ANALISIS WAKTU TEMPUH DAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN UMUM (TRAYEK A) DI KOTA SAMARINDA

PRATAMA BAGUS WIJANARKO

Abstract


Kebutuhan akan sarana transportasi dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan akibat semakin banyaknya kegiatan - kegiatan yang membutuhkan jasa transportasi sehingga bertambah pula intensitas pergerakan lalu lintas dalam kota maupun antar kota.

       Angkutan umum adalah salah satu moda transportasi yang ada di Indonesia, di Kota Samarinda angkutan umum  juga berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Banyak penduduk kota Samarinda menggunakan angkutan umum untuk transportasi mereka. Akibat kemacetan

         Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja angkutan umum trayek A di kota samarinda dari waktu tempuh, biaya operasional kendaraan dan kelayakan tarif angkutan. Dari biaya operasional yang diperoleh akan dianalisis lagi dengan data pendapatan pendapatan supir angkutan umum yang diperoleh dari hasil kuisoner untuk mengetahui kelayakan tarif.

                Maka hasil penelitian yang diperoleh adalah biaya operasional kendaraan (BOK) angkutan umum trayek A pergi melalui rute r1 – r11 dengan panjang ruas jalan = 8,711 kilometer adalah Rp. 44.570,- dan kembali melalui rute r1 - r11 dengan panjang ruas jalan = 9,411 kilometer adalah Rp. 50.474,- Perbandingan pendapatan bersih per bulan dari biaya operasional kendaraan (BOK) dengan upah umum regional (UMR) Rp. 3.291.360,-  ≥  Rp 2.156.889 dari hasil tersebut tarif untuk angkutan kota trayek A masih layak digunakan. 


Keywords


transportasi, biaya operasional kendaraan ,angkutan umum ,waktu tempuh perjalanan

Full Text:

doc

References


Aly, S.H., Selintung, M., Wunas, S., Sasmita, S.A., and Ramli, M.I., (2012), Running Vehicle Emission Factors of Vehicle Fleet in Samarinda, Indonesia. Proceeding of the 8th International Symposium on Lowland Technology.

Basir, Ekawati. Alkam, B.Rani. Studi Model Hubungan Kecepatan Perjalanan Dan Kecepatan Sesaat Di Jalan AP. Pettarani. Skripsi Sarjana Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Samarinda, 2011.

Hustim, M., and Fujimoto, K., (2012), Road Traffic Noise under Heterogeneous Traffic Condition in Samarinda City, Indonesia. Journal of Habitat Engineering and Design, Vol. 4, No. 1, pp. 109 – 118.

Manual Kapasitas Jalan Indonesia ( MKJI), 1997.

Priyanto, Duwi. 2008. Mandiri Belajar PCI Untuk Analisis Data dan Uji Statistik.MediaKom. Yogyakarta.

Tamin, Ofyar Z. 2000.Perencanaan dan Pemodelan Transportasi.Edisi ke dua.Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Undang-undang Republik Indonesia No.14 Tahun 1992 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Warpani, Suwardjoko P. 2002. Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.Institut Teknologi Bandung. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012