PENGARUH KOORDINASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR KELURAHAN PELITA KECAMATAN SAMARINDA ILIR

Misran Misran

Abstract


Dalam upaya meningkatkan produktivitas pegawai di lingkungan Kelurahan diperlukan koordinasi yang efektif.Hal inilah yang mendasari pemikiran penulis bahwa fungsi-fungsi manajemen (termasuk koordinasi) perlu dijalankan di lingkungan birokrasi dalam pelaksanaan tugas birokrat memberi pelayanan bagi publik secara efektif dan efisien.Tingkat efektivitas kerja yang ditunjukkan dengan produktivitas hendaknya mendapat perhatian yang lebih dari segenap unsur operasional orrganisasi. Oleh kaganisasi rena itu kesempurnaan sistem koordinasi diharapkan mampu menjadikan tingkat efektivitas kerja pegawai menjadi tinggi. Unsur yang menunjang efektivitas dari sudut pencapaian tujuan bukan hanya mempertimbangkan sasaran, organisasi, tetapi juga mekanismenya mempertahankan diri dan manajemen sasaran.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menemukan jawaban atas permasalahan yang penulis kemukakan sebelumnya.  2) Untuk membuktikan kebenaran hipotesis penelitian yang dirumuskan.

Berdasarkan  pada hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Hubungan koordinasi dengan produktivitas kerja pegawai Pada Kantor Kelurahan Pelita Kecamatan Samarinda Ilir sangat lemah.  2) Koordinasi efektif terjadi di tingkat pegawai dalam suasana informal, sebaliknya kordinasi antara atasan (pimpinan) dengan bawahan berlangsung kurang efektif yang disebabkan kurang konsisitennya pimpinan dalam menjalaankan program-program kerja.


Keywords


Koordinasi, Produktivitas Kerja

Full Text:

DOC

References


Dudy Singadilaga, 1978.Catatan Kuliah Public Control of Administrative Actions, Bursa Buku Fisipol Unmul, Samarinda.

Hani Handoko, 2009. Manajemen, Edisi II, BPFE dan LMP2M-YKPN, Jakarta.

International Labour Organization, 1971.Introduction to Work Study (terj.J.L. Wetik), Erlangga, Jakarta.

Julia Brannen, 1997. Memadu Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (alih bahasa: H. Nuktah Arfawie Kurde, Imam Syafe’I, Noorhaidi A.H.), Kerjasama antara Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Samarinda dengan Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Koentjaraningrat, 1995.Metode-metode Penelitian Masyarakat. Edisi Ketiga. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi, 1990.Metode Penelitian Survai. LP3ES, Jakarta.

Miftah Thoha, 1973. Pokok-Pokok Penyempurnaan Tata Kerja, Balai Pembinaan Administrasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Muchdarsyah Sinungan, 1987. Produktivitas; Apa dan Bagaimana, Bina Aksara, Jakarta.

Sanapiah Faisal, 2001. Format-format Penelitian Sosial. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Sugiyono, 2007.Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.

The Liang Gie, 1980. Administrasi Perkantoran Modern, Cetakan ke 10, Nurcahaya, Yogyakarta.

Walizer, Michael H dan Paul L. Wienir, 1993. Metode dan Analisis Penelitian; Mencari Hubungan (terj. Arief Sukadi Sadiman dan Said Hutagaol). Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Winarno Surachmad 1982. Pengantar Penelitian Dasar dan Metode Teknik, Tarsito, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.