PENGARUH STORYTELLING TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK PRA SEKOLAH

Diana Imawati

Abstract


Kemandirian pada anak-anak terwujud ketika mereka menggunakan pikirannya sendiri dalam mengambil berbagai keputusan. Dari memilih pakaian, memilih perlengkapan belajar dan bermain yang ingin digunakannya, memilih teman bermain, sampai dengan hal-hal yang relatif lebih rumit  dan menyertakan konsekuensi konsekuensi tertentu yang lebih serius. Metode-metode tersebut dapat ditemukan dalam metode storytelling untuk meningkatkan kemandirian anak usia pra sekolah. Metode stotytelling sebagai metode parenting education untuk mengembangkan kemandirian pada anak usia dini. Metode tersebut diberikan kepada anak pra sekolah (subyek penelitian berjumlah 39 anak usia prasekolah) untuk mencari sumbangan pengaruh metode tersebut terhadap kemandirian anak. Disain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment. Dengan pendekatan one grup pre-test and post-test. Hasil analisis bivariat melalui uji perbedaan paired sampel T-test terbukti ada perbedaan tingkat  kemandirian anak usia pra Sekolah sebelum dan sesudah diberikan story telling dengan t (15. 022) = 38,0.00 < 0.05. Data  pretest  (M=1.87 sd 0.656) memiliki rata-rata lebih besar dari pada posttest (M= 0.74 ; 0.637), dengan demikian disimpulkan bahwa Ho ditolak hal ini  berarti Ha diterima, dapat disimpulkan  ada pengaruh pemberian story telling terhadap tingkat kemandirian   anak usia prasekolah di PAUD Sevilla Al Jazeera Samarinda.

Full Text:

PDF

References


Abdul, L, M . (2011) . The Miracle Of Story Telling Jakarta : PT Bestari Buana Murni.

Dr. H. Martinis Yamin, M.Pd. 2010.Panduan Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: GP Press.

Fikriyanti, M. (2011). Perkembangan Anak Usia Emas (Golden Age).Yogyakarta Laras Media Prima.

Lumbansiantar, R (2012). Pengaruh Storry Telling Terhadap Tingkat Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Pra Sekolah di RSUD Kota bekasi. Jurnal

Manfaat Dan Kekuatan Dongeng Bagi Psikologi Anak. Tanpa Tahun. Episentrum (http://episentrum.com/artikel- psikologi/manfaat-dan-kekuatan-dongeng- pada-psikologi-anak/ diakses tanggal 27 juli 2016 jam 15.39).

Muallifah, (2013). Story telling Sebagai Metode Parenting Untuk Pengembangan Kecerdasan Anak Usia Dini. Universitas Islam Negri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Jurnal

Rahma, (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemandirian Anak Kelompok B Di TK Negri Pembina Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Universitas Negri Gorontalo. Jurnal

Sugiyono.2005. Metode Penelitian Administrasi.Bandung. Alfabeta.

Yulistanti, (2014). Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B di RA AL Hidayah I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal

Vivi Rukmana, (2014). Perbedaan Kemandirian Anak Usia 4 – 5 Tahun Berasal Dari Orang Tua (Ibu) Yang Bekerja Dengan Orang Tua (Ibu) Yang Tidak Bekerja Di TK AL HISA Hangtuah Pekanbaru. Universitas Riau. Jurnal




DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v2i1.4284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


crossref Garuda IndonesiaRJI Lipi Google ScholerDimensions"

Motiva Jurnal Psikologi terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Mei dan November. Redaksi Jurnal dan Sekretariat Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda 75124. Email: motivajurnalpsikologi@gmail.com. Cc: 081239553012

 

 



Creative Commons License
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.