ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG DOMESTIK TERHADAP FASILITAS RUANG TUNGGU TERMINAL BANDAR UDARA APT PRANOTO SAMARINDA

OKKY RYON

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) profil konsumen yang menggunakan fasilitas ruang tunggu internal, terminal Bandara APT Pranoto Samarinda; dan 2) Tingkat kepuasan konsumen setelah menggunakan fasilitas ruang tunggu internal, terminal Bandara APT Pranoto Samarinda; 3) Perbedaan tingkat kepuasan konsumen setelah menggunakan fasilitas terminal, Bandara APT Pranoto ditinjau dari aspek usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan terakhir dan status pekerjaan.

Penelitian ini menggunakan Analisis Persentase dengan pengukuran Skala Likert untuk penyelesaian masalah pertama, Analisis Indeks Kepuasan Pelanggan dengan pengukuran Skala Likert untuk menyelesaikan permasalahan kedua dan Analisis Chi-Square dengan pengukuran Skala Likert untuk menyelesaikan permasalahan ketiga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 200 sampel yang diperoleh dengan cara Purposive Sampling.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) karakteristik atau profil konsumen yang menggunakan fasilitas ruang tunggu internal, Bandara APT Pranoto sebagian besar berjenis kelamin Pria, berusia antara 17-28 tahun, pendidikan terakhir SMU/STM, status pekerjaan adalah pelajar dan mahasiswa.  2) pendapat konsumen terhadap fasilitas ruang tunggu terminal Bandara APT Pranoto, menyatakan bahwa sebagian besar konsumen merasa tidak puas yaitu 27% responden merasa “sangat puas”, 7% responden merasa “puas”, serta 66% responden merasa “tidak puas”; dan 3) ada perbedaan tingkat kepuasan konsumen terhadap fasilitas ruang tunggu internal, terminal Bandara APT Pranoto berdasarkan aspek golongan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan terakhir dan status pekerjaan.( F=100 ; p £ 0,05)


Keywords


Customer Satisfaction Index (CSI), Analisi IPA, Vasiliditas dan Reabilitas

Full Text:

doc

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara.

Gulo, W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. Hadi, Sutrisno. 1991. Analisis Butir Untuk Instrumen. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.

Hadi, Sutrisno. 2000. Statistik. Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Hadari Nawawi.1990. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kottler, Philip. 1994. Manajemen Pemasaran. Jakarta: CV. Intermedia. Kottler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Prenhallindo, jakarta.

Kottler, Philip dan Armstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran,edisi 8. Jakarta: Erlangga.

Peter, J. Paul, Jerry C. Olson. 2000. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.

Edisi keempat,jilid 2, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Supranto, J. 2000. Statistik Teori dan Aplikasi, edisi ke enam. Jakarta: Erlangga Tjiptono, Fandy. 1995. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Ofset.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Ofset Tjiptono, Fandy. 2000. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Ofset.

Umar, Husein. 2003. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Cetakan Pertama.

Jakarta: Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012