Kekaisaran Kerajaan Majapahit

Contoh-contoh patung Hindu-Buddha Indonesia yang terkenal adalah; patung-patung dewa Hindu; Siwa, Wisnu, Brahma, Durga, Ganesha, dan Agastya bertahta di kamar-kamar candi Prambanan, Wisnu yang memasang patung Garuda Raja Airlangga, patung indah Prajnaparamita Jawa Timur dan Dvarapala setinggi 3,7 meter bertanggal dari periode Singhasari, dan juga patung agung dari Bhairava Adityawarman ditemukan di Sumatra. Itu tumbuh dari kerajaan Jawa Singhasari, yang raja kedua dari belakang Kertanegara adalah ayah mertua pendiri Majapahit Raden Wijaya: ia terkenal karena mengambil keuntungan dari invasi Mongol ke Jawa untuk menggulingkan tuannya, raja terakhir Singhasari, Jayakatwang yang memiliki merebut tahta dari Kertanegara, dan kemudian menghidupkan bangsa Mongol untuk menjadikan dirinya sebagai orang yang paling kuat di Jawa. Kerajaan Majapahit (Jawa:  Karaton Majapahit, Indonesia: Kemaharajaan Majapahit, Melayu: Kemaharajaan Majapahit, Malaysia: Empayar Majapahit) adalah thalassocracy di Asia Tenggara, berdasarkan pulau Jawa (bagian dari Indonesia modern), yang ada dari 1293 sampai sekitar 1500. Majapahit memiliki pengaruh penting dan abadi pada seni dan arsitektur Indonesia. Ekspansi kekaisaran sekitar abad ke-14, berkontribusi pada difusi pengaruh budaya Jawa di seluruh nusantara, yang dapat dilihat sebagai bentuk Javanisasi. Mungkin selama ini periode bahwa beberapa elemen budaya Jawa, seperti gamelan 76 dan keris, diperluas dan diperkenalkan ke pulau-pulau di luar Jawa.
Selain sumber-sumber Jawa, beberapa legenda daerah yang menyebutkan kerajaan Majapahit atau jendralanya Gajah Mada, juga dapat ditemukan; dari Aceh, Minangkabau, Palembang, Semenanjung Melayu, Sunda, Brunei, Bali ke Sumbawa. Kuil lain yang terkenal dengan gaya Jawa Timur adalah kuil Jawi di Pandaan - juga dikunjungi oleh Raja Hayam Wuruk, kuil itu disebut di Nagarakretagama sebagai Jajawa, dan didedikasikan sebagai kuil kamar mayat untuk kakek buyutnya, Raja Kertanegara dari Singhasari. Kerajaan Majapahit (Jawa:  Karaton Majapahit, Indonesia: Kemaharajaan Majapahit, Melayu: Kemaharajaan Majapahit, Malaysia: Empayar Majapahit) adalah thalassocracy di Asia Tenggara, berdasarkan pulau Jawa (bagian dari Indonesia modern), yang ada dari 1293 hingga sekitar 1500.

500 tahun yang lalu, ribuan orang Hindu Jawa Timur - petani, pendeta, pangeran dan seniman dari Kerajaan Hindu terakhir Majapahit - melarikan diri ke Bali daripada masuk Islam. Gajah Mada (c. 1290 - c. 1364) adalah, menurut naskah kuno Jawa, puisi dan mitologi, seorang pemimpin militer yang kuat dan Mahapatih atau (sama dengan) Perdana Menteri kerajaan Hindu Majapahit India, dikreditkan dengan membawa kekaisaran ke puncak kejayaannya. Majapahit adalah salah satu kekaisaran besar terakhir di kawasan ini dan dianggap sebagai salah satu kekaisaran terbesar dan paling kuat dalam sejarah Indonesia dan Asia Tenggara, yang kadang-kadang dipandang sebagai preseden untuk batas-batas modern Indonesia 2 Pengaruhnya meluas ke luar wilayah modern Indonesia dan telah menjadi subyek banyak penelitian 3 orientalis Jerman Berthold Laufer menyarankan bahwa maja berasal dari nama Jawa pohon Indonesia 4.
Kerajaan Majapahit (bahasa Jawa: Karaton Majapahit, bahasa Indonesia: Kerajaan Majapahit) adalah thalassocracy di Asia Tenggara, berdasarkan pulau Jawa (bagian dari Indonesia modern), yang ada dari 1293 hingga sekitar 1500. Lim mengatakan artefak dari sebelumnya penggalian menunjukkan bahwa sebenarnya pemukiman pelabuhan yang berkembang ada dari abad ke-14 hingga pertengahan ke-17 yang kadang-kadang terjebak dalam perebutan kekuasaan antara Kekaisaran Majapahit Jawa di selatan dan kerajaan Ayutthaya yang baru muncul di Thailand di utara. Ada sedikit bukti fisik dari Majapahit, dan sejarahnya tidak jelas. Sumber utama yang digunakan oleh para sejarawan adalah Pararaton ('Kitab Raja') dalam bahasa Kawi dan Nagarakretagama dalam Pararaton Jawa Kuno, khususnya kepada Ken Arok (pendiri Kerajaan Singhasari) tetapi juga mencakup beberapa bagian singkat tentang pembentukan Majapahit. Sementara itu, Nagarakertagama merupakan sebuah puisi Jawa Kuno yang ditulis pada masa keemasan Majapahit di bawah pemerintahan Hayam Wuruk. Setelah itu, terjadi hal-hal yang tidak jelas. Selain itu, ada beberapa prasasti dalam bahasa Jawa Kuno dan sejarah Cina dan negara-negara lain.

Setelah abad ke-10, kerajaan Jawa mulai mengalahkan Sriwijaya dan Jambi, dan pada abad ke-14, kerajaan baru Majapahit yang berbasis di Jawa Timur menaklukkan sebagian besar kerajaan Majapahit abad ke-14 yang menguasai sebagian besar Semenanjung Malaysia dan Kepulauan Melayu. Kekaisaran Majapahit (Jawa:  Karaton Majapahit, Indonesia: Kerajaan Majapahit) adalah thalassocracy di Asia Tenggara, berdasarkan pulau Jawa (bagian dari Indonesia modern), yang ada dari 1293 hingga sekitar 1500. Peradaban Hindu Jawa sejak era Airlangga hingga era raja Majapahit telah sangat mempengaruhi dan membentuk budaya dan sejarah Bali 49 Tautan kuno dan warisan Majapahit dapat diamati dengan berbagai cara; arsitektur, sastra, ritual keagamaan, tarian-drama dan bentuk seni.

Majapahit memiliki pengaruh penting dan abadi pada arsitektur Indonesia. Deskripsi arsitektur paviliun ibukota (pendopo) di Nagarakretagama membangkitkan Kraton Jawa juga kuil-kuil Bali dan kompleks istana saat ini. Kekaisaran Majapahit (Jawa: , Karaton Majapahit, Indonesia: Kerajaan Majapahit) adalah kerajaan kepulauan yang luas berdasarkan pulau Jawa (Indonesia modern) dari 1293 hingga sekitar 1500. Lambang Indonesia, Garuda Pancasila, juga berasal dari unsur-unsur Hindu Jawa Patung dan relief Garuda telah ditemukan di banyak kuil di Jawa seperti Prambanan dari zaman Mataram kuno, dan Panataran serta candi Sukuh yang berasal dari zaman Majapahit.
Peradaban Hindu Jawa sejak era Airlangga hingga era raja Majapahit telah sangat memengaruhi dan membentuk budaya dan sejarah Bali 77 Mata rantai kuno dan warisan Majapahit dapat diamati dalam banyak hal; arsitektur, sastra, ritual keagamaan, tarian-drama dan bentuk seni. Sastra Majapahit adalah kelanjutan dari tradisi ilmiah Hindu-Budha Kawi Jawa yang menghasilkan puisi kakawin yang telah dikembangkan di Jawa sejak abad ke-9 abad Medang Mataram, sepanjang periode Kadiri dan Singhasari. Dinasti Majapahit Jawa "menaklukkan 'Bali pada tahun 1343, ketika pasukan militernya oleh sang pahlawan besar, Gajah Mada menaklukkan Dinasti Pejeng, yang berbasis di Bedulu, sebelah timur Ubud.

Majapahit memiliki pengaruh penting dan langgeng terhadap arsitektur Indonesia. Deskripsi arsitektur paviliun ibu kota (pendopo) di Nagarakertagama (lihat kutipan di atas) memohon Kraton Jawa dan juga kuil dan komplek Bali saat ini. Lambang Indonesia, Garuda Pancasila, juga berasal dari unsur-unsur Hindu Jawa. Patung dan relief Garuda telah ditemukan di banyak candi di Jawa seperti Prambanan dari zaman Mataram kuno, dan Panataran serta candi Sukuh tertanggal. dari era Majapahit. Kekaisaran Majapahit (Jawa: , Karaton Majapahit, Indonesia: Kerajaan Majapahit) adalah thalassocracy besar yang berbasis di pulau Jawa.

Singhasari adalah kerajaan Hindu-Budha Jawa Jawa yang terletak di Jawa Timur antara 1222 dan 1292. Kekaisaran Sriwijaya & Majapahit Seni Kuno Suku Perhiasan Unik Perhiasan Emas Perhiasan Antik Perhiasan Manik-manik Perhiasan Abad Pertengahan Perhiasan Kuno Penyumbat Telinga Ornamen Abad ke-14 Sepasang Ornamen Penyumbat Telinga Dihiasi dengan Angka dan Batu Hias Periode : Periode Jawa Timur Tanggal: abad awal Budaya: Indonesia (Jawa) Medium: Gold.