan-kesalahan yang terjadi pada waktu pelaksanaan pembanguan.

            Dari hasil kajian perhitungan dapat disimpulkan bahwa, Stabilitas dinding penahan tanah aman terhadap guling, geser, akan tetapi diperlukan pondasi tiang pancang untuk memperkuat struktur dinding penahan tanah tersebut.


Keywords


longsor, dinding penahan tanah, kajian

Full Text:

doc

References


DAFTAR PUSTAKA

Bowles, J.E., 1982. Analisa dan Disain Pondasi. Jakarta : Erlangga

Dinas Bina Marga dan Pengairann., Hasil survey Sondir investigasi tanah

Hardiyatmo, H.C., 1992. Mekanika Tanah 1 & 2. Bandung. Jakarta : Gramedia

Hardiyatmo, H.C., 2011. Analisis dan Perancangan Fondasi II, Edisi Kedua Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Hardiyatmo, H.C., 2014. Analisis dan Perancangan Fondasi I, Edisi Ketiga Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Nakazawa Kazuto., Sosrodarsono Suryono., 2005. Mekanika Tanah & Teknik Pondasi. Jakarta : Pradnya Paramita

Soedarmo, G.D., Purnomo Edy, S.J., 1997. Mekanika Tanah 1 & 2. Yogyakarta : Kanisius


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012