Candi Hindu Budha DI indonesia

Salah satu tanda yang luar biasa dari keberadaan Buddha di Indonesia adalah Candi Budha terbesar di dunia, Candi Borobudur, dibangun pada abad ke-8 dan ke-9, terletak di Lembah Kedu, Magelang, Jawa Tengah. 508 batu candi dengan berbagai bentuk dan ukuran berada dalam kondisi lengkap dan dilestarikan atau telah disimpan sebagai reruntuhan. Sementara Loro Jonggrang, berasal dari abad ke-9, adalah contoh cemerlang dari relief religius Hindu, Sewu, dengan keempatnya. sepasang patung raksasa Dwarapala, adalah kompleks Budha terbesar di Indonesia termasuk kuil Lumbung, Bubrah dan Asu (candi Gana). Relief juga menggambarkan makhluk spiritual mitos dalam kepercayaan Buddha seperti asura, dewa, bodhisattva, kinnaras, gandharva dan apsaras. Gambar-gambar yang digambarkan pada relief-relief sering dijadikan referensi bagi sejarawan untuk meneliti subjek tertentu, seperti studi arsitektur, persenjataan. , ekonomi, mode, dan juga moda transportasi Maritim Asia Tenggara abad ke-8 Salah satu terjemahan terkenal dari kapal cadik ganda Asia Tenggara abad ke-8 adalah Kapal Borobudur 88 Hari ini, replika sebenarnya dari Kapal Borobudur yang telah berlayar dari Indonesia ke Afrika pada tahun 2004 ditampilkan di Museum Samudra Raksa, yang terletak beberapa ratus meter di utara Borobudur. Candi Plaosan, juga dikenal sebagai 'Kompleks Plaosan', adalah salah satu candi Budha yang terletak di desa Bugisan, kabupaten Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Indonesia, sekitar satu kilometer ke barat laut candi Hindu Prambanan yang terkenal.

Candi Prambanan (15 kilometer timur Yogyakarta) adalah candi Hindu terbesar dan terindah di Indonesia. Dinamai berdasarkan desa tempat ia berada, candi ini dibangun pada abad ke-9, 50 tahun setelah Borubudur dan dikenal secara lokal sebagai Kuil Budha. Perawan Ramping (Roro Jonggrang) .Prambanan berisi banyak dekorasi mewah dan patung sugestif secara seksual, adegan dari Ramayana dan motif yang memadukan simbol Hindu dan Buddha. Candi Kalasan Candi Budha abad ke-8 dibangun untuk memperingati pernikahan seorang raja dan pengantin puterinya, yang dihiasi dengan relief berukir halus. Borobudur adalah candi Budha, terletak di desa Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dibangun oleh Raja Samaratungga, salah satu raja dari Kerajaan Mataram Lama, dinasti keturunan Dinasti.

Dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan Dinasti Sailendra, desain candi mengikuti arsitektur Buddha Jawa, yang memadukan pemujaan leluhur adat Indonesia dan konsep Buddha untuk mencapai Nirvana 3. Kuil ini menunjukkan pengaruh seni Gupta yang mencerminkan India. Pengaruhnya terhadap wilayah ini, namun ada cukup adegan dan elemen asli yang disatukan untuk membuat Borobudur unik menjadi Indonesia. Kepala Buddha yang terbuat dari batu vulkanik ini ditemukan di situs Borobudur di pulau Jawa di Indonesia. Itu dibuat antara 780 - 840 M, dan akan menjadi milik salah satu dari ratusan patung Budha yang duduk di candi Budha Mahayana di Borobudur. Di kuil-kuil Buddha, panel relief biasanya dihiasi dengan gambar-gambar indah sosok Bodhisattva laki-laki dan sosok perempuan Taras, bersama dengan musisi surgawi Gandarvas, dan kadang-kadang kawanan kawanan kurcaci Gana.

19 Tulisan Buddha menggambarkan sebagai relief di Borobudur seperti Karmavibhangga (hukum karma), Lalitavistara (kelahiran Buddha), Jataka, Avadana dan Gandavyuha. Sementara di Prambanan, tulisan suci Hindu dijelaskan di panel reliefnya; Ramayana dan Bhagavata Purana (dikenal sebagai Krishnayana). Borobudur, atau Barabudur adalah candi Budha Mahayana abad ke-9 di Kabupaten Magelang, tidak jauh dari kota Muntilan, di Jawa Tengah, Indonesia. Candi Borobudur adalah peninggalan kerajaan Budha di masa lalu di Indonesia dibangun oleh Raja Samaratungga yang merupakan Raja Mataram kuno dari Rumah Syailendra, di mana pada saat itu agama Buddha menjadi agama yang dianut oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah, selain menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi, juga menjadi pusat pemujaan bagi umat Buddha di Indonesia, terutama pada setiap perayaan Waisak. Borobudur, Kuil Budha Terbesar di Abad Kesembilan dibangun oleh Raja Samaratungga, salah satu raja Kerajaan Mataram Kuno, keturunan dinasti Sailendra. Sebuah candi adalah candi Hindu atau Budha di Indonesia, kebanyakan dibangun pada Zaman Hindu-Buddha atau "periode Hindu-Budha", antara abad ke-4 dan ke-15.

Menurut mitos lokal, daerah yang dikenal sebagai Dataran Kedu adalah tempat "sakral" Jawa dan telah dijuluki "taman Jawa" karena kesuburan pertaniannya yang tinggi. 19 Selama restorasi di awal abad ke-20, ditemukan tiga Buddha candi di wilayah ini, Borobudur, Pawon dan Mendut, diposisikan di sepanjang garis lurus. Selain meninggalkan bukti sejarah dalam bentuk prasasti yang tersebar di Jawa, Kerajaan Mataram Lama membangun banyak kuil, baik yang bercorak Hindu maupun Buddha. Candi Borobudur atau kadang-kadang "Barabudur" adalah candi Budha Mahayana yang terletak dekat dengan Muntilan di pulau Jawa di Indonesia.

Candi Borobudur Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga, satu di antara semua raja Kerajaan Budha baru-baru ini, keturunan dinasti Sailendra. Kuil ini dihiasi dengan ukiran batu di relief relief yang mewakili gambar dari kehidupan Buddha — ansambel relief Buddha terbesar dan terlengkap di dunia. Menara hukum yang bersinar. "Namanya berasal dari kata Sansekerta" Vihara Buddha Uhr "yang berarti" biara Budha di atas bukit. "Borobudur terletak di Muntilan, Magelang, di Lembah Kedu, di bagian selatan Tengah Tengah. Jawa.

Kalasan, Sari, Mendut, Pawon dan candi Borobudur dan Sewu yang megah menjadi saksi kebangkitan Buddha di Jawa Tengah. Ini dan ratusan monumen lainnya dibangun dalam waktu yang relatif singkat di abad ke delapan dan kesembilan menunjukkan bahwa orang Jawa dan India (Buddha dan Hindu) memiliki gagasan tentang kekuasaan dan spiritualitas. Yang paling terkenal dan paling mengesankan dari ini adalah Borobudur, bangunan Buddha terbesar di dunia kuno (dibangun antara sekitar 770 dan 820 dan terletak di barat laut Yogyakarta saat ini) dan kompleks luar biasa struktur Hindu di Prambanan, yang terletak di timur Yogyakarta. dan selesai seperempat abad kemudian.

Kerajaan Medang atau Mataram adalah kerajaan Hindu-Budha Jawa yang berkembang antara abad ke-8 dan ke-10. Kerajaan Mataram Hindu, yang berbasis di wilayah Sungai Solo, dan Kerajaan Sailendra Buddha muncul di dataran Jawa Tengah pada abad ke-8. Borobudur dibangun untuk ritual Buddha, ada 1460 relief yang diukir dari bawah ke atas tentang cara menjadi seorang buddha.

Candi Gana adalah kuil Buddha yang kaya akan arca, relief, dan batu pahatan. Batujaya, senyawa Stupa Buddha yang terbuat dari batu bata merah dan mortir yang terletak di Batu Jaya, Karawang, Jawa Barat. Mungkin berasal dari kerajaan Tarumanagara pada abad ke-6 Masehi. 21. Di monumen Budha Borobudur Jawa Tengah, Indonesia, patung batu andesit singa menjaga empat pintu masuk utama Borobudur.

Relief juga menggambarkan makhluk spiritual mitos dalam kepercayaan Buddha seperti asura, dewa, boddhisattva, kinnaras, gandharva dan apsaras. Gambar-gambar yang digambarkan pada relief-relief sering dijadikan referensi bagi para sejarawan untuk meneliti subjek tertentu, seperti studi arsitektur, persenjataan. , ekonomi, mode, dan juga moda transportasi Maritim Asia Tenggara abad ke-8 Salah satu rendering terkenal dari kapalcadik ganda Asia Tenggara abad ke-8 adalah Kapal Borobudur.

Sejarah Candi Borobudur http://www.anton-nb.com/2015/09/sejarah-candi-borobudur.html