ANALISA PERBANDINGAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN MANUAL DESAIN PERKERASAN PADA RUAS JALAN MALINAU – MENSALONG
Abstract
Ruas jalan Malinau – Mensalong merupakan jalan provinsi yang menghubungkan beberapa daerah penting di Provinsi Kalimantan Utara. Di 2018 ini ruas jalan tersebut sedang dalam proses perbaikan dikarenakan banyaknya kerusakan pada badan jalan di ruas jalan tersebut, seperti banyaknya bagian aspal – aspal yang sudah terkelupas dan juga berlubang yang membuat pengguna kendaraan bermotor merasa tidak nyaman.
Dalam penelitian ini akan dilakukan perbandingan perencanaan tebal perkerasan menggunakan Metode Bina Marga tahun 2013 dengan Manual Desain Perkerasan Jalan Tahun 2013. Dalam penelitian ini, konstruksi jalan di rencanankan menggunakan perkerasan lentur (flexible pavement)
Dari hasil perbandingan metode di dapat tebal perkerasan masing – masing. Untuk metode Bina Marga 2013 didapat tebal AC-WC sebesar 14 cm, AC-BC sebesar 7,5 cm, LPA sebesar 10 cm, LPB sebesar 20 cm, sedangkan metode Manual Desain Perkerasan didapat tebal AC-WC sebesar 4 cm, AC-BC sebesar 13,5 cm, CTB sebesar 15 cm, LPA sebesar 15 cm
Keywords
Full Text:
docReferences
Hendarsin, Shirley L., 2000. Penuntun Praktis Perencanaan Teknis Jalan Raya, Cetakan Pertama. Penerbit Poli teknik Negeri Bandung Jurusan Teknik Sipil. Bandung.
Sukirman, S.,1999. Perkerasan Lentur Jalan Lentur. Penerbit Nova Bandung
Peraturan Pemerintah RI No.34, 2006. Tentang Jalan.
Departemen Pekerjaan Umum. 1987. Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen. SKBI-2.3.26.1987. Jakarta: De partemen Pekerjaan Umum.
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 19/Prt/M/2011. Tentang Per syaratan Teknis Jalan Dan Kriteria Per encanaan Teknis Jalan
Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, 2013. Manual Desain Perkerasan Jalan. Nomor 02/M/BM/2013
Tenriajeng, A, T., Rekaysa Jalan Raya – 2., Penerbit Gunadarma
American Association of State Highway and Transportation Officials, (1993). AASHTO Guide for Design of Pavement Structures 1993. Wash ington, DC: AASHTO.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012