PERLINDUNGAN TERHADAP PENGGUNA LAYANAN JASA INDIHOME PADA PT. TELKOM Tbk CABANG SAMARINDA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Wahyu Surya Susanto Erman

Abstract


ABSTRAK

IndiHome adalah produk layanan dari PT. Telkom Tbk Cabang Samarinda dimana pada layanan tersebut akses Internet, TV dan lain-lain. Salah satu wilayah kerja PT. Telkom yaitu kota Samarinda. Kenyataan dilapangan masih banyak keluhan yang terjadi pada layanan IndiHome terutama pada kenyamanan dan kecepatan pada telekomunikasi pada layanan IndiHome. Maka diperlukan perlindungan terhadap pengguna layanan jasa Indihome agar konsumen mendapatkan pelayanan jasa secara maksimal. Perlindungan konsumen diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, Undang-Undang tersebut merupakan payung yang menintegrasikan dan memperkuat penegakan hukum dalam bidang perlindungan konsumen

Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif dengan menggunakan analisis data kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi lapangan berupa wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan. Analisis data kualitatif dilakukan dengan model interaktif terhadap sumber data : reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi yang saling terkait

Berdasarkan hasil penelitian maka di ketahui pihak PT. Telkom dalam memberikan pelayanan kepada konsumennya secara maksimal. Pelayanan –pelayanan yang berikan pada pihak PT. Telkom bertujuan agar mendapatkan hak-haknya sebagaimana diatur dalam Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang  Perlindungan Konsumen. Berkaitan dengan Pasal 4 Undang-Undang Perlindungan Konsumen mengenai hak-hak konsumen, pelaku usaha layanan IndiHome telah memenuhi hak tersebut. Upaya penyelesaian sengketa atara pihak PT. Telkon dengan konsumen Pengguna layanan IndiHome adalah melalui

musyawarah, apabila tidak tercapai maka konsumen dapat menggugat melalui pengadilan. Pengaturan upaya penyelesaian sengketa ini bertujuan untuk memberikan perlindungan hukum kepada konsumen.

Kata kunci : Perlindungan Hukum, Perlindungan Konsumen, Pengguna Indihome


References


DAFTAR PUSTAKA

A. BUKU BACAAN

Abdulkadir Muhamad, 2004,Hukum dan Penelitian, PT. Citra Aditya Bhakti, Bandung.

Abdul Halim Barkatullah, 2010, Hak-Hak Konsumen, Nusa Media, Bandung

Adrian Sutedi, 2008, Tanggung Jawab Produk Dalam Perlindungan Konsumen, Ghalia Indonesia, Bogor

Ahmadi Miru dan SutarmanYodo, 2014, Hukum Perlindungan Konsumen, RajawaliPers, Jakarta.

Az. Nasution, 2011, Hukum Perlindungan Konsumen Suatu Pengantar, Daya Widya, Jakarta

Celina Tri Siwi Kritiyanti, 2008, Hukum Perlindungan Konsumen, Sinar Grafika, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 DEDIKASI JURNAL MAHASISWA



Contact person :

Amin Slamet

Faculty of Law. 17 August 1945 University of Samarinda
Jl.Ir.H.Juanda, No.80. Samarinda. East Kalimantan. Indonesia

Email : journalofl@gmail.com

Telp: 0541-743390

Lisensi Creative Commons
Journal of Law is licensed below Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.