EFEKTIVITAS BERMAIN “LEGO” UNTUK ENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 4 – 5 TAHUN

Rizqi Syafrina, Vivi Endang Adiningsih

Abstract


Bermain bagi anak usia dini memiliki banyak manfaat, dimana anak akan merasa bahagia ketika bermain. Selain itu bermain juga dapat membantu anak usia dini dalam mencapai perkembangannya secara maksimal. Santrock (2002) mengatakan permainan merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk kepentingan kegiatan itu sendiri. Anak usia dini menyukai aktivitas bermain, dimana mereka melakukannya dengan senang. Di kota Samarinda ada salah satu tempat kursus yang menawarkan permainan “lego”. Peminat di tempat kursus ini cukup banyak, mereka memiliki banyak cabang di kota-kota besar di Indonesia. Orangtua memiliki harapan mendapatkan manfaat yang positif dengan mengikutkan anak kursus bermain “lego”. Selain itu banyak artikel di media sosial yang menuliskan mengenai manfaat bermain lego, sehingga orangtua memiliki minat untuk mengikutkan anak kursus bermain “lego”.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bermain “lego” untuk meningkatan perkembangan kognitif berpikir simbolik pada anak usia 4 – 5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode Pre Experimental Design atau juga sering dikenal dengan Quasi Experiment. Bentuk rancangan eksperimen yang digunakan adalah The One Group Pretest-posttest Design. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan desain kelompok tunggal dengan pretest dan posttest yang dilakukan dengan cara melakukan percobaan terhadap satu kelompok, tanpa menggunakan kelompok pembanding. Subjek penelitian ini adalah anak-anak yang mengikuti kursus “lego” di Robokidz Samarinda sebanyak 4 orang, dengan usia 4-5 tahun. Instrumen pengukuran ini menggunakan lembar observasi perkembangan kognitif berpikir simbolik dan wawancara semi-terstruktur dengan orangtua. Hasil penelitian menunjukkan jika bermain “lego” tidak meningkatkan perkembangan kognitif berpikir simbolik (z = -1.857, p = 0.063) secara siginifikan pada anak usia 4-5 tahun. Namun, modul di Robokidz mampu menjalankan fungsinya untuk meningkatkan perkembangan kognitif berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun berdasarkan hasil observasi secara individual pada kelompok eksperimen.


Full Text:

PDF

References


Asmara, B. 2017. Penggunaan Permainan Lego Dalam Bidang Pengembangan Kognitif Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Di PPT Permata Bunda Kecamatan Wonocolo Surabaya. Education and Human Development Journal, Vo. 2, No. 2, Hal. 45-54. Diunduh dari https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/1380/962

Habsari, D., Syukri, M., & Halida. 2013. Metode Pengenalan Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok Umur 4-5 Tahun Di TK. Journal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol. 2, No. 1. Diunduh dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/802/pdf

Hayati, N., Cholimah, N., & Christianti, M. 2017. Indentifikasi Keterampilan Kognitif Anak Usia 2-6 Tahun Di Lembaga PAUD Kecamatan Sleman, Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Vol. 6, Edisi 2. Hal. 181-189. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/issue/view/1302

Hendriyani, Devita, Y., & Mardalena. 2018. Pengaruh Bermain Konstruksi (Lego) Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. Jurnal Keperawatan Priority, Vol. 1, No.2 Hal 51-62. Diunduh dari http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/jukep/article/view/190

Karim, M.B. dan Wifroh, S.H. 2014. Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG PAUD Trunojoyo Vol. 1 No. 2, Hal. 76-146. Diunduh dari https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/download/3554/2621

Kartini dan Susilawati, I. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran Lego Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (2), Hal. 33-43. Diunduh dari http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PAUD/article/download/386/371

Khasanah, N.N., Mustafidah, A., & Susanto, H. 2018 Modified Legos is Effective in Stimulating Development on Pre-School Children. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, Vol 1 No. 2, Hal 16-21. Diunduh dari https://journal.ppnijateng.org/index.php/jika/article/view/131

Khadijah. 2016. Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Ningtyas, F.Y. 2017. Metode Bermain Lego Dalam Upaya Menumbuhkembangkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Empowerment Volume 4, No. 2, Hal. 128-134. Diunduh dari http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/579

Poon, T. S. F. 2018. LEGO as a Learning Enabler in 21st-Century Preschool Classroom: Examining Perceptions of Attitudes and Preschool Practice. Journal of Urban Culture Research hal. 72-87. Diunduh dari https://www.researchgate.net/publication/330310375

Priyatno, D. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset.

Rosita, Fadillah, & Yuniarni, D., 2013. Pengembangan Potensi Kognitif Anak Melalui Bermain Konstruksi dengan Lego di TK. Kartika V-49 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol. 2, No. 3. Diunduh dari http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/1476/pdf

Santrock, J.W. 2002. Life Span Development Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Seniati, L., Yulianto, A. & Setiadi, B.N. 2005. Psikologi Eksperimen. Jakarta: PT. Indeks.

Setyani, M.R., Dita, S.W. & Tunggadewi., I.N. 2017. Penerapan Lego Bricks dalam Pembelajaran sebagai Strategi untuk Meningkatkan Kecerdasan Matematis Siswa dalam Menghitung Bilangan Berpangkat. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3, No. 1. Diunduh dari https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1729

Shaughnessy, dkk. 2007. Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka. Pelajar.

Suryadi, D. 2017. Studi Awal Identifikasi Efek Terapi Bermain dengan Lego. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni Vol. 1, No. 1. Diunduh dari https://journal.untar.ac.id/index.php/jmishumsen/article/view/356

Trinova, Z. 2012. Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Jurnal AL-Ta’lim, Jilid 1, No. 3, Hal. 209-215. Diunduh dari http://journal.tarbiyahiainib.ac.id/index.php/attalim/article/download/55/59/pdf

Utami, S., Qur’aniati, N., & Kusuma, E. 2008. Bermain Lego Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah (4-5 tahun). Jurnal Ners Vol. 3, No. 2. Diunduh dari https://e-journal.unair.ac.id/JNERS/article/view/4993

Yuliana, Syukri, M., & Halida. 2016. Pemanfaatan Permainan Lego Untuk Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Di TK. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol. 5, No. 5. Diunduh dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/issue/view/598




DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v3i1.4797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


crossref Garuda IndonesiaRJI Lipi Google ScholerDimensions"

Motiva Jurnal Psikologi terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Mei dan November. Redaksi Jurnal dan Sekretariat Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda 75124. Email: motivajurnalpsikologi@gmail.com. Cc: 081239553012

 

 



Creative Commons License
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.