ANALISIS MODEL TARIKAN PERJALANAN MASYARAKAT DI KAWASAN KECAMATAN LOA JANAN ILI KOTA SAMARINDA

SUJARMIKO SUJARMIKO

Abstract


Banyaknya aktifitas berbelanja di pasar di kawasan Kota Samarinda, Khususnya aktifitas berbelanja di Pasar loa janan dan Pasar harapan baru mempunyai pengaruh yang besar terhadap banyaknya tarikan perjalanan di area ini. Dengan berdirinya Pasar loa janan dan pasar harapan baru tersebut di kawasan perdagangan kecamatan loa janan ilir kota samarinda, maka akan menimbulkan tarikan pergerakan lalu lintas pada jalan yang ada disekitar pasar tersebut. Pasar loa janan dan Pasar harapan ini sebagai tempat akumulasi masa dimana terjadinya transaksi jual beli berbagai kebutuhan sehari-hari yang dapat menarik pengunjung sehingga mengakibatkan keramaian yang tidak teratur inilah yang menyebabkan tarikan perjalanannya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis model tarikan perjalanan menuju pasar loa janan dan harapan baru dengan metode analisa regresi linier berganda, mengidentifikasi karakteristik perjalanan masyarakat ke kawasan perdagangan kecamatan loa janan ilir kota Samarinda dan mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang berpengaruhi tarikan perjalanan masyarakat ke kawasan perdagangan kecamatan loa janan ilir kota samarinda.

Pengambilan data primer pada penelitian ini dilakukan secara random sampling dengan cara membagikan kuisioner kepada pengunjung pasar, sedangkan data sekunder diperoleh peta lokasi survey dan data yang didapat dari pasar, metode analisis yang digunakan adalah metode analisis linear berganda dengan jumlah tarikan perjalanan masyarakat total sebagai variabel terikat, sedangkan variabel bebasnya adalah jumlah berkunjung, jarak tempuh, waktu tempuh, maksud tujuan kepasar, penghasilan perbulan, ketersediaan tempat parkir.

Dari hasil analisis diperoleh model terbaik tarikan perjalanan kawasan perdagangan Kecamatan Sungai Pinang Dalam kota Samarinda yaitu Y = -0.137 + 0.234 (X10). Analisis juga dilakukan pada setiap pasar sehingga diperoleh model pada Pasar Harapan Baru Y = + 0.386 (X1), pada Pasar Loa Janan Y = + 0.276 (X4) + 0.634 (X10). faktor-faktor apa saja yang berpengaruhi tarikan perjalanan masyarakat ke kawasan perdagangan kecamatan loa janan ilir kota samarinda adalah Ketersediaan Tempat Parkir (X10).


Keywords


model tarikan, kawasan perdagangan.

Full Text:

doc

References


Abbas, Salim. 2000. Manajemen Transportasi. Cetakan Pertama. Edisi Kedua. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Black, 1981. Urban transport Planning. Croom Helm, London

Jonathan Sarwono, 2006. Metodologi Penelitian kuantitatif, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Junawan, 2019. Analisis tarikan perjalanan masyarakat di kawasan kecamatan sungai pinang dalam kota samarinda, universitas 17 agustus 1945, samarinda

Miro. F. 2005. Perencanan Transportasi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Morlok, E.K. 1998. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi (terjemahan John K Naimin). Jakarta : Erlangga

Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, M. Budiantara, 2017. Dasar – dasar Statistik Penelitian, Universitas Mercu Buana, Yogyakarta.

Ortuzar, J. de D. dan LG Wilhumsen, 1990. Modelling Transport, John Wiley and Sons, Sussex, Inggris.

Rita,Rulina, 2005. Model Tarikan Perjalanan Pada Pasar Tradisional, Medan, Universitas Sumatera Utara

Singgih Santoso, 2018. Menguasai Statistik Dengan SPSS 25, Gramedia, Jakarta.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung.

Tamin, O.Z. 1997. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Penerbit ITB, Bandung.

Tamin, O.Z. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Uun Niatika, 2018. Analisis Model Tarikan Perjalanan Masyarakat Ke Kawasan Perdagangan/Perbelanjaan Kota Bandar Lampung, Bandar Lampung, Universitas Lampung.

Yuliani, 2004. Analisis Model Tarikan Perjalanan Pada Kawasan Pendidikan Di Cengklik Surakarta, Surakarta, Universitas Sebelas Maret


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012