MODIFIKASI ALAT UKUR STUDENT ENGAGEMENT PADA SAAT PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Ayu Putri Afdiyanti, Egi Nurul Hidayah, Eurica Rizki Lusiana Nugraha, Muhammad Rafi Herdiansyah, Nazilah Khotimatussannah, Putri Aghnya Hanifa, Sufia Dwi Ambarini

Abstract


Penelitian ini merupakan modifikasi alat ukur dari Fredricks (2003) berisikan aspek behavioral engagement dengan 5 item, emotional engagement dengan 6 item, dan cognitive engagement dengan 8 item. Modifikasi alat ukur ini melalui beberapa tahapan, seperti uji validitas isi, reliabilitas, analisis Confirmatory factor analysis (CFA). Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling dengan 200 responden. Adapun hasil dari penelitian ini, yaitu nilai reliabilitas 0,851, KMO Measure of Sampling Adequency 0,871, dan bartlett's test of sphericity sebesar 0,000. Dari hasil tersebut dihasilkan 22 item, yaitu pada behavior engagement 7 item, emotional engagement 0 item, dan cognitive engagement 9 item.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v5i1.6021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :

Creative Commons License
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.