PENGARUH METODE STORYTELLING TERHADAP KECERDASAN MORAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL-AZHAR SYIFA BUDI SAMARINDA
Abstract
Keywords
References
Abidin R. Fajar. Pitoewas, Berchah. Adha, M. Mona. (2015). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi, Vol 3, No 1 (2015). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/7479/4481 diakses Tanggal 24 Mei 2016, Pukul 23.01 WITA.
Agustina, Susanti, (2008). Mendongeng Sebagai Energi Bagi Anak, Jakarta: Rumah
Ilmu Indonesia.
Ahyani , Latifah Nur. ( 2013). Metode Dongeng Dalam Meningkatkan Perkembangan Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah. Jurnal Universitas Muria Kudus Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus 24 – 32 http://eprints.umk.ac.id/267/1/24_-_32.PDF
Ali, Mohammad & Asrori, Mohammad. (2012). Psikologi Remaja; Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta: Rineka Cipta
Asfandiyar, Andi Y. (2007). Cara Pintar Mendongeng, Jakarta: Penerbit Mizan. Azhar, M.H. & Putri, D.E. (2009). Kecerdasan Moral Pada Remaja Yang Mengalami
Deviasi Mothering. Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 2, No 2, 2009. http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/410/ 350 diakses 24 Mei 2016, Pukul 23:11 WITA.
Azizah, Nur. (2006). Perilaku Moral dan Religiusitas Siswa Berlatar Belakang Pendidikan Umum dan Agama. Jurnal Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Volume 33, No. 2, 1 – 16. http://www.jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7078/5530 diakses tanggal 21
Jurnal Motiva Tri Wahyuni Wurdyastuti 45
Mei 2016, Pukul 22:42 WITA.
Berk, L. E. (2012). Development through the life edisi kelima. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Borba, M. (2008). Membangun Kecerdasan Moral . Jakarta: Gramedia Pustaka
Utama.
Bunanta, Murti. (2009). Buku, Dongeng, dan Minat Baca. Jakarta: Murti Bunanta
Foundation.
Casmini. (2007). Emotional Parenting. Yogyakarta: Pilar Media.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Fakhrudin, Muhammad, (2009). “Cara Mendongeng”, Pelatihan Teknik Mendongeng
bagi Guru Taman Kanak-Kanak se-Kabupaten Purworejo tanggal 16
Desember 2003. Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Fitri, A.Z (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah.
Yogyakarta: Arruz Media.
Ghozali, Imam. (2010). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS.
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadi, Saiful (2015). Model Pembentukan Kecerdasan Moral Spiritual Siswa SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Jurnal Islamuna 86 Volume 2 Nomor 1 Juni
: 85 -117. http://ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/
islamuna/article/view/656/609 diakses tanggal 24 Mei 2016, Pukul 22:39
WITA.
Hidayat, O.S. (2007). Metode Pengembangan Moral dan Nilai -nilai agama.
Jakarta: Universitas Terbuka
Majid, Abdul Azis. (2008). Mendidik dengan Cerita, Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Poerwadarminta W.J.S.. (2007). Kamus umum bahasa indonesia edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Pratiwi, MM. Shinta & Zuliyanti (2012). Efektivitas Model Bermain Peran dalam Pembelajaran Bercerita Terhadap Kecerdasan Moral Remaja. Jurnal Dinamika Sosbud, Volume 14, No. 2, Desember 2012: 149 – 157. http://journal.usm.ac.id/elibs/USM_dd3d03%20-%20MM%20Shinta
%20Pratiwi,%20Zuliyanti.pdf diakses tanggal 24 Mei 2016, Pukul 22:21
WITA.
Jurnal Motiva Tri Wahyuni Wurdyastuti 46
Rahim Husni & Rahiem, Maila DH. ( 2012). The Use of Stories as Moral Education for Young Children. International Journal of Social Science and Humanity, Vol. 2, No. 6, November 2012, PP. 454 – 458 http://www.ijssh.org/papers/145-A10057.pdf
Rahman, Muzdalifah. M. (2013). Metode Bercerita Membentuk Kepribadian Muslim Pada Anak Usia Dini. jurnal Thufula, Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus Volume 1, Nomor 1, Juli-Desember http://pgra- tarbiyah.stainkudus.ac.id/files/Muzdalifah%20M.%20Rahman.pdf
Sagala, Syaiful. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Santrock, Jhon. W. (2007). Perkembangan Anak (Jilid 2). Jakarta: Erlangga
Sekaran, Uma. (2011). Metode Pemelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat. Seniati, Liche. Yulianto, Aries. Setiadi, B.N. (2009). Psikologi Eksperimen. Jakarta.
PT. Index.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT.
Rineka Cipta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D . Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D . Bandung : Alfabeta.
Supeni, MG. (2014). Empati Perkembangan dan Pentingnya Dalam Kehidupan Bermasyarakat. Jurnal Psikologi Vol. 40 No. 1, 15 Februari 2014 : 60 – 71. http://jurnal.utm.ac.id/index.php/MID/article/view/488 diakses tanggal 20
Maret 2016, Pukul 08:35 WITA.
Widjaja. (2008). Psikologi Perkembangan Anak Mengenai Sifat, Bakat dan Kemampuan Anak. Jakarta : Gramedia Widia Sarana Indo
DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v1i1.3496
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY :
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.