HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN PROBLEM FOCUSED COPING DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SANTRI TAHFIDZUL QUR’AN PONDOK PESANTREN AL MUBAROK MRANGGEN DEMAK

Uyun Nur Faza, Rohmatun Rohmatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan problem focused coping dengan penyesuaian diri pada santri tahfidzul Qur’an Pondok Pesantren Al Mubarok Mranggen Demak. Populasi dalam penelitian ini yaitu santri tahfidzul Qur’an Pondok Pesantren Al Mubarok dengan sampel sejumlah 65 responden dan menggunakan metode penelitian  kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Alat ukur dalam penelitian ini terdiri dari tiga skala yaitu skala penyesuaian diri dengan koefisien reliabilitas 0,805, skala dukungan sosial dengan koefisien reliabilitas 0,933 dan skala problem focused coping dengan koefisien reliabilitas 0,889. Uji hipotesis pertama dengan teknik regresi berganda memperoleh hasil R=0,827 dan Fhitung=75,679 dengan signifikansi 0,000 (p<0,01), artinya ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dan problem focused coping dengan  penyesuaian diri pada santri tahfidzul Qur’an Pondok Pesantren Al Mubarok. Dukungan sosial dan problem focused coping secara bersama-sama memberikan sumbangan efektif sebesar 68,4%. Hipotesis kedua dengan korelasi parsial memperoleh nilai rx1y =0,406 dengan signifikansi 0,000 (p<0,01), artinya ada hubungan positif antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri pada santri tahfidzul Qur’an Pondok Pesantren Al Mubarok. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis kedua diterima. Hipotesis ketiga dengan korelasi parsial memperoleh nilai rx2y= 0,451 dengan signifikansi 0,000 (p<0,01), artinya ada hubungan positif antara problem focused coping dengan penyesuaian diri pada santri tahfidzul Qur’an Pondok Pesantren Al Mubarok Mranggen Demak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis ketiga diterima

Full Text:

PDF

References


Apollo, & Cahyadi, A. (2012). Konflik peran ganda perempuan menikah yang bekerja ditinjau dari dukungan sosial keluarga dan penyesuaian diri. Widya Warta, 02, 230–239.

Aprillia, E., & Saragih, S. (2020). Hubungan antara problem focus coping dan tipe kepribadian extrovert dalam penyesuaian perkawinan pada pasangan di periode awal perkawinan. Al Tatwir, 7(1), 43–54.

Bafadhol, I. (2017). Lembaga pendidikan islam di indoesia. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 06(11), 59–72.

Cohen, S., & Syme, S. L. (1985). Social support and health. London: Academic Press.

Ekanita, A., & Putri, D. R. (2019). Dukungan sosial dengan penyesuaian diri santriwati kelas VII madrasah tsanawiyah (MTS) pondok pesantren di sukoharjo. Psikologika Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 24(2), 149–154. https://doi.org/10.20885/psikologi.vol24.iss2.art5

Faridah, A. (2019). Pesantren, sejaran dan metode pembelajarannya di indonesia. Al-Mabsut Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 13(2), 78–90.

Friedlander, L. J., Reid, G. J., Shupak, N., & Cribbie, R. (2007). Social support, self-esteem, and stress as predictors of adjustment to university among first-year undergraduates. Journal of College Student Development, 48(3), 259–274.

Haryono, B. A. D., & Siswati. (2020). Hubungan antara psychological capital dengan problem focused coping pada guru slb c se-kota semarang. Jurnal Empati, 9(4), 287–293.

Holahan, C. J., & Moos, R. H. (1987). Personal and contextual determinants strategies. Journal of Personality and Social Psychology, 52(5), 945–955.

Lau, E. Y. H., Chan, K. K. S., & Lam, C. B. (2018). Social support and adjustment outcomes of first-year university students in hong kong: Self-esteem as a mediator. Journal of College Student Development, 59(1), 129–134. https://doi.org/10.1353/csd.2018.0011

Nulhakim, L. (2012). Pengaruh pendidikan formal terhadap eksistensi pesantren salafiah di pesantren an-Nur kecamatan cilawu kabupaten garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 6(1), 32–51.

Priyatno, D. (2016). analisis data, olah data dan penyelesaian kasus-kasus statisik. MediaKom.

Rahma, A. N. (2011). Hubungan efikasi diri dan dukungan sosial dengan penyesuaian diri remaja di panti asuhan. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 8(2), 231–246.

Sadeghi, H. S., & Niknam, M. (2015). The relationship between coping skills with social maturity and adjustment of female first graders in high school: A case study in Iran. Asian Social Science, 11(25), 144–150.

Saputro, Y. A., & Sugiarti, R. (2021). Dukungan sosial teman sebaya dan konsep diri terhadap penyesuaian diri pada siswa SMA kelas X. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 5(1), 59–72.

Schneiders, A. A. (1960). Personal adjustment and mental health. In Child development and adjustment: Study of child psychology. Holt Rinehart and Winston.

Semaraputri, S. A. K. T., & Rustika, I. M. (2018). Peran problem focused coping dan konsep diri terhadap penyesuaian diri pada remaja akhir yang menjadi pengurus organisasi kemahasiswaan di fakultas kedokteran universitas udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 5(01), 35.

Sirjani, R. A., & Khaliq, A. A. (2007). Cara Cerdas Hafal Al Qur’an (W. Febriangga (ed.)). Aqwam.

Subandi. (2010). Psikologi Santri Penghafal Al Qur’an. Galang Press.

Toyibah, S. A., Sulianti, A., & Tahrir. (2017). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an. Jurnal Psikologi Islam, 4(2), 191–204.

Tuasikal, A. N. A., & Retnowati, S. (2019). Kematangan emosi, problem-focused coping, emotion-focused coping dan kecenderungan depresi pada mahasiswa tahun pertama. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 4(2), 105–118.

Zulfiqar Bin Tahir, S. (2015). The Attitude of Santri and Ustadz Toward Multilingual Education at Pesantren. International Journal of Language and Linguistics, 3(4), 210. https://doi.org/10.11648/j.ijll.20150304.13




DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v5i2.6467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY :

Creative Commons License
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.