DUKUNGAN SOSIAL ATASAN , PROBLEM FOCUSED COPING DAN KEPRIBADIAN EXTROVERT INTROVERT PEGAWAI BAPENDA KOTA SAMARINDA

Lia Rosliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan social atasan dengan problem focus coping  pegawai berkepribadian ekstrovert dan introvert. Subjek penelitian ini adalah 98 orang Pegawai Bapenda Kota Samarinda Kalimantan Timur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah : Skala Problem Focused Coping , Skala Dukungan Atasan, dan Alat Tes Psikologi tipe kepribadian dari Eysenc. Semua skala diisi oleh subjek penelitian. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan program  Product Moment dari Seri Program Statistik (SPS) Versi 2000. Edisi Profesor Sutrisno Hadi. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa: pertama ada korelasi yang sangat signifikan antara dukungan atasan dan  problem focus coping  pada pegawai yang berkepribadian ekstrovert dan introvert ( r=0,345 dengan p=0,000 ( p< 0,001). Kedua ada korelasi yang signifikan antara tingkat dukungan Atasan dengan tingkat problem focused coping pegawai berkepribadian ekstrovert saja ( r= 0,448 dengan p= 0,001(p<0,01). Ketiga tidak ada korelasi antara tingkat dukungan social Atasan dengan tingkat problem focused coping pegawai yang berkepribadian introvert = 0,238 dengan p= 0,115( p >0,05).

Full Text:

PDF

References


Alwisol,(2010).Psikologi kepribadian.Edisi Revisi.Malang.UMM.Press.

and Applications. (Second edition).

Anisa Masrifatun Khotimah, dkk .(2006).Pengaruh antara persepsi terhadap dukungan sosial dengan problem focused coping menghadapi masa purna bakti pada anggota TNI-ADKODIM 0727 karang Anyar:Jurnal Psikologi.Universitas Sultan Agung.

Azwar, S. (1999). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Eysenck, H.J. & Wilson, G.D. (1976). A Text Book of Human Psychology.Edinburg: R & R Clark.

Hadi, S. (1993). Metode Penelitian. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.

Hurlock, E.B. (1992). Psikologi Perkembangan: Suatu Rentang Kehidupan. Edisi 5 Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kartono, K. (1980). Teori Kepribadian. Bandung: Alumni.

Koswara, E. (1991). Teori-teori Kepribadian. Bandung: PT. Eresco.

Lawrence A Parvin,Daniel Cervone, Oliver P. John.(2010),Psikologi Kepribadian Teori dan Penelitian. Edisi Bahasa Indonesia.Jakarta.Kencana Prenada Media Group.

Rosliana, Lia. (2011). Hubungan Dukungan Sosial Suami dengan Problem Focused Coping Ibu yang Mempunyai Anak Autis. Thesis. Surabaya: Magister Psikologi. Universitas 17 Agustus Surabaya.

Suryabrata, S. (2000). Pengembangan Alat Ukur Psikologi. Yogyakarta: Penerbit Andi

Widodo,Tri.(2008).Penyesuaian Diri Ibu yang memiliki Anak Autis. Skripsi, Jurusan BK dan Psikologi,Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Yesamine, O. (2000). Hubungan Antara Kecenderungan Menggunakan Problem Focused Coping dengan Tingkat Depresi pada Mahasiswa Tingkat Akhir.Skripsi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Zamindari, V. (1999). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Problem Focused Coping Menghadapi Masalah Skripsi. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.




DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v1i2.3949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


crossref Garuda IndonesiaRJI Lipi Google ScholerDimensions"

Motiva Jurnal Psikologi terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Mei dan November. Redaksi Jurnal dan Sekretariat Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda 75124. Email: motivajurnalpsikologi@gmail.com. Cc: 081239553012

 

 



Creative Commons License
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.