PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI PADA KANTOR BADAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN MAHAKAM ULU

Markus Ubung

Abstract


Markus Ubung.  Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Pada Kantor Badan  Pendapatan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Motivasi Kerja mempunyai pengaruh yang positif terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Pada Kantor Badan   Pendapatan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel Motivasi Kerja dengan variabel Kualitas Pelayanan Pegawai Pada Kantor Badan  Pendapatan Daerah Kabupaten Mahakam Ulu.  Hal ini dapat diketahui dari hasil uji statistik dimana koefisien korelasi (r) adalah sebesar 0,542 yang berarti terdapat hubungan yang sedang diantara kedua variabel.

Sementara itu hasil uji t (t-test) menunjukkan bahwa t empiris yang dihasilkan adalah sebesar  3,817.  Hasil ini jika dibandingkan dengan tabel harga-harga kritis t untuk n – 2 adalah 1,690.  Ini berarti terdapat pengaruh yg signifikan antara variabel Motivasi Kerja terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai.  Dengan demikian maka dapat dikatakan pula bahwa tujuan penelitian ini dapat tercapai, permasalahan dapat terpecahkan dan hipotesis dapat dibuktikan.

 


Keywords


Motivasi Kerja, Kualitas Pelayanan

Full Text:

doc

References


Al Rasyid, Harun, (Penyunting : Teguh Kismantoroadji, dkk). 2003. Dasar-Dasar Statistika Terapan, Program Pascasarjana, Unpad : Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek), Jakarta : Rineka Cipta.

Arep Ishak dan Tanjung Hendri. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

As’ad, Mohohammad. 2003. Psikologi Industri, Yogyakarta : Liberty.

Davis, Keith dan John W. Newstroom. 1996. Perilaku Dalam Organisasi, Jilid 1 dan 2, Penerjemah Agus Dharma. Jakarta : Erlangga.

Garna, Judistira K. 2000, Metode Penelitian Sosial : Penelitian Dalam Ilmu Pemerintahan, Bandung : Primako Akademika.

Gaspersz, Vincent. 2001. Total Quality Management (TQM), Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Gibson, et.al, Nunuk (Penterjemah). 1996. Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses, Jakarta : Bina Aksara.

Gibson, et.al, 2000. Organization and Management, New York : Mc Graw-Hill.

Gibson, et.al, Wahid, Djoerban (Penterjemah). 2001. Organisasi dan Manajemen, Perilaku Struktur Proses, Jakarta : Erlangga.

Gomes, Faustino Cardoso. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Andi.

Hasibuan, SP. Melayu. 2000. Organisasi dan Motivasi, Dasar Peningkatan Produktivitas, Jakarta : Bumi Aksara.

Hersey, Paul, Blanchard, K, Dharma Agus (Penterjemah). 20015. Manajemen Perilaku Organisasi : Pendayagunaan Sumber Daya Manusia, Jakarta : Erlangga.

Kenan, Kate, Dean Praty (Penterjemah). 2001. Pedoman Manajemen Pemotivasian, Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.

Kerlinger, Fred N dan Elazar J. Pedhazur. 2002. Korelasi dan Analisis Regresi Ganda, Yogyakarta : Nur Cahaya.

Lukman, Sampara. 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan, Jakarta : STIA-LAN Press.

McClelland, David C, Siswo Suyanto, Wihelminus, W. Bakowatun, (Penterjemah). 2000. Memacu Masyarakat Berprestasi : Mempercepat Laju Pertumbuhan Ekonomi Melalui Peningkatan Motif Berprestasi, Jakarta : Intermedia.

Moekijat. 2002. Dasar-Dasar Motivasi, Bandung : Pionir Jaya.

Moenir , H.A.S. 2002. Manajemen Pelayanan Umum, Jakarta : Bumi Aksara.

Nasution, M.N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Nazir, Muhammad. 2001. Metode Penelitian, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Nawawi, Hadari. 2002. Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta : UGM

Ndraha, Taliziduhu. 2000. Metodologi Ilmu Pemerintahan, Jakarta : Rineka Cipta.

Ndraha, Taliziduhu, 2002. Budaya Organisasi, Jakarta : Rineka Cipta.

Ndraha, Taliziduhu, 2002. Teori Budaya Organisasi, Jakarta : BKU Ilmu Pemerintahan Kerjasama IIP-Unpad.

Ndraha, Taliziduhu, 2000. Ilmu Pemerintahan (kybernology), Rineka Cipta, Jakarta.

Ndraha, Taliziduhu, 2003. Kybernology (ilmu Pemerintahan Baru), Jilid 1 dan 2, Rineka Cipta, Jakarta.

Osborne, David dan Ted Gaebler, 2004. Mewirausahakan Birokrasi, Penerjemah Abdul Rasyid, Pustaka Binaman Presindo, Jakarta.

Pareek, Udai. 2000. Perilaku Organisasi : Pedoman Kearah Pemahaman Proses Komunikasi Antar Pribadi dan Motivasi Kerja, Jakarta : Pustaka Binaman Pressindo.

Rasyid, M. Ryaas. 2001. Kajian Awal Birokrasi Pemerintahan dan Politik Orde Baru, Jakarta : Yarsif Watampone.

Rasyid, M. Ryaas. 2000. Makna Pemerintahan, Jakarta : Yarsif Watampone.

Robbins, P Stephen, Handyana Pujaatmaka (Penterjemah). 2001. Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jakarta : PT. Prenhallindo.

Sarundajang, S.H. 2003. Birokrasi Dalam Otonomi Daerah, Jakarta : Pustaka Sinar Jaya.

Scott, Williams. G. 2000. Organizing Theory A Behavioral Analysis for Management, Illinois : Richard D. Irwin Inc.

Sedarmayanti. 2000. Tata Kerja Dan Produktivitas Kerja (Suatu Tinjauan dari Aspek Ergonomo Atau Kaitan Antara Manusia Dengan Lingkungan Kerja), Bandung : CV.Mandar Maju.

Siagian, Sondang P. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi, Jakarta : Bumi Aksara.

Siagian, Sondang P. 2003. Teori Motivasi dan Aplikasinya, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Siagian, Sondang P. 2001. Manajemen Strategik, Jakarta : Bina Aksara.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendy (ed). 1989. Jakarta : LP3ES.

Soeprihanto, John. 2004. Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan dan Pengembangan Karyawan, Yogyakarta : BPFE UGM.

Steers, Richard M, Yamin, Magdalena. 2000. Efektivitas Organisasi, Jakarta : Erlangga.

Stoner, James A.F., Freeman, Edward R., Gilbert, Jr, Sindoro, Alexander (Penterjemah). 1996. Manajemen Jilid II, Jakarta : PT. Prenhallindo.

Supranto, J. 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Jakarta : Rineka Cipta.

Thoha, Miftah. 2003. Perspektif Perilaku Birokrasi, Jakarta : Rajawali.

Thoha, Miftah. 2002. Perilaku Organisasi-Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.

Triguno, 2001. Budaya Kerja, Meningkatkan Lingkungan yang Kondusif untuk Meningkatkan Produktifitas Kerja, Jakarta : Golden Terayon Press.

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa, Yogyakarta : Andi.

Vredenbregt, J. 2001. Metode dan Teknik Penelitian Masyarakat, Jakarta : PT. Gramedia.

Winardi, J. 2002. Motivasi Dan Pemotivasian Dalam Manajemen, Jakarta : Rajawali Press.

Winardi, J. 2000. Kepemimpinan Dalam Manajemen, Jakarta : Rineka Cipta.

Zainun, Bukhari. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT. Toko Gunung Agung.

Al Rasyid, Harun. 2002. Hand Out Research , Bahan Kuliah Statistik Sosial Semester II, Bandung : Kerjasama IIP-Unpad.

Ndraha, Taliziduhu. 2002. Sekilas Ilmu Pemerintahan, Jakarta : BKU Ilmu Pemerintahan Kerjasama IIP-Unpad.

Ndraha, Taliziduhu. 2002. Budaya Pemerintahan dan Dampaknya Terhadap Pelayanan Kepada Masyarakat, Jurnal Ilmu Pemerintahan Edisi Ketiga, Jakarta : MIPI.

Pamudji, S. 2002. Profesionalisme Aparatur Negara Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Publik, Jakarta Widyapraja, No. 19 Tahun III.

Rasyid, M. Ryaas. 2000. Kualitas Profesional Pamong Praja yang Responsif Terhadap Globalisasi, Makalah Seminar Kepemimpinan Pamong Praja, 20 Maret 1997. Jakarta : IIP.

Saefullah, A. Djadja. 2003. Konsep dan Metode Pelayanan Umum yang Baik, Dalam Jurnal Publik Volume Nomor 1, Bandung : UNPAD.

Buku Statistik Dalam Angka Halmahera Barat Tahun 2005.

Surat Kabar Warta Kota, tanggal 23-12-2006, Jakarta : Halaman 9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.