ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR NOTARIS NIA NUSWANTARI, SH, M.KN
Abstract
Ike Putri Lestari, 2018, Analisis Kualitas Pelayanan pada Kantor Notaris Nia Nuswantari, SH., M.Kn, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, Bimbingan Bapak Dr. H. Mugni Baharuddin, M. Hum dan Bapak Drs. H. Maskan, M. Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kualitas pelayanan pada Kantor Notaris Nia Nuswantari, SH, M.Kn, (2) faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan pada Kantor Notaris Nia Nuswantari, SH, M.Kn.
Metode penelitian ini adalah penelitan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah suatu pendekatan yang juga disebut pendekatan investigasi karena biasanya peneliti mengumpulkan data dengan cara bertatap muka langsung dan berinteraksi dengan orang-orang di tempat penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi partisipan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kualitas pelayanan pada Kantor Notaris Nia Nuswantari, SH., M.Kn sudah mencerminkan Transparan, Akuntabilitas, Kesamaan Hak serta Keseimbangan Hak dan Kewajiban. Namun ada yang belum berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat, yaitu Kondisional. Hal tersebut dikarenakan berkas yang berjalan belum dapat selesai dengan waktu yang telah diperkirakan. (2) Faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan pada Kantor Notaris Nia Nuswantari, SH., M.Kn antara lain adalah sikap penyelenggara dalam memberikan layanan, keterbukaan informasi mengenai biaya yang akan dibayar oleh pengguna layanan serta kemudahan pengguna layanan dalam mengetahui prosedur-prosedur dalam proses pelayanan.
Keywords
Full Text:
DocReferences
Achmadi dan Narbuko. 2009. Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Anselm, Strauss dan Juliet Corbin. 2003. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bahri. 2008. Konsep dan Definisi Konseptual. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Emir. 2010. Metodelogi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Fandy, Tjiptono. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Hamidi. 2007. Metodelogi Penelitian dan Teori Komunikasi.Malang: UMM.
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gaya Media.
J. Moleong, Lexy. 2000. Matode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maddy, Khairul. 2009. Hakikat dan Pengertian Pelayanan Prima. Jakarta: Charma Digit.
Moenir, A.S. 2010.Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hartati Sulihandari, Nisya Rifani, 2013. Prinsip-prinsip Dasar Profesi Notaris. Jakarta: Dunia Cerdas.
J, Supranto. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan : Untuk menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Moenir. 2005. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Philip Kotler dan Armstrong. 2003. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi kesembilan, Jilid 1. New Jersey : Prentice Hall, Inc.
Sanapah Azis. 2000. Pelayanan yang Berorientasi Kepada Kepuasan Masyarakat.Jurnal Administrasi Negara. Vol 6.Nomor 1
Sinambela, Litjan Poltak, dkk. 2011. Reformasi Pelayanan Publik : Teori, Kebijakan dan Implementeasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Singarimbun, Masri & Effendi Sofian.2009.Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.
Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Suhartono, Suparlan. 2000. Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jakarta : Ar-Ruzz
Suyanto.2005. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana Prenada.
Tan Thong Kie.2007. Studi Notariat Beberapa Mata Pelajaran dan Serba Serbi Praktek Notaris, PT. Ichtiar Baru Van Hoeve.
Refbacks
- There are currently no refbacks.