PERAN HOPE (AL-RAJA’) TERHADAP GRIT PADA MAHASISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN

Ahmad Nur Fuadi, Denisa Apriliawati

Abstract


Mahasiswa penghafal Al-Qur’an setiap harinya dituntut untuk disiplin menyelesaikan target setoran hafalan ditambah harus menyelesaikan tugas kuliah. Grit sendiri merupakan salah satu trait yang penting bagi individu yang menggambarkan kegigihan dalam mencapai sesuatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harapan dengan Grit pada mahasiswa penghafal Al Qur’an. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Subjek yang diteliti berjumlah 88 dengan kriteria; 1) mahasiswa aktif S1 UIN Sunan Kalijaga, 2) berusia 18-25 tahun, dan 2) mempunyai hafalan minimal 3 Juz. Alat ukur yang digunakan adalah skala harapan dan skala Grit yang disusun oleh peneliti berdasarkan teori yang sudah ada. Analisis regresi sederhana dilakukan melalui JAMOVI versi 2.2.5 dengan hasil yang menunjukkan ditolaknya hipotesis null (F(1;86) = 80,7; p < 0,001; R2 = 0,48). Pengaruh harapan terhadap Grit diketahui positif dengan sumbangan efektif sebesar 48%. Harapan dapat digunakan sebagai prediktor Grit mahasiswa penghafal Al Qur’an dengan rumus prediksi Y = 19,31 + 0,86 X; artinya ketika skor harapan naik 1 maka Grit akan mengalami kenaikan skor sebesar 0,86

Full Text:

PDF

References


Al Ghazali. (1973). Ihya Ulumuddin. Dar Al-Fikr.

Allen, R. E., Kannangara, C., & Carson, J. (2021). True grit: How important is the concept of grit for education? A narrative literature review. International Journal of Educational Psychology, 10(1), 73–87. https://doi.org/10.17583/IJEP.2021.4578

Bennett, D., Mccarty, C., & Carter, S. (2020). The Relationship Between Grit and Academic Performance in the Classroom. 20(2), 1–15.

Credé, M., & Kuncel, N. R. (2008). Study Habits, Skills, and Attitudes: The Third Pillar Supporting Collegiate Academic Performance. Perspectives on Psychological Science, 3(6), 425–453. https://doi.org/10.1111/j.1745-6924.2008.00089.x

Duckworth, A. L. (2018). Grit: Kekuatan Passion dan Keteguhan (Edisi Revi). PT Gramedia Pustaka Utama.

Duckworth, A. L., Michael D, M., & Dennis R, K. (2007). Grit: Perseverance and Passion for Long-Term Goals. Journal of Personality and Social Psychology, 92(June), 1–7. https://doi.org/10.1037/0022-3514.92.6.1087

Eskreis-Winkler, L., Shulman, E. P., Beal, S. A., & Duckworth, A. L. (2014a). The grit effect: Predicting retention in the military, the workplace, school and marriage. Frontiers in Psychology, 5(FEB). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2014.00036

Eskreis-Winkler, L., Shulman, E. P., Beal, S. A., & Duckworth, A. L. (2014b). The grit effect: Predicting retention in the military, the workplace, school and marriage. Frontiers in Psychology, 5(FEB). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2014.00036

Fai, M., Ahmad, U., & Yogyakarta, D. (n.d.). Pengaruh Hafalan Al-Qur’an terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa FAI Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. 10(01), 21–44.

Faul, F., Erdfelder, E., Buchner, A., & Lang, A. G. (2009). Statistical power analyses using G*Power 3.1: Tests for correlation and regression analyses. Behavior Research Methods, 41(4), 1149–1160. https://doi.org/10.3758/BRM.41.4.1149

Firdausi, F., & Hidayah, A. (2019). Kecerdasan Intrapersonal Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Santri Mahasiswa Dalam Menghafal Al-Qur’an. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 19(1), 43. https://doi.org/10.14421/qh.2018.1901-03

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginanjar, M. H. (2017). Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa Di Ma’Had Huda Islami, Tamansari Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 20.

Gustia, M., & Aviani, Y. I. (2019). Kontribusi harapan pekerjaan terhadap kegigihan pada polisi di satbrimob sumatera barat. Jurnal Riset Psikologi, 1(I), 1–10. http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2019i3.7093

Idayu, H. (2020). Bimbingan Dan Konseling Belajar: Managemen Waktu Penghafal Al Qur’an Dalam Meraih Prestasi Akademik. KONSELING EDUKASI ‘Journal of Guidance and Counseling’, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.21043/konseling.v4i1.7306

Indraswari, C. (2020). Penyusunan dan Pengembangan Alat Ukur Pada Skala Pendek Grit. Jurnal Spirits, 10 No. 2, 46–58.

Lee, S., & Sohn, Y. W. (2017). Career-related attitudes of college students in Korea. Social Behaviour and Personality, 45(10), 1629–1642.

Masduki, Y. (2018). Implikasi Psikologis Bagi Penghafal Al-Qur’an. Medina-Te, 10(1), 279–288.

Mills, K. I. (2014). APA Ethics Code Addresses When Obtaining Informed Consent From Research Participants Is Necessary. https://www.apa.org/news/press/releases/2014/06/informed-consent#:~:text=%E2%80%9CInformed%20Consent%2C%20psychologists%20inform%20participants,withdrawing%3B%20(4)%20reasonably%20foreseeable

Muhammad, H., Ahmad, S., & Khan, M. I. (2020). Exploring Predicting Role of Students Grit in Boosting Hope, Meaning in Life and Subjective Happiness Among Undergraduates of University. Pakistan Journal of Humanities and Social Sciences Research, 3(01), 157–176. https://doi.org/10.37605/pjhssr.3.1.13

Pamungkas Stiyamulyani, P. S., & Sri Jumini, S. J. (2018). Pengaruh Menghafal Al-Qur�an Terhadap Highorder Thingking Skils (Hots) Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Mahasiswa. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 4(1), 25. https://doi.org/10.32699/spektra.v4i1.43

Sackett, P. R., Kuncel, N. R., Beatty, A. S., Rigdon, J. L., Shen, W., & Kiger, T. B. (2012). The Role of Socioeconomic Status in SAT-Grade Relationships and in College Admissions Decisions. Psychological Science, 23(9), 1000–1007. https://doi.org/10.1177/0956797612438732

Snyder, C. R. (1995). Conceptualizing, Measuring, and Nurtuting Hope. Journal of Counseling & Development, 73(3), 355–360.

Snyder, C. R., Rand, K. L., & Sigmon, D. R. (2002). Hope theory: A member of the positive psychology family. Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780199399314.013.3

Solo, A. A., Nugroho, T., & Nadjih, D. (2018). Upaya Santri Dalam Pemeliharaan Hafal Al- Qur’an Di MANU Kota Gede Yogyakarta. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(2), 131–140. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v8i2.192

Vela, J. C., Lu, M. T. P., Lenz, A. S., & Hinojosa, K. (2015). Positive Psychology and Familial Factors as Predictors of Latina/o Students’ Psychological Grit. Hispanic Journal of Behavioral Sciences, 37(3), 287–303. https://doi.org/10.1177/0739986315588917

Vela, J. C., Smith, W. D., Whittenberg, J. F., Guardiola, R., & Savage, M. (2018a). Positive Psychology Factors as Predictors of Latina/o College Students’ Psychological Grit. Journal of Multicultural Counseling and Development, 46(1), 2–19. https://doi.org/10.1002/jmcd.12089

Vela, J. C., Smith, W. D., Whittenberg, J. F., Guardiola, R., & Savage, M. (2018b). Positive Psychology Factors as Predictors of Latina/o College Students’ Psychological Grit. Journal of Multicultural Counseling and Development, 46(1), 2–19. https://doi.org/10.1002/jmcd.12089

Vivekananda, N. L. A. (2018). Studi Deskriptif mengenai Grit pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(3), 183. https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i3.756

Wang, Y., & Baker, R. (2018). Grit and Intention: Why Do Learners Complete MOOCs? The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 19(3). https://doi.org/10.19173/irrodl.v19i3.3393

Widayani, H. (2019). Maqamat (Tingkatan Spiritualitas Dalam Proses Bertasawuf). EL-AFKAR : Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis, 8(1), 11. https://doi.org/10.29300/jpkth.v8i1.2023

Widiantoro, Purawigena, R. E., & Gamayanti, W. (2017). Hubungan Kontrol Diri dengan Kebahagiaan Santri Penghafal Al-Qur’an. Jurnal Psikologi Integratif, 5(1), 11–18.

Young, K. A. (2022). Debunking the grit-retention relation among historically disadvantaged students in a South African Open Distance e-Learning (ODeL) institution. Open Learning: The Journal of Open, Distance and e-Learning, 1–16. https://doi.org/10.1080/02680513.2022.2134003

Yusuf, M. (2020). Bahaya hamba bersandar pada amal: Perspektif Khauf dan Raja. Jurnal Putih, V(1).

Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v5i2.6679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


crossref Garuda IndonesiaRJI Lipi Google ScholerDimensions"

Motiva Jurnal Psikologi terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Mei dan November. Redaksi Jurnal dan Sekretariat Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda 75124. Email: motivajurnalpsikologi@gmail.com. Cc: 081239553012

 

 



Creative Commons License
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.