ANALISA PERBANDINGAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN MANUAL DESAIN PERKERASAN PADA RUAS JALAN MALINAU – MENSALONG

DEM YADI

Abstract


Ruas jalan Malinau – Mensalong merupakan jalan provinsi yang menghubungkan beberapa daerah penting di Provinsi Kalimantan Utara. Di 2018 ini ruas jalan tersebut sedang dalam proses perbaikan dikarenakan banyaknya kerusakan pada badan jalan di ruas jalan tersebut, seperti banyaknya bagian aspal – aspal yang sudah terkelupas dan juga berlubang yang membuat pengguna kendaraan bermotor merasa tidak nyaman.

Dalam penelitian ini akan dilakukan perbandingan perencanaan tebal perkerasan menggunakan Metode Bina Marga tahun 2013 dengan Manual Desain Perkerasan Jalan Tahun 2013. Dalam penelitian ini, konstruksi jalan di rencanankan menggunakan perkerasan lentur (flexible pavement)

Dari hasil perbandingan metode di dapat tebal perkerasan masing – masing. Untuk metode Bina Marga 2013 didapat tebal AC-WC sebesar 14 cm, AC-BC sebesar 7,5 cm, LPA sebesar 10 cm, LPB sebesar 20 cm, sedangkan metode Manual Desain Perkerasan didapat tebal AC-WC sebesar 4 cm, AC-BC sebesar 13,5 cm, CTB sebesar 15 cm, LPA sebesar 15 cm


Keywords


Metode Bina Marga 2013, Metode Manual Desain Perkerasan 2013, Perkerasan Lentur (Flexible Pavement), Tebal Perkerasan

Full Text:

doc

References


Hendarsin, Shirley L., 2000. Penuntun Praktis Perencanaan Teknis Jalan Raya, Cetakan Pertama. Penerbit Poli teknik Negeri Bandung Jurusan Teknik Sipil. Bandung.

Sukirman, S.,1999. Perkerasan Lentur Jalan Lentur. Penerbit Nova Bandung

Peraturan Pemerintah RI No.34, 2006. Tentang Jalan.

Departemen Pekerjaan Umum. 1987. Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen. SKBI-2.3.26.1987. Jakarta: De partemen Pekerjaan Umum.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 19/Prt/M/2011. Tentang Per syaratan Teknis Jalan Dan Kriteria Per encanaan Teknis Jalan

Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, 2013. Manual Desain Perkerasan Jalan. Nomor 02/M/BM/2013

Tenriajeng, A, T., Rekaysa Jalan Raya – 2., Penerbit Gunadarma

American Association of State Highway and Transportation Officials, (1993). AASHTO Guide for Design of Pavement Structures 1993. Wash ington, DC: AASHTO.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012