BAGAIMANA PSIKOEDUKASI DAPAT MENINGKATKAN SIKAP GURU TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS?

Mariyana Widiastuti, Yeny Duriana Wijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas psikoedukasi untuk meningkatkan sikap positif guru dalam menghadapi anak yang memiliki kebutuhan khusus pada proses pembelajaran di kelas. Metode penelitian adalah Quasi-experimental dengan desain The One Group Pretest-Post test Design. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan survei menggunakan skala sikap yang diberikan melalui pretest dan post test untuk mengukur aspek kognitif, afektif, dan perilaku guru terhadap anak berkebutuhan khusus. Intervensi yang dilakukan adalah dengan memberikan psikoedukasi kepada 18 orang guru yang merupakan perwakilan dari 6 Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Makassar Kota Jakarta Timur yang berupa pengenalan anak berkebutuhan dan sikap yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam memfasilitasi anak berkebutuhan khusus belajar di kelas. Analisis data kuantitatif menggunakan nonparametrik Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa probabilitas sebesar 0,019, nilai ini menunjukkan bahwa probabilitas di bawah 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa psikoedukasi dapat meningkatkan sikap para guru dalam memfasilitasi anak berkebutuhan khusus yang diukur melalui perbedaan nilai pretest dan posttest.

Full Text:

PDF

References


Agung, W. K. Z. P. (2016). Metode Penelitian

Kuantitatif. Pandiva Buku.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi

Edisi Dua. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Chizanah, L. & Hadjam, M. N. R. (2011).

Validitas konstruk ikhlas: analisis

faktor eksploratori terhadap instrumen

skala ikhlas. Jurnal Psikologi. 38 (2).

-214. Retrieved from :

https://journal.ugm.ac.id/jpsi/ar

ticle/view/7653

Dwi Kurino, Y. (2015). Pengaruh Contextual

Teaching & Learning dan Direct

Intruction terhadap Peningkatan

Kemampuan Pemahaman Matematis

Siswa SD. Jurnal Cakrawala

Pendas, 1(1), 266429.

Engagement Ketika Pendidikan Jarak Jauh (Pjj)

Pada Siswa Kelas Xii Di Smk Negeri

Cimahi. Jurnal Ilmiah Psikologi

Reliabel. Vol 7, No. 1, Hal. 8.

Retrieved from :

Motiva : Jurnal Psikologi

, Vol 5, No 1, 16-24

http://reliabel.unjani.ac.id/index

.php/reliabel/article/view/26/25

Fanani, I., & Djati, S. P. (2016). Pengaruh

Kepuasan Kerja dan Komitmen

Organisasi terhadap Organizational

Citizenship Behavior (OCB).

Fundamental management journal,

(04), 40-53. Retrieved from :

https://journal.ubm.ac.id/index.

php/ncci/article/view/1209/0

Fredericks, J. A. 2003. School Engagement.

Paper presented at the Indicators of

Positive Development Conference,

Child Trends, March 11th-13th..

Retrieved from :

https://www.childtrends.org/w

pcontent/uploads/2013/05/Child_

Trends2003_03_12_PD_PDConfFBF

P.p df

Fredricks, J. A., Blumenfeld, P. C., & Paris, A.

H. (2004). School Engagement:

Potential of The Concept, State of The

Evidence. Review of educational

research, 74(1), 59-109. Retrieved

from :

https://journals.sagepub.com/doi/1

3102/00346543074001059

Fredricks, J. A., Blumenfeld, P., Friedel, J., &

Paris, A. (2005). School

engagement. What do children need to

flourish?, 305-321.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & et al.

(2010). Multivariate data analysis (7th

ed.). Upper Saddle River: Prentice

Hall.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Republik Indonesia. (2020).

Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan

dalam Masa Darurat Penyebaran

Coronavirus Disease (Covid-19)

(Nomor 4/Dikti/Kep/2020). Jakarta:

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Republik Indonesia. (2020).

Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan

dalam Masa Darurat Penyebaran

Coronavirus Disease (Covid-19)

(Nomor 4/Dikti/Kep/2020). Jakarta:

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Kusuma, A. A. (2012). Skripsi. Analisis

Pengaruh Faktor-Faktor Pencegahan

Diabetes Militus Dengan Metode

Second Order Confimatory Factor.

Universitas Airlangga, Fakultas Sains

dan Teknologi. Retrieved from :

https://repository.unair.ac.id/25 582/

Matondang, Z. (2009). Validitas dan reliabilitas

suatu instrumen penelitian. Jurnal

tabularasa, 6(1), 87-97.

Matondang, Z. (2009). Validitas san

Reliabilitas Suatu Instrumen

Penelitian. Jurnal Tabularasa Pps

Unimed, Vol.6 No.1. Retrieved from :

http://digilib.unimed.ac.id/705/1

/Validitas%20dan%20reliabilitas

%20suatu%20instrumen%20pen

elitian.pdf

Mukhsin, R., Mappigau, P., & Tenriawaru, A.

N. (2017). Pengaruh orientasi

kewirausahaan terhadap daya tahan

hidup usaha mikro kecil dan

menengah kelompok pengolahan hasil

perikanan di Kota Makassar. Jurnal

Analisis, 6(2), 188-193. Retrieved

from :

http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/f

iles/ef79bd330d16ba9fda32510e

a581953.pdf

Raissa, S. N. R. (2021). Pengaruh Motivasi

Terhadap Student engagement Siswa

Smp Dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Di Masa Covid-19. Padang:

Universitas Andalas. Retrieved from :

http://scholar.unand.ac.id/76725 /

Rochaety, E. dkk,(2005), Sistem Informasi

Manajemen Pendidikan, PT. Bumi

Aksara, Jakarta.

Sarwono, J. (2015). Rumus-Rumus Populer

SPSS 22 Untuk Riset Skripsi.

Sefianmi, D., dkk. (2021). Pengaruh School

Well-Being Terhadap Student

engagement Ketika Pendidikan Jarak

Jauh (Pjj) Pada Siswa Kelas Xii Di

Smk Negeri 3 Cimahi. Jurnal Ilmiah

Psikologi Reliabel. Vol 7, No. 1, Hal.

Retrieved from :

http://reliabel.unjani.ac.id/index

.php/reliabel/article/view/26/25

Verdian, E. (2019). Analisis faktor yang

merupakan intensi perpindahan merek

transportasi online di Surabaya.

Agora, 7(1)




DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v5i1.5987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


crossref Garuda IndonesiaRJI Lipi Google ScholerDimensions"

Motiva Jurnal Psikologi terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Mei dan November. Redaksi Jurnal dan Sekretariat Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda 75124. Email: motivajurnalpsikologi@gmail.com. Cc: 081239553012

 

 



Creative Commons License
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.