KAJIAN STRUKTUR PRECAST PRESTRESS JEMBATAN BETAPUS - BELIMAU SEMPAJA SELATAN KECAMATAN SAMARINDA UTARA

AMIRUL HAQ

Abstract


Jembatan Precast Prestress merupakan jembatan yang terbuat dari perpaduan antara Beton dan Baja Prategang yang sudah mengalami tegangan internal dengan besar (akibat stressing) dan distribusi sedemikian rupa sehingga dapat mengimbangi sampai batas tertentu tegangan yang terjadi akibat beban eksternal.

Desa Betapus Bayur termasuk kedalam salah satu kelurahan di kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kelurahan Sempaja Selatan berbatasan dengan wilayah Utara yaitu SempajaTimur, wilayah Selatan berbatasan dengan kelurahan Gunung Kelua Samarinda Ulu, wilayah Barat berbatasan dengan kelurahan Gunung Kelua Samarinda Ulu dan wilayah Timur berbatasan dengan Sungai Karang Mumus.

Analisa perhitungan jembatan precast prestress menggunakan peraturan RSNI T-02-2005 tentang pembebanan pada jembatan. Tinjauan perhitungan meliputi perhitungan tiang sandaran, trotoar, pelat injak, lantai kendaraan, PCI girder, abutment, wing wall, dan pondasi tiang pancang.                                                                                                                                                         Dari proses analisa diperoleh kesimpulan bahwa kebutuhan penulangan masing-masing elemen struktur berbeda-beda, kebutuhan tulangan mulai dari diameter 10mm, 12mm, 13mm, 16mm, 19mm, dan 22mm. Baja prategang yang digunakan pada PCI  girder adalah 7 wire super standar ASTM A-4 16 grade 270. Untuk pondasi tiang pancang digunakan diameter 50cm, kedalaman 24 meter dan 22 meter dalam keadaan End Bearing, serta dibutuhkan masing-masing 24 buah titik pancang.


Keywords


tiang sandaran, trotoar, plat injak, lantai kendaraan, PCI girder, abutment, wing wall, pondasi.

Full Text:

Doc

References


RSNI T-02-2005, Standar Pembebanan Untuk Jembatan, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta. Supryadi, Bambang dan Agus Setyo Muntohar, 2007, Jembatan, Beta Offset, Jogjakarta.

W. C. Vis dan Kusuma, Gideon, 1993, Grafik Tabel Perhitungan Beton, Erlanggan, Jakarta.

RSNI T-03-2005, Perencanaan Struktur Baja Untuk Jembatan, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.

W. C. Vis dan Kusuma, Gideon, 1993, Dasar Dasar Perencanaan Beton Bertulang, Erlanggan, Jakarta.

Manual Konstruksi dan Bangunan, 2011, Perencanaan Struktur Beton Pratekan Untuk Jembatan, Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

Noer, Ilham, Jembatan Tebing Rumbih Kalimantan Selatan, mnoerilham.blogspot.com (diakses tanggal 16 januari 2010)

RSNI T-04-2005, Perencanaan Struktur Beton Untuk Jembatan, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012