PERANCANGAN GEDUNG KONI KABUPATEN KUTAI TIMUR DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO-VERNACULAR

RESTA CITRA TRESNA DEKA

Abstract


KONI adalah singkatan dari Komite Nasional Olaharaga Indonesia. Kantor KONI yang terdapat di Sangatta masih menggunakan kantor pinjaman di komplek gedung Stadion Utama Sangatta. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu merancang desain gedung KONI Kabupaten Kutai Timur agar dapat mewadahi kegiatan organisasi olahraga dengan konsep arsitektur Neo-Vernacular. Dengan rumusan masalah yaitu bagaimana merancang gedung KONI di Sangatta agar dapat mewadahi kegiatan keorganisasian olahraga yang dibatasi permasalahan berupa bentuk dan tampilan bangunan yang berkonsep arsitektur Neo-Vernacular.

 

Maka dari itu, perlu adanya gedung baru KONI di Sangatta yang dapat mewadahi Keorganisasian Olahraga Nasional Indonesia dengan konsep arsitektur Neo-Vernacular dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data primer dan data sekunder, untuk metode analisa yang dilakukan adalah analisa pelaku dan aktivitas, identifikasi lokasi, analisa tapak, analisa struktur, analisa utilitas, dan analisa bentuk. Sedangkan untuk metode konsep yang diterapkan adalah arsitektur Neo-Vernacular. Neo-Vernacular merupakan bentuk-bentuk arsitektur yang menerapakan unsur-unsur budaya stempat, baik ornamen bentuk denah, dan lain-lain.

 

Pada hasil pembahasan yaitu analisa luas KDB 3821,2 M² dan KDH 5.731,8 M². Untuk Konsep perancangan Gedung KONI diterapkan tema arsitektur Neo-Vernacular yaitu mengambil sebagian bentuk arsitektur budaya Kalimantan Timur yaitu rumah adat Lamin, seperti bantuk bangunan panggung, bentuk denah persegi panjang, betuk atap, serta ornamen dayak.


Keywords


Gedung KONI Kabupaten Kutai Timur; Arsitektur Neo Vernacular, rumah adat Lamin

Full Text:

doc

References


Sunarto Tjhaladi; editor, Purnomo, Wahyu Indarto. (1996). Data Arsitek jilid 1. (Alih Bahasa),(Cetakan Pertama). Jakarta: Erlangga.

Sunarto Tjhaladi; Ferryanto, Chaidir; editor, Wibi Hardani Wahyu Indarto (Ed). (2002). Data Arsitek jilid 2. (Alih Bahasa),(Cetakan Kedua). Jakarta: Erlangga.

Dwi Tanggoro, Kuntjoro Sukardi, A.Sadili S. (2005). Struktur Bangunan Tinggi dan Bentang Lebar. Jakarta: Universitas Indonesia.

Prof.Ir. Eddy Darmawan, M.T., Maria Rosita M, S.T. (2016). Konsep Perancangan Arsitektur. Jakarta: Erlangga.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 14/PRT/M/2017

Profil KONI, tahun 2018

Profil Sangatta, tahun 2018

Profil KONIKALTIM, tahun 2019

Idham, Noor, Cholis. (2012). Merancang Bangunan Gedung Bertingkat Rendah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ching, D, K, Francis. (2008). Bentuk, Ruang, dan Tatanan. (edisi ketiga). Jakarta: Erlangga

Sumalyo, Yulianto. (2005). Arsitektur Modern Akhir Abad XIX dan Abad XX. (edisi kedua). Yogyakarta: Gajah Mada University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012