Strategi Manajemen Sampah Guna Meningkatkan Kebersihan Lingkungan dan Kesehatan Kota Mojokerto

Fajar Purwanto, Elok Cahyaning Pratiwi, Dadang Purwo Ariwidodo, dkk

Abstract


Sampah merupakan permasalahan lingkungan dan masyarakat perkotaan yang hingga kini belum ada solusinya. Terbatasnya Tempat Pembuangan Sampah (TPA) di Kota Mojokerto, memberikan permasalahan sampah ini semakin kompleks. Bank sampah menjadi salah satu alternatif dalam strategi pengelolaan sampah. Bank sampah merupakan salah satu program yang dapat mengubah pola pandangan masyarakat terhadap pengelolaan sampah. Program pengabdian kepada masyarakat ini bermitra dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Mojokerto dan Bank Sampah Induk (BSI) Kota Mojokerto, dimana terdapat sekitar 60 Ibu rumah tangga dibawah Bank Sampah Induk (BSI) tersebut. Beberapa permasalahan yang ada pada mitra antara lain : Mitra memiliki permasalahan pokok seperti kurang pengetahuan tentang bahayanya sampah & pengelolaan/ pemilahan sampah dan tidak adanya pengetahuan tentang bank sampah, cara kerja, serta menghasilkan pendapatan hanya dengan memilah dan menyetor kepada bank sampah. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan tentang strategi pengelolaan sampah. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah presentasi dan diskusi tanya jawab secara langsung. Kegiatan berlangsung pada Minggu, 4 Juni 2023 di Aula Dinas Lingkungan Hidup Kota Mojokerto dengan temuan yang menunjukkan bahwa pengelola sampah belum mengetahui bahaya dalam pengelolaan sampah apabila tidak di lakukan dengan benar. Dengan demikian perlunya kegiatan pengabdian masyarakat lanjutan berupa pelatihan produksi membuat produk daur ulang agar kesehatan di wilayah Kota Mojokerto tetap terjaga dan manfaat ekonominya dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar.


Keywords


ekonomi; kesehatan; penyuluhan; sampah rumah tangga

Full Text:

PDF

References


Iskandar, A. A. (2018). PENTINGNYA MEMELIHARA KEBERSIHAN DAN KEAMANAN LINGKUNGAN SECARA PARTISIPATIF DEMI MENINGKATKAN GOTONG ROYONG DAN KUALITAS HIDUP WARGA. Jurnal Ilmiah Pena, 1(1), 79–84.

Mahadewi, K. A. W. K. J. (2023). Edukasi Kebersihan Lingkungan dan Mengelola Sampah Menjadi Barang Ekonomis Bersama Ecobali Recycling Di Desa Biung Kabupaten Tabanan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 6(1), 14–21.

Peraturan Pemerintah RI. (2008). Undang - Undang Republik Indonesia No 18 Tahun 2008. Pengelolaan Sampah.

Permatasari, B. I., & Meirinawati. (2017). Manajemen Strategi Pengelolaan Sampah Di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro. Publika, 5(6), 1–8.

Sari, D. R., & Meirinawati. (2019). Manajemen Strategi Pengolahan Sampah Menjadi Biogas Di Kelurahan Kedundung Magersari Kota Mojokerto. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 7(1), 1–7.

Sejati, K. (2009). Pengelolaan Sampah Terpadu (1 (ed.)). Kanisius.

Slamet, J. S. (1994). Kesehatan Lingkungan. Gajah Mada University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pengabdian Masyarakat Lamin