ANALISIS PROSEDUR PENATAAN ARSIP DALAM MEMUDAHKAN PENCARIAN ARSIP BAGIAN UMUM UPT PENYULUH PERTANIAN PETERNAKAN DAN PERKEBUNAN (PPPP) KECAMATAN MUARA WAHAU

Rini Anggriani

Abstract


RINI ANGGRIANI. Judul Skripsi :Analisis  Prosedur Penataan Dalam Memudahkan Pencarian Arsip Di Bagian UmumUPT Penyuluh Pertanian Peternakan Dan Perkebunan (PPPP) Kecamatan Muara Wahau. Ibu Dra. Hj. Nanik Pujiastuti, M.Si selaku Pembimbing I, sedangkan Bapak Drs. Damai Darmadi, M.Si selaku pembimbing II.    

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur penataan arsip dalam memudahkan pencarian arsip, dan untuk mengetahui prosedur penataan arsip yang dikategorikan baik dan benar.

Metode penelitian yang penulis gunakan adalah jenis data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis menganalisis data secara deskriptif, yaitu mendiskripsikan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya.

Prosedur penataan arsip meliputi : penerimaan surat masuk, pengurusan surat keluar, pencatat surat, pengendali surat, dan penyimpanan. Kendala yang dihadapi dalam prosedur penataan arsip dalam memudahkan pencarian arsip adalah terkadang petugas arsip kurang teliti dalam penyimpanan arsip sehingga arsip yang telah lama disimpan susah untuk ditemukan kembali.

Berdasarkan pembahasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem kearsipan Di Bagian UmumUPT Penyuluh Pertanian Peternakan Dan Perkebunan (PPPP) Kecamatan Muara Wahau sebagian besar sudah sesuai dengan teori yang ada. Penataan arsip yang baik dapat memudahkan kegiatan perkantoran dan tentunya dalam memudahkan pencarian arsip. Saran yang diberikan penulis adalah : dalam proses penyimpanan sebaiknya menggunakan perangkat lunak pada komputer yang lebih canggih, dan petugas arsip lebih teliti dalam melakukan penyimpanan arsip.


Keywords


Prosedur Penataan Dalam Memudahkan Pencarian Arsip

Full Text:

doc

References


Abubakar, Hadi. 1997. Cara-Cara Pengolahan Kearsipan yang Praktis dan Efisien. Jakarta : Djambatan.

Amsyah, Zulkifli. 2005. Manajemen Kearsipan. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Mulyono Sularso. (2003). Manajemen Kearsipan. Semarang : UNNES.

Mulyono, Sularso, dkk. 2011. Manajemen Kearsipan. Semarang : Unnes Press. Mulyono, Sularso. 2012. Manajemen Kearsipan. Semarang : Unnes Press.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Alfabeta. ________. 2009. Memahami Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta : Rineka Cipta.

________. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta : Rineka C


Refbacks

  • There are currently no refbacks.